Mengenal Apa Itu Musik Gereja dan Fungsinya | ANAK MUSIK

Mengenal Apa Itu Musik Gereja dan Fungsinya

Anak MusikMengenal Apa Itu Musik Gereja dan Fungsinya. Jika kita mendengar pembicaraan tentang musik gereja, kita pasti selalu berasumsi bahwa musik adalah serangkaian dari nada-nada yang dimainkan oleh para pemain musik yang dibentuk dalam instrumen dan harmoni yang mengiringi pujian oleh soloist, vokal grup, dan koor atau para jemaat. Seolah-olah musik hanya berhubungan dengan para pemain musik saja. Namun, jika ditelisik ke dalam lagi, bisa dikatakan bahwa musik juga berhubungan dengan kerohanian atau ketuhanan. Inilah yang dimaknai dalam musik gereja.

Menurut Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa (1990), musik merupakan ilmu atau seni yang tersusun dari nada dan suara dalam urutan, kombinasi, dan hubungan temporal dalam menghasilkan komposisi suara. Di mana komposisi ini memiliki kesatuan dan kesinambungan di dalamnya.

Mengenal Apa Itu Musik Gereja dan Fungsinya

Pengertian Musik Gereja

Mawene yang merupakan salah seorang tokoh musik gereja pertama kali, ia adalah seorang tokoh yang mengatakan dalam bukunya ‘Gereja yang Bernyanyi’. Di dalam bukunya, ia mengatakan bahwa musik gereja adalah ungkapan perasaan orang Kristen dan diungkapkan melalui bunyi yang berirama dan bernada secara harmonis. Bunyian ini dibentuk ke dalam nyanyian dan lagu.
Mengenal Apa Itu Musik Gereja dan Fungsinya
Sama halnya seperti unsur musik secara umum, bahwa musik terdapat dua unsur utama yaitu instrumen dan vokal. Namun, dalam musik gereja memiliki makna teologis yang berhubungan dengan kepercayaan umat Kristiani. Hal ini perlu disajikan secara tepat agar Jamaah mampu masuk ke dalam penghayatan kepercayaan melalui musik.

Manfaat Musik Gereja

Segala hal yang diciptakan di dunia ini tentu memiliki makna, arti, dan manfaatnya. Salah satunya adalah musik gereja yang memiliki manfaat sendiri, di antaranya adalah sebagai berikut:


  1. Musik gereja memiliki peranan penting dalam ibadah gereja. Karena umumnya ibadah gereja menggunakan unsur musik baik instrumen maupun vokal. Hal ini membuat Martin Luther, seorang tokoh gerejawan protestan di era reformasi kristen mengatakan bahwa ‘gereja yang baik adalah gereja yang bernyanyi’.
  2. Musik gereja memiliki makna yang masuk ke dalam ibadah Kristiani. Di mana memiliki istilah ‘Liturgi Gereja’ yang merupakan ungkapan secara simbolik dari kepercayaan Jemaat Gereja. Kepercayaan ini merupakan penghayatan pada misteri yang terkandung di dalam agama Kristen, di mana Kristus yang merupakan penyelamat. Agar dapat menyentuh dalam perasaan. Inilah hubungan antara musik dengan liturgi yang harmonis. Di mana kesimbangan antara musik dengan keimanan tak pernah terpisahkan.
  3. Unsur musik memiliki keterkaitan dengan gereja di dalam pengembangan kehidupan keagamaan, sumber daya, organisasi gereja, keahlian, mentalitas, hingga integritas dari umat yang beriman. Dengan begitu, musik bisa digunakan sebagai media teologi dalam mendidik umat agar umat cerdas dan berperilaku baik sesuai ajaran Kristen.

Musik gereja juga memilik aneka ragam yang di antaranya seperti nyanyian jemaat, musik paduan suara yang biasanya dilakukan oleh pengurus atau organisasi gereja, dan musik instrumental yang biasanya dimainkan oleh pengiring musik gereja. Semuanya pun digunakan di dalam perayaan iman gereja yang memiliki makna dan simbol masing-masing.

Dari sisi musikalitas, seorang pemain musik gereja perlu memiliki pengetahuan dasar tentang musik yang kuat. Namun, perlu juga diimbangi dengan pengetahuan liturgi dan sejarah musik gereja sebagai penambah wawasan tentang musik gereja, khususnya dalam kontekstualisasi musik gereja.

Baca Juga:
Karya Terpopuler