Burgerkill di Panggung Eropa | ANAK MUSIK

Burgerkill di Panggung Eropa

Anak MusikBurgerkill di Panggung Eropa. Pecinta aliran musik hardcore pasti tau kiprah band legendaris asal bandung yang mengusung nama Burgerkill. Band dengan lambang tengkorak iblis ini akhirnya menuntaskan hajatnya untuk tampil di panggung di luar negeri. Tak tanggung-tanggung, panggung festival rock terbesar di dunia yang mereka hadiri, Wacken Open Air 2015 di Jerman.

Setelah mengalami bongkar pasang player dan sempat ditinggal sang vokalis, Ivan Scumbag yang meninggal dunia tahun 2006, Burgerkill tetap bertahan di tengah perubahan selera musik di Indonesia. Dua puluh tahun bukanlah waktu yang sebentar melalang buana dari panggung ke panggung di Indonesia, sampai akhirnya Burgerkill bisa tampil di panggung Eropa.

Burgerkill di Panggung Eropa

Pada jumpa pers, Burgerkill mengaku tidak tahu bagaimana panitia Wacken Open Air 2015 bisa mengundang mereka untuk hadir dalam festival tersebut. Seorang sahabat asal Swedia yang mendaftarkan Burgerkill pada festival tersebut, dan tak disangka respon positif yang mereka terima dari panitia penyelenggara.

Saat tahu akan diundang untuk melakukan aksi panggung di sana, Burgerkill mulai mempersiapkan diri dengan rutin latihan selama berbulan-bulan. Burgerkill juga melewatkan pembuatan album baru untuk menyiapkan sembilan lagu yang akan mereka bawakan di Jerman dan Inggris.

Pada festival Wacken Open Air di Jerman, Burgerkill menggunakan panggung sederhana dari delapan panggung yang telah disediakan panitia, dengan kapasitas 5000 penonton serta mendapat slot tampil paling akhir pada tanggal 30 Juli 2015.

Walaupun tampil paling akhir, tidak mengurangi animo para personel dan penonton pada saat penampilan Burgerkill di panggung Eropa. Bahkan Andris, personel paling sepuh di Burgerkill sangat antusias dan bersemangat menggebuk stik drum-nya selama performance.

Sambil mengibarkan bendera merah putih dan bendera berlambang devil horn, Viki dan kawan-kawan sukses memukau penonton. Bahkan panitia juga mengundang Burgerkill untuk hadir  pada Wacken Open Air tahun depan. Harapan mereka, penampilan Burgerkill kali ini membukakan jalan bagi band metal Indonesia untuk berkiprah juga hingga taraf internasional.

Selain di Wacken Open Air 2015, Burgerkill juga diundang tampil mulai 6-9 Agustus 2015 pada festival musik metal Bloodstock Open Air 2015 di Derbyshire, Inggris.
Burgerkill di Panggung Eropa
Sebelumnya pada tahun 2013, Burgerkill telah menorehkan prestasi pada ajang Golden Gods, Metal Hammer di Inggris dengan memenangkan kategori Metal as F*ck. Kesuksesaan yang membanggakan ini tak disangka-sangka oleh para personel, karena mereka bertarung dengan band dunia sekelas Sea Shepherd dan Pussy Riot. Saat menerima penghargaan, hanya Viki dan Eben yang hadir ke Inggris mewakili Burgerkill.

Tak berbeda dengan aksi panggung di Jerman. Burgerkill mampu menarik perhatian penonton saat membawakan lagu-lagu andalan mereka. Teriakan semangat dan suara hingar bingar penonton memenuhi Cotton Park, Derbyshire Ingris saat band asal Ujung Beruk ini beraksi.

Baca juga:

Selain Burgerkill, pada festival musik Bloodstock Open Air 2015 di Inggris, tampil pula band yang juga berasal dari Bandung, Jasad. Selain manggung bareng, kedua band metal ini bahkan mencetuskan Bandung Blasting sebagai bagian dari perjalanan tur mereka selama di Eropa.

Video perjalanan tur Burgerkill selama berada di panggung Eropa telah diabadikan dan dibuat dalam bentuk film dokumenter. Berdurasi 80 menit, film dokumenter tersebut dirilis dalam bentuk DVD dan dijual secara terbatas.

Sungguh prestasi yang membanggakan musik metal Indonesia, ya?
Karya Terpopuler