Gitaris Harus Tahu 13 Aksesoris Gitar Berikut ini! | ANAK MUSIK

Gitaris Harus Tahu 13 Aksesoris Gitar Berikut ini!

Anak MusikMengenal Aksesoris Gitar Lengkap. Siapa yang tidak tahu gitar? Gitar memiliki penggemar yang cukuplah banyak. Sebuah band tidaklah lengkap tanpa adanya gitar yang dimainkan. Gitar merupakan alat musik yang dimainkan dengan cara dipetik senarnya. Gitar memiliki beragam aksesoris yang digunakan saat memainkan gitar ataupun sebagai penyimpanan. Berikut adalah macam-macam aksesoris pada gitar dan fungsinya, yang akan kami ulas.
Gitaris Harus Tahu Aksesoris Gitar Berikut ini

Gitaris Harus Tahu Aksesoris Gitar Berikut ini!

1. Case atau tas gitar

Tas gitar digunakan sebagai tempat penyimpanan gitar. Bisa juga digunakan untuk melindungi gitar saat bepergian. Case ini memiliki 2 jenis, yaitu hardcase yang terbuat dari kayu atau plastik dan softcase yang dibuat dari kain. Untuk harga, hardcase jauh lebih mahal dengan harga kurang lebih 600 ribu tergantung kualitas yang diinginkan, sedangkan softcase berkisar 100 ribuan.

2. Pick

Salah satu aksesoris gitar ini digunakan sebagai alat bantu memetik senar pada gitar. Dengan menggunakan pick, Anda tidak perlu khawatir akan lecet saat memainkan gitar. Untuk harga, pick yang tipis hanya sekitar 5 ribuan, sedangkan pick yang tebal sekitar 20 ribuan. Pick yang tebal lebih sering digunakan untuk bass.

3. Strap

Strap merupakan sebuah tali yang ditambankan pada gitar. Aksesoris yang satu ini berfungsi sebagai alat bantu untuk memainkan gitar sambil berdiri. Untuk harga, strap dapat dibeli dengan harga antara 30 hingga 200 ribu.

4. Hanger Gitar

Aksesoris gitar yang satu ini berguna untuk menggantung gitar di tembok saat sedang tidak digunakan. Ada juga stand yang digunakan di bawah. Harga hanger gitar kurang lebih 25 ribuan, sedangkan untuk harga stand kurang lebih 100 ribuan.

5. Screeching Halt

Aksesoris gitar yang satu ini berguna untuk menutup lubang pada gitar akustik supaya tidak feedback dan dapat meningkatkan suara pada gitar akustik. Biasanya, screeching halt dibandrol dengan harga sekitar 100 ribuan.

6. Capo

Capo biasanya digunakan untuk menjepit senar sehingga dapat menaikkan nada dasar. Alat ini bisa dibeli dengan harga 50 ribu.

7. String Winder

Aksesoris yang satu ini berfungsi untuk memutar tuning atau peg pada gitar dengan cepat. Sayangnya alat ini hanya untuk melepas senar. Untuk harga, Anda dapat membelinya dengan kisaran harga 50 ribuan.

8. Slider

Slide biasanya digunakan oleh gitaris musik country dan blues. Alat ini digunakan dengan cara memasukan jari kelingking atau jari manis pada slider.

9. Tuner

Bila Anda ingin menstem gitar, Anda membutuhkan alat yang satu ini. Alat ini berkera dengan mendeteksi dan menampilkan pitch gitar yang dimainkan.

10. Pickup, Preamp, Soundhole

Pickup merupakan aksesoris yang digunakan untuk menangkap suara senar yang selanjutnya dikirim ke sound system. Preamp berguna sebagai equalizer sederhana yang ditangkap oleh pickup. Sedangkan soundhole merupakan lubang untuk menghubungkan preamp dengan sound system.

11. Guitar Pickguard

Aksesoris gitar ini merupakan hiasan yang sebenarnya dapat melindungi body gitar dari lecet karena petikan oleh kuku.

12. Metronome

Metronome merupakan alat yang dapat membuat bunyi ketukan untuk mengetahui tempo dari alat musik. Harga alat ini cukuplah mahal, sekitar 200 hingga 300 ribu.

13. Finger pick

Untuk anda yang senang memainkan gitar dengan fingerstyle, Anda wajib memiliki ini. Sebab dengan adanya fingerpick suara akan lebih keras dan tentynya dapat melindungi jari Anda. Untuk harga, cukup murah dengan kisaran 5 hingga 15 ribu.

Baca juga:

Itulah beberapa aksesoris pada gitar yang perlu Anda ketahui. Untuk Anda yang senang bermain gitar, tertarik untuk membeli dan mencobanya? Selamat mencoba.
Karya Terpopuler