5 Manfaat Musik Untuk Kecerdasan Otak | ANAK MUSIK

5 Manfaat Musik Untuk Kecerdasan Otak

Anak MusikManfaat musik untuk kecerdasan otak bukan menjadi rahasia lagi, banyak orang lebih memilih mendengarkan musik untuk mengurangi penat dan menghilangkan stres daripada harus menonton film. Musik memang dijadikan alternatif alat hiburan untuk menenangkan hati yang gundah. Selain itu, beberapa peneliti berpendapat bahwa dengan mendengarkan musik dapat merangsang kerja otak.

Dalam hal ini, jenis musik yang bisa digunakan untuk merangsang kerja otak dan meningkatkan kecerdasan otak manusia adalah jenis musik yang beraliran lembut serta musik klasik. Para ahli menyatakan bahwa musik klasik dapat membantu fungsi otak lebih maksimal apalagi jika musik tersebut diperdengarkan sejak bayi masih dalam kandungan. 

Perlu Anda ketahui, musik tidak hanya bermanfaat untuk kecerdasan otak saja melainkan juga dipercaya dapat merangsang otak untuk meningkatkan semangat dalam melakukan aktivitas. Para ahli sepakat bahwa banyak manfaat musik untuk kecerdasan otak manusia yang perlu diteliti lebih lanjut. Adapun manfaat musik untuk kecerdasan otak adalah sebagai berikut.
Manfaat Musik Untuk Kecerdasan Otak

5 Manfaat Musik Untuk Kecerdasan Otak

1. Kemampuan Otak Meningkat secara Signifikan

Banyak penelitian yang dilakukan oleh para ahli tentang manfaat musik untuk kecerdasan otak ini, salah satunya adalah penelitian yang dilakukan oleh psikolog klinis dari Ohio State University. Psikolog klinis tersebut bernama Charles Emery. 

Charles Emery ini mempelajari dampak positif yang diperoleh dari seseorang yang mendengarkan musik sambil berolahraga secara teratur. Hasil dari penelitian Charles Emery tersebut adalah orang tersebut mendapatkan nilai yang luar biasa bahkan lebih dari dua kali lipat jika dibandingkan dengan orang yang berolahraga tanpa mendengarkan musik. Berdasarkan penelitian tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa dengan mendengarkan musik maka kemampuan otak meningkat secara signifikan.

2. Menjaga Keseimbangan Otak Kanan dan Kiri

Saat ini, banyak ibu hamil yang berusaha agar janin yang ia kandung memiliki kecerdasan yang luar biasa. Salah satu usahanya adalah dengan cara mendengarkan musik klasik atau mozart. Dengan cara tersebut harapannya, anak yang ia kandung lahir ke dunia dalam keadaan sehat dan memiliki keseimbangan otak kanan dan kiri.

Betul sekali salah satu manfaat musik untuk kecerdasan otak adalah menjaga keseimbangan otak kanan dan kiri anak. Keseimbangan otak kanan dan kiri sangat dibutuhkan dalam diri anak karena keseimbangan otak kanan dan kiri yang terjaga dapat membantu anak lebih mudah memahami serta menangkap ilmu. Dapat disimpulkan jika putra-putri Anda memiliki keseimbangan otak kanan dan kiri yang baik maka putra-putri Anda dapat meraih prestasi di bidang pendidikan.

3. Mampu Meningkatkan Penalaran sehingga Kecerdasan Meningkat

Manfaat musik untuk kecerdasan otak adalah mampu meningkatkan penalaran sehingga kecerdasan meningkat. Hal tersebut telah dibuktikan oleh beberapa peneliti di dunia. Menurut beberapa penelitian dengan mendengarkan musik, otak manusia dapat bekerja untuk memilah nada, tempo serta mengurutkan suara.

Salah satu psikolog dunia dari University of Wisconsin, Oshkosh yang bernama Frances Rauscher dan rekan-rekannya telah menemukan efek positif dari mendengarkan musik mozart. Efek positif dari mendengarkan musik mozart adalah dapat meningkatkan daya nalar otak manusia, terutama penalaran dalam kemampuan spasial dan berhitung atau matematika.

4. Mudah Menyerap Informasi dan Pengetahuan

Salah satu manfaat musik untuk kecerdasan otak yang dapat membantu prestasi di bidang pendidikan adalah mudah menyerap informasi dan pengetahuan. Seorang anak yang terbiasa mendengarkan musik klasik dan mozart sejak usia dini, ia akan memiliki kemampuan yang mudah menyerap informasi dan pengetahuan. Hal tersebut sudah dibuktikan oleh beberapa peneliti.

5. Membantu Otak Lebih Mudah Mengontrol Emosi

Manfaat musik untuk kecerdasan otak yang paling penting adalah dapat membantu otak lebih mudah mengontrol emosi. Seseorang yang memiliki kemampuan mudah mengontrol emosi dalam kehidupan sehari-hari dapat memudahkan orang tersebut untuk bekerja sama dengan orang lain. Hal tersebut merupakan prestasi bagi dirinya dalam mengelola kehidupan. Jadi, dalam hidup ini tidak hanya dibutuhakan otak cerdas namun juga dibutuhkan kontrol emosi yang bagus. 

Baca juga:

Nah, tersebut di atas adalah 5 manfaat musik untuk kecerdasan otak yang wajib Anda ketahui. Semoga dapat bermanfaat untuk Anda sehingga Anda dapat menerapkannya untuk putra-putri Anda. Selamat mencoba.
Karya Terpopuler