6 Alat Musik Tradisional Batak (Lengkap) | ANAK MUSIK

6 Alat Musik Tradisional Batak (Lengkap)

Anak Musik6 Alat Musik Tradisional Batak (Lengkap). Suku Batak adalah salah satu suku yang besar di Indonesia. Banyak hal tentang suku Batak yang selalu menarik untuk Anda simak. Mulai dari acara adatnya, kulinernya, ragam dialeknya, hingga ke alat musik tradisionalnya. Alat musiknya sendiri terbagi lagi menjadi beberapa bagian, seperti berikut :

5 Alat Musik Tradisional Batak (Lengkap)

  1. Alat musik tradisional dari Batak Karo
  2. Alat musik tradisional dari Batak Mandaling
  3. Alat musik tradisional dari Batak Simalungun
  4. Alat musik tradisional dari Batak Toba
  5. Alat musik tradisional dari Batak Pakpak dan lain-lain.
 
Alat musik tradisional dari suku Batak memiliki nama yang unik. Selain unik, alat musik ini juga memiliki peranan penting dalam menjaga kelestarian budaya dari suku Batak itu sendiri. Meskipun era modern semakin maju, tetapi beruntungnya, masih banyak budayawan Batak yang masih sangat menjaga keberadaan alat musik yang mulai ditinggalkan oleh generasi muda. Apa saja alat musiknya, Anda bisa temukan dalam ulasan berikut :

  1. Gendang Telu Sidalanen. Alat musik ini adalah alat musik dari Batak Karo. Ia merupakan ensemble yang terdiri dari tiga alat musik yakni : Kulcapi/Balobat, Ketengketeng dan Mangkok. Namanya sungguh sangat unik. Penggunaan Kulcapi atau Balobat sendiri dilakukan secara terpisah di setiap upacara adat yang berbeda.
  2. Gondang Sambilan. Alat musik ini berasal dari Batak Mandailing. Dinamakan Gondang Sambilan, karena memang memiliki 9 buah gendang yang terbuat dari kayu yang sudah kering dan berlubang pada tiap ujungnya yang kemudian ditutupi dengan kulit kambing. Bentuk dan ukurannya berbeda setiap gendang. Gondang sambilan banyak digunakan pada upacara adat, penyambutan tamu, dan juga acara pernikahan.
    6 Alat Musik Tradisional Batak (Lengkap)
  3. Ole-ole. Alat musik ini berasal dari Batak Simalungun. Ole-ole sangat unik, karena berupa alat musik tiup yang strukturnya terbuat dari batang padi yang dililit dengan daun kelapa atau daun enau. Alat musik ini banyak digunakan secara pribadi oleh para petani sebagai hiburan menemani para petani dalam masa bercocok tanam dan memanen padi.
  4. Taganing. Alat musik yang merupakan alat musik etnis Batak Toba ini berupa gendang atau drum kayu. Cara memainkannya pun menggunakan Palupalu atau stick. Terdiri dari 5 buah gendang, Taganing berfungsi sebagai pembawa melodi dan juga sebagai ritem variable untuk mengiringi sebuah lagu yang sifatnya melodis. Suara tabuhan dari Taganing diyakini mampu membangkitkan semangat kepada semua pemain musik yang terlibat dalam satu acara, bahkan juga pendengarnya.
  5. Kalondang. Alat musik ini adalah alat musik tradisional yang berasal dari Batak Pakpak. Alat musik ini terbuat dari 9 buah bilah kayu yang disusun rapi yang saling dikaitkan dengan menggunakan tali, dan hanya dimainkan di satu sisi saja.
  6. Hapetan/Hasapi. Hapetan ini berasal dari daerah Tapanuli. Alat musik ini adalah alat musik yang berdawai dan untuk memainkannya menggunakan bilah petik. Hasapi atau Hapetan ini sendiri terbagi dalam 2 jenis yaitu : Hasapi Ende yang menjadi enasambel Gondang Hasapi dan Hasapi Doal yang dimainkan dalam ritme yang konstan.
Baca Juga:

Keragaman Indonesia adalah salah satu anugerah yang patut disyukuri oleh setiap warganya. Alat musik tradisional adalah salah satu warisan yang dapat mengingatkan bagaimana orang-orang terdahulu membuat musiknya, dan semoga generasi muda mau ikut melestarikannya. Demikian ulasan alat musik tradisional dari suku Batak. Semoga bisa menambah wawasan Anda dan menjadikan rasa cinta kepada khasanah budaya Indonesia semakin bertambah.
Karya Terpopuler