Mari Kita Mengenal Sejarah Musik Lebih Jauh Lagi! | ANAK MUSIK

Mari Kita Mengenal Sejarah Musik Lebih Jauh Lagi!

Anak MusikSejarah Musik. Musik bisa dikatakan memiliki fungsi sebagai penyemangat hidup. Bayangkan, jika tak ada musik, kehidupan terasa membosankan dan sepi. Karena musik mampu memberikan warna dan sebagai penghibur lara. Di dunia, musik dimulai sejak abad ke-2 sebelum masehi. Bisa dikatakan bahwa musik sudah ada sejak zaman purbakala, yang konon musik masih digunakan sebagai pengiring ritual dan upacara suatu adat.

Seiring perkembangnya jaman, di abad pertengahan, fungsi mulai berkembang seiring perubahan keadaan dunia yang semakin berkembang.

Mari Kita Mengenal Sejarah Musik

 Kilas Perjalanan Musik di Dunia

Musik mulai dikenal sejak adanya manusia modern yang disebut sebagai Homo Sapien di 100 ribu tahun lalu. Berdasarkan arkeolog, di lokasi-lokasi tertentu di area Afrika terdapat bukti perubahan evolusi dari pola dan pemikiran manusia. Dengan adanya perkembangan kepintaran dan otak manusia yang mulai lebih pintar dari hewan, mereka pun mulai bisa membuat rencana dalam melakukan pemburuan hewan sebagai makanan mereka.

Musik di Zaman Purbakala

Adanya kemampuan berpikir inilah, manusia mulai memiliki pemikiran yang dikatakan di luar nalar dalam mencapai spiritual dan imajinasi. Salah satunya adalah bahasa yang digunakan sebagai media komunikasi antar sesama. Dari bahasa inilah mereka bisa memberikan komunikasi hingga seseorang memiliki nama panggilan dalam kosakata tertentu.

Kita tahu, bahwa manusia pada zaman ini masih mengalami nomaden alias berpindah-pindah. Di sinilah manusia mulai meninginkan inspirasi dalam memburu dan mendapatkan bahan makanan. Dan di sinilah terjadi bunyi melalui tiupan mulut alias siulan untuk memanggil hewan buruan mereka. Pun musik jenis ini mulai berkembang dengan adanya alat musik tiup dengan menggunakan rongga kayu atau bambu. Alat musik ini disebut sebagai suling purba. Jadi, tak heran kalau suling adalah alat musik pertama kali di dunia, yaitu suling purba.

Musik di Abad Pertengahan

Di zaman abad pertengahan, mulai berkembangnya sejarah kebudayaan manusia. Zaman ini bisa dikatakan sebagai zaman antara berakhirnya kerajaan Romawi yaitu tahun 476 Masehi hingga zaman Reformasi Kristen yang dilakukan oleh sekutu Marthen Luther pada tahun 1572 Masehi. Musik di zaman ini pun mulai berkembang karena adanya perubahan kondisi dunia yang semakin meningkat, dengan adanya beberapa penemuan baru dalam segala bidang, salah satunya adalah bidang kebudayaan.
Mengenal Sejarah Musik di Dunia
Di sinilah fungsi musik bukan hanya sebagai pengiring upacara adat saja, melainkan juga digunakan dalam urusan duniawi yaitu sebagai sarana hiburan.

Baca Juga:
 

Musik di Zaman Renaisance

Perkembangan musik pun tak hanya berhenti di zaman itu saja, melainkan masih berlanjut ke zaman Renaisance yang merupakan kembalinya kebudayaan tinggi yang sudah hilang sejak zaman Romawi. Di zaman ini musik mulai melahirkan genre baru, yaitu genre Barok dan Rokoko.

Musik pun tak henti-hentinya untuk terus berkembang dengan adanya perbaikan tulisan musik juga dasar-dasar teori mengenai musik. Dasar teori musik pun dipelopori oleh Guido d’ Arezzo pada tahun 1050 Masehi.

Di tahun 1750, musik dengan genre Barok dan Rokoko mulai pudar dan mulai muncul musik genre klasik. Di mana genre musik ini memiliki dinamika dari yang keras hingga ke lembut. Bahkan tempo musik pun mulai berkembang menjadi semakin cepat. Di zaman inilah acoodr 3 nada digunakan dan pemakaian ornamentik mulai dibatasi. Hingga musik terus mengalami perkembangan dan masuk ke berbagai media elektronik dengan berbagai genre dari rock, pop, jazz, Hip hop, R & B, dan berbagai genre musik lainnya di seluruh dunia.
Karya Terpopuler