Tugas dan Fungsi Produsen Musik dalam Industri Musik | ANAK MUSIK

Tugas dan Fungsi Produsen Musik dalam Industri Musik

Anak MusikTugas dan Fungsi Produsen Musik dalam Industri Musik. Salah satunya yaitu untuk membantu artinya mencapai kesusesan dengan segala cara yang mampu mereka lakukan. Selain itu, fungsi produsen musik dalam industri musik juga sebagai pembantu atau pihak yang akan membantu proses penciptaan hingga perilisan sebuah lagi dari seorang musisi atau artis.

Penasaran dengan tugas dan fungsi produsen musik dalam industri musik? Berikut beberapa diantaranya.

Tugas dan Fungsi Produsen Musik dalam Industri Musik

1. Mengumpulkan Ide

Salah satu tugas utama seorang produsen musik adalah mengumpulkan ide yang nantinya bisa digunakan dalam karya musik artisnya. Dengan kata lain, seorang produsen musik juga merupakans pihak kreatif dalam industry seni tersebut. Bahkan bukan hanya pada penciptaan lagu untuk seorang artis.

Akan tetapi fungsi produsen musik dalam industri musik lainnya yaitu sebagai pengumpul ide untuk sebuah proyek. Baik dalam perilisan, pemasaran maupun upaya lain yang tujuannya tak lain adalah untuk menyukseskan artinya.

2. Penyeleksi Lagu

Ketika seorang musisi atau artis sudah begitu banyak menghasilkan karya, tentu hal ini akan menambah pekerjaan seorang produsen musik. Bagaimana tidak, semakin banyak musik atau lagu yang berhasil diciptakan maka semakin banyak pula yang harus diseleksi. Benar sekali, fungsi produsen musik dalam industri musik berikutnya adalah sebagai penyeleksi atau pemilih lagu/musik untuk artisnya.

Mereka bertugas dan memiliki wewenang untuk memilih lagu yang sesuai dengan artisnya. Meski dalam penentuan tersebut tak jarang juga terjadi perundingan yang menjadikan keputusan yang diambil adalah keputusan Bersama.

3. Melatih Musisi

Tugas dan fungsi produsen musik dalam industri musik berikutnya adalah untuk mendidik dan melatih musisi atau artisnya hingga menjadi seorang pemusik professional. Hanya saja dalam pelatihan ini seorang produsen dengan produsen lain tentu memiliki cara dan trik berbeda, sehingga kualitas artis yang ditampilkan pun terkadang sangat jauh berbeda satu dengan lainnya.

Pelatihan musisi ini bisa dilakukan mulai dari nol hingga puncak. Jadi selain bertugas dan memerintah demi kebaikan artinys, mereka juga akan menjadi seorang pelatih yang bertanggung jawab pada keberhasilan karir bermusik seseorang.
Tugas dan Fungsi Produsen Musik dalam Industri Musik

4. Pengendali Proses Rekaman

Untuk mencapai kesuksesan yang diharapkan seluruh pihak, disinilah fungsi produsen musik dalam industri musik yang utama yaitu sebagai pengendali proses rekaman. Mereka menjadi pihak yang akan mengatur seluruh proses, mulai dari perisapan awal hingga peluncuran lagu maupun album yang sedang diproses.

Nah untuk mampu mengendalikan proses rekaman dengan baik, umumnya seorang produsen musik memiliki banyak pihak pembantu yang masing-masing juga memiliki tugas dan tanggung jawab tersendiri.

5. Mengawasi Mixing dan Mastering

Bukan hanya proses rekaman sebuah lagu, namun fungsi produsen musik dalam industri musik berikutnya adalah sebagai pihak yang akan mengawasi proses mixing maupun mastering sebuah lagu. Umumnya proses ini akan dilakukan ketika artis sudah banyak melakukan rekaman awal dan banyak menghasilkan lagu.

Baca juga:

Namun tak menutup kemungkinan juga jika proses mixing dan mastering dilakukan bersamaan dengan peluncuran sebuah single maupun album.

Itulah beberapa tugas dan fungsi produsen musik dalam industri musik. Dengan tugas dan fungsi sebanyak itu, tentu bukan hal aneh lagi jika produsen memiliki hak besar terhadap hasil yang diperoleh artinya.
Karya Terpopuler