Grup Musik Epica yang Penuh dengan Konspirasi | ANAK MUSIK

Grup Musik Epica yang Penuh dengan Konspirasi

Anak Musik – Bicara tentang grup band Epica, grup band ini didirikan oleh Mark Jansen yang merupakan vokalis sekaligus gitaris dalam grup musik metal ini setelah ia hengkang dari grup musik sebelumnya, After Forever. Dengan vokalis wanita cantik dan pria keren ini membuat grup band ini menjadi grup musik aliran gothic yang merdu dan asyik.

Simone Simons adalah nama dari vokalis wanita cantik ini yang dipadu dengan suara emas dari Mark Jansen. Selain sebagai vokalis, mereka kerap duduk bersama untuk menciptakan lagu-lagu filsuf yang mana berisi tentang misteri dan pengetahuan agama di dunia. Waw!

Grup Musik Epica yang Penuh dengan Konspirasi

Karir grup band Epica ini diawali dengan album pertama mereka yaitu ‘The Phantom Agony’ di tahun 2003. Hebatnya, album ini masuk di 12 teratas sebagai lagu Belanda terbaik.

Perjalanan Mark Jensen

Jika ditelisik lebih jauh lagi tentang Mark Jensen, sebelum ia membentuk Epica, ia adalah anggota grup band After Forever. Karena adanya perbedaan pendapat dengan anggota lainnya, akhirnya Mark memutuskan untuk keluar dari grup band tersebut. Sebenarnya juga, Epica juga sudah terbentuk sebelumnya namun vakum dan divokali Helena Michaelsen, di mana grup ini masih bernama Trail of Tears. 

Selang beberapa waktu kemudian, Mark Jensen pun bergabung dengan grup mereka dan mengganti nama grup mereka menjadi Epica. Karena perbedaan pendapat antara Mark dengan Helena, akhirnya Helena memutuskan untuk keluar dan posisinya digantikan oleh pacar Mark, Simoe Simons hingga sekarang. 

Grup band Epica sendiri merupakan nama yang diinspirasi dari sebuah album yang bernama ‘Eponymous Kamelot’.

Album Ketiga Epica

Di tahun 2007, bulan September nama Epica sendiri mulai melejit di dunia musik dunia, di mana di bulan ini mereka meluncurkan album ketiganya dengan nama ‘The Divine Conspiracy’. Waw, dari namanya aja udah ketahuan, bagaimana isinya. Album ini pun berhasil masuk ke dapur rekaman

Nuclear Blast.

Kenapa konspirasi? Ternyata setelah ditelisik lebih dalam lagi, rupanya album ini memiliki makna bahwa Tuhan lah yang sebenarnya menciptakan berbagai agama yang berbeda-beda untuk manusia. Jika dipadukan, bahwa agama sebenarnya memiliki pengetahuan dan ajaran yang sama. Di sinilah letak konspirasinya yang mengundang banyak teori dan kritik dari para pecinta musik dan pemuka agama dari berbagai agama apa saja.
Konspirasi Grup Musik Epica

Wajar kalau kamu mungkin ada yang belum tahu dan tak mengenal sama seali dengan grup band Epica ini. Tapi, kalau kamu tanya sama orang-orang pecinta metalika, maka mereka pun langsung mengenal siapa itu Epica. Karena grup musik ini sudah sangat terkenal di kalangan para pecinta musik Ghotic Metal.

Baca juga:

Bahkan di negaranya, grup band ini sering masuk ke program-program televisi, radio, majalah, dan sebagainya. Tak heran kalau mereka juga seirng menjadi bintang tamu dan publik figure di majalah-majalah Eropa. 

Namun kini, seiring berkembangnya industri musik, mereka pun mulai mencoba menciptakan berbagai inovasi. Inovasi itu seperti adanya gabungan aliran musik yang menjadi satu lagu di antaranya seperti Progresive Metal, Symphonic Metal, Ghotic Metal, hingga Power Metal.
Kalau penasaran dengan grup band Epica, berikut ini adalah daftar nama personilnya.
  • Mark Jensen as rhytm guitar and grunts screams
  • Coen Janssen as synthesizer and piano
  • Simone Simons as lead vocals
  • Arien van Weesenbeek as drums and grunts spoken words
  • Isaac Delahaye as lead guitar and backing vocals
  • Rob van der Loo as bass
Karya Terpopuler