Panduan Memilih Effect Bass yang Bagus | ANAK MUSIK

Panduan Memilih Effect Bass yang Bagus

Anak MusikPanduan Memilih Effect Bass yang Bagus. Meski ada ungkapan bahwa “Seorang bassist jarang menggunakan efek bassist-nya dibanding gitaris”, namun kebutuhan menggunakan effect bass bagi sebagian besar bassist masih merupakan hal penting. Sama halnya seperti kebutuhan effect gitar bagi setiap gitaris. Hal ini yang menyebabkan beberapa perusahaan produsen alat musik bersaing untuk memenuhi kebutuhan effect bass yang meningkat di pasaran. Lalu, hal-hal apa sajakah yang perlu diperhatikan saat memilih effect bass yang bagus dan sesuai kebutuhan? Pada artikel ini akan dibahas panduan memilih effect bass yang perlu Anda ketahui.

Pertama-tama, kita akan membahas beberapa hal penting selain teknis memilih effect bass seperti bahan baku elektronis dan kemampuannya yang terdiri dari dua yaitu effect analog dan effect digital. Jika dijabarkan secara umum, effect analog adalah efek zaman dahulu yang hanya memiliki lampu untuk memnentukan effect bass berfungsi atau tidak. Sedangkan pada effect digital dilengkai dengan LCD yang berfungsi sebagai control effect ini.

Effect analog sendiri memiliki beberapa kelebihan antara lain dari segi suara serta daya tahan komponen-komponen di dalamnya. Sementara untuk effect digital sendiri, daya tahan komponennya terbilang lebih lemah. Namun jika dibandingkan dari segi kepraktisannya, effect analog memang kurang praktis karena ukurannya lebih besar dan lebih berat dari effect digital.

Hingga saat ini, semua bassist dunia beranggapan effect bass analoglah yang terbaik dan tak bisa tergantikan dengan effect digital. Meski begitu kembali ke selera masing-masing dan kemampuan instalasi di mana kedua effect ini memiliki kelebihan dan kekurangan.
Panduan Memilih Effect Bass yang Bagus

Panduan Memilih Effect Bass yang Bagus

Berikut ini panduan singkat memilih effect bass yang bagus dan sesuai kebutuhan,

1. Equalizer

Pertanyaan yang harus dijawab saat memilih effect bass salah satunya adalah apakah kita akan memilih bentuk graphic atau paramethic? Meski keduanya mempunyai fungsi yang sama yaitu mengubah level dan frekuensinya. Umumnya terdiri dari berbagai bentuk mulai yang rack hingga yang stomp. Equalizer ini biasanya secara standar sudah tertanam pada effect digital.

2. Preamp

Komponen satu ini sangat menentukan dalam hal karakter basic dibanding bass itu sendiri pada suatu effect bass di mana kadang prosentasinya 50-50 antara karakter bass dan preamp. Umumnya preamp ini memiliki colour (warna  preamp), equalizer, shape (mpdel equalizer preset “V”), gain/drive, balance out, XLR out, dan lain sebagainya. Setiap merk biasanya memiliki keunggulan masing-masing di mana ada juga jenis preamp yang siudah secara otomatis tertanam pada effect digital dan memiliki beberapa macam modeling amply legend juga laws. Sedangkan untuk preamp analog sendiri, Anda bisa memilih model rack atau stomp yang portable.

3. Compressor / Limiter

Komponen satu ini pada effect bass berfungsi sebagai stabilizer pada lever dan frekuensi di mana pada berbagai produk, umumnya masing-masing memiliki ciri khas dan keunggulan baik dari sisi attack mau pun sensitivitasnya.

4. Modulation

Pada effect bassa, modulation ini memiliki banyak macam seperti chorus, phaser, flanger, octaver, dan lainnya. Meski begitu, pada beberapa merk, ada yang memiliki semua effect ini atau tidak memiliki salah satunya. Pilihlah effect bass yang memiliki effect modulation yang Anda butuhkan.

5. Delay, Reverb

Salah satu effect yang ada pada effect bass ini memiliki fungsi memperindah warna musik  serta suasana. Untuk reverb sendiri biasanya tersedia dalam berbagai macam bentuk gema ruangan baik ruangan besar hingga sempit. Sementara delay adalah semacam bayangan yang akan memantulkan kembali suara yang Anda hasilkan. Panjang dan levelnya bisa Anda atur sesuai kebutuhan.

6. Drive / Distortion

Setelah Anda mendengar bunyi ini, tidak ada kata lain yang bisa menggambarkan selain metal. Cara kerjanya adalah dengan meningkatkan level input sehingga suara yang dihasilkan seperti speaker sobel.

7. Wah

Effect terakhir pada effect bass ini identik dengan musik genre funk dan sifatnya memainkan dua frekuensi.

Baca juga:

Itulah tadi ketujuh poin penting yang harus Anda perhatikan ketika memilih effect bass yang  bagus. Panduan ini bertujuan agar Anda lebih teliti saat memilih baik dari segi kualitas, daya tahan, fungsi, serta nilai jual kembali. Semoga bermanfaat.
Karya Terpopuler