5 Cara Merawat Neck Gitar agar Tidak Melengkung | ANAK MUSIK

5 Cara Merawat Neck Gitar agar Tidak Melengkung

Anak Musik – Sebagai pemusik, tentu Anda akan lebih memperhatikan alat musik kesayangan dibanding benda-benda lainnya. Contohnya jika Anda seorang gitaris, pasti akan sangat peka ketika gitar Anda terasa kurang enak dimainkan, apakah senarnya kendor, neck gitar agak melengkung, dan lain sebagainya.

5 Cara Merawat Neck Gitar agar Tidak Melengkung

Performa suara terbaik yang dihasilkan oleh gitar tentu bergantung pada kondisi dan perawatannya. Salah satu problema yang sering ditemukan pada gitar adalah neck yang melengkung sehingga performa suara yang dihasilkan pun jadi kurang maksimal. Lalu, apakah ada cara yang bisa dilakukan agar neck gitar tidak melengkung? Tentu saja ada! Berikut 5 cara merawat neck gitar agar tidak melengkung yang bisa Anda praktekkan dengan mudah.

  1. Cara merawat neck gitar yang pertama adalah letakkan gitar dengan cara digantung pada tembok dengan posisi neck berada di bagian atas dan gitar dalam keadaan tengkurap. Posisi tengkurap yang dimaksud yaitu senar gitar berada di bagian dalam. Tujuannya selain melindungi senar, posisi ini juga untuk mengimbangi gaya tarik yang dihasilkan senar terhadap neck agar tidak terlalu besar.
  2. Alternatif cara merawat neck gitar yang kedua adalah dengan menggantung gitar pada dinding, sama seperti cara sebelumnya, hanya saja kali ini dengan menggunakan seutas tali yang dililitkan pada bagian atas atau bagian kepala neck. Posisi senar pun berada di bagian luar. Cara merawat neck gitar yang kedua ini memiliki tujuan sama dengan cara pertama di mana untuk mengimbangi gaya tarik yang dihasilkan senar.
  3. Ada saatnya karena kesibukan tertentu, Anda tidak sempat menjalankan hobi memetik gitar sehingga gitar pun jarang tersentuh. Akan tetapi, Anda tetap harus merawat gitar jika ingin alat musik ini tetap awet. Cara merawat neck gitar yang bisa dilakukan adalah dengan mengendurkan senar-senar gitar dan membiarkan mereka beristirahat sejenak. Hal ini bertujuan mengurangi gaya tarik senar pada neck yang terjadi selama terus-menerus. Biarkan senar dan neck gitar Anda beristirahat beberapa waktu.
    Cara Merawat Neck Gitar agar Tidak Melengkung
  4. Selain cara merawat neck gitar saat disimpan, Anda juga wajib tetap merawat gitar saat jeda bermain. Misalnya saat sedang ngumpul dengan teman sambil memetik gitar lalu Anda harus melakukan sedikit pekerjaan lain sebelum kembali bermain gitar, tetap perhatikan bagaimana seharusnya Anda meletakkan gitar. Ya, biasakan meletakkan gitar dengan posisi telentang yaitu senar gitar menghadap ke atas. Jangan meletakkan gitar dalam posisi tengkurap. Hindari juga meletakkan gitar secara berdiri di mana bodi gitar berada pada bagian bawah dan menyentuh permukaan lantai (gitar dalam posisi miring) karena hal ini dapat memicu melengkungnya neck gitar Anda.
  5. Cara merawat neck gitar yang terakhir adalah jika Anda memiliki dana lebih, bisa membeli alat stand yang bisa digunakan untuk gitar Anda. Alat ini berfungsi menyangga gitar secara sempurna saat sedang tidak dimainkan atau diistirahatkan.

Selain kelima cara merawat neck gitar di atas, Anda juga wajib memperhatikan bagian-bagian lain pada gitar kesayangan seperti senar, bodi gitar, fretboard, atau bagian-bagian lainnya. Ganti senar ketika sudah berkarat, atau ganti semua senar sekaligus agar warna senar seragam, rutin membersihkan bodi gitar dengan mengelapnya dan membuat bodi seperti baru, hingga bersihkan fretboard yang sangat mungkin menjadi kotot karena merupakan tempat bersarangnya kotoran dan keringat darin jemari tangan yang mungkin terjatuh pada saat Anda memetik gitar.

Baca juga:

Nah, itulah tadi 5 cara merawat neck gitar agar tidak melengkung dan berbagai tips tambahan perawatan gitar yang bisa Anda praktekkan di rumah. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.
Karya Terpopuler