13 Manfaat Musik Bagi Kesehatan | ANAK MUSIK

13 Manfaat Musik Bagi Kesehatan

Anak MusikManfaat Musik Bagi Kesehtan. Salah satu seni yang banyak disukai oleh masyarakat adalah musik. Musik adalah suatu karya seni yang berupa nada dan irama yang hanya dapat dinikmati menggunakan indera pendengaran. Musik memiliki banyak kegunaan dalam kehidupan, seperti sebagai hiburan, pengiring tari, pengiring upacara adat, dan lain-lain. Tahukah Anda bila musik memiliki banyak manfaat bagi kesehatan? Mari kita ulas manfaatnya.

Sejak zaman kejayaan Islam, tokoh kesehatan seperti Al Farabi dan Al Kindi menggunakan musik sebagai terapi penyembuhan. Sampai sekarang pun musik terus diteliti dan tetap digunakan dalam kesehatan karena manfaatnya. Berikut adalah beberapa manfaat dari mendengarkan musik, antara lain :

13 Manfaat Musik Bagi Kesehatan

  1. Musik dapat meningkatkan kemampuan visual dan verbal. Pembelajaran musik sejak dini dapat menstimulasi otak,meningkatkan kemampuan verbal dan visual, meningkatkan IQ, dan membuat otak lebih tajam.
  2. Musik dapat mengurangi tekanan darah.Mendengarkan musik yang lembut setiap pagi dan malam dapat mengurangi tekanan darah. Selain itu, olahraga yang dilakukan sembari mendengarkan musik dapat meningkatkan motivasi olahraga, ketahanan tubuh, serta mengembalikan stamina tubuh
  3. Musik dapat meredakan stress. Berdasarkan riset dari lembaga sosial kesehatan mental, orang yang mendengarkan musik saat bekerja merasa lebih bersemangat dan merasa bahwa rasa stress yang dirasakan berkurang.
  4. Musik dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Berdasarkan studi di Brunel University, musik dapat meningkatkan daya tahan tubuh, meningkatkan semangat dan efisiensi energi sebesar 1-2 persen.
  5. Musik dapat membuat kesehatan mental lebih baik. Hal ini dikarenakan musik dapat sebagai bentuk ekspresi diri. Sebab, tidak semua orang dapat menyampaikan perasaan melalui kata-kata.
  6. Musik membantu meringankan nyeri punggung. Mendengarkan musik selama 25 menit setiap hari diyakini dapat mencegah nyeri punggung dan menghasilkan tidur yang berkualitas.
    Manfaat Musik Bagi Kesehatan
  7. Musik dapat membantu pemulihan kesehatan bayi lahir prematur dengan cepat. Hal ini dikarenakan musik dapat menenangkan detak jantung dan membuat bayi tidur nyaman , serta mengurangi rasa sakit pada bayi.
  8. Musik dapat meredakan rasa sakit. Hal ini dikarenakan secara psikologis, rasa sakit yang dirasakan akan terasa berkurang saat mendengarkan music.
  9. Musik dapat mngurangi resiko Alzheimer. Alzheimer adalah penyakit yang ditandai dengan mulai berkurangnya daya ingat bahkan secara drastis. Dengan mendengarkan musik, diyakini kemampuan berpikir akan tetap terjaga bahkan bisa lebih tajam.
  10. Musik sebagai rileksasi pikiran..Musik juga mampu membuat pikiran menjadi lebih rileks, membuat perasaan positif , nyaman, tenang, dan lain-lain.
  11. Musik dapat menjaga good mood. Berdasarkan penelitian di Kanada pada tahun 2011, mendengarkan musik yang disukai akan memicu pelepasan hormon dopamin.
  12. Musik dapat membentuk karakter diri. Menyukai jenis musik tertentu dipercaya dapat membentuk perkembangan kepribadian.
  13. Musik dapat meningkatkan daya imajinasi. Berdasarkan penelitian di Rhole Islan, pendidikan music sejak dini dapat membuat anak memiliki kepekaan dan kemampuan imajinasi tinggi.

Seperti yang kita ketahui, musik memiliki berbagai jenis dan genre. Dalam penggunaannya, setiap jenis musik memiliki pengaruh yang berbeda. Namun, sebaiknya gunakanlah musik yang Anda sukai karena itulah yang lebih bermanfaat untuk kesehatan mental dan pikiran Anda.

Begitu banyak manfaat yang dapat kita terima hanya dengan mendengarkan musik. Anda tentu juga ingin merasakan manfaatnya bukan? Tunggu apa lagi, yuk kita mendengarkan musik untuk kesehatan kita.