Biografi Band Jeruji Terlengkap | ANAK MUSIK

Biografi Band Jeruji Terlengkap

Anak MusikBiografi Band Jeruji. Pecinta musik sidestream bisa jadi sudah cukup familiar dengan biografi Band Jeruji. Grup band yang satu ini berasal dari Bandung dan berdiri pada tahun 1996. Didirikan oleh 4 pemusik Aldonny, Heru, Dicky dan Hendra, grup ini memiliki warna musik tersendiri yang disukai oleh para penggemar musik keras. Selain itu isi dari musik dan lagu yang dibawakan cukup mengena serta tajam. Jika ingin tahu lebih lengkap, berikut ini beberapa kisah biografi Band Jeruji yang lebih detail.

Awal Karir

Grup ini mengawali karirnya dengan nama Mutant X. Hingga suatu saat diputuskan untuk mengganti dengan nama Jeruji supaya lebih komersial dan lebih mudah diingat para penggemarnya. Biografi Band Jeruji ini tak banyak dikenal orang, namun di dunia musik punk dan hardcore, nama mereka sudah banyak diingat oleh para penggemar musik ekstrim tersebut. Dengan inspirasi musik-musik punk, grub band ini menciptakan sendiri syair lagunya, ditambah dengan inspirasi dari kaum urban ditambah kondisi ekonomi politik Indonesia di kala tahun 90an.

Biografi Band Jeruji Terlengkap

Kesuksesan

Karir grup band ini pada tahun 1998 akhirnya semakin membaik. Bahkan sempat juga dikenal di kancah internasional dan menerbitkan album pertamanya. Susah payah yang telah dikembangkan selama dua tahun terakhir berbuah manis dan grup band tersebut bahkan mendapat kesempatan untuk dirilis ulang oleh label rekaman Jepang. Lagu mereka “Pianjingeun” merupakan salah satu lagu andalan yang hingga saat ini menjadi salah satu lagu sejarah yang memiliki makna penting di dunia musik punk Indonesia. Hal ini cukup memberi warna pada biografi Band Jeruji hingga saat ini.

Di tahun selanjutnya, bekerja sama dengan ISA (Indonesian Skateboarding Association) dan Spills Records, grup Band Jeruji mengeluarkan kompilasi yang keuntungannya dipakai untuk dana pembuatan Skatepark. Ditambah selanjutnya dengan mengeluarkan pembuatan Recording dengan melibatkan para penontonnya mampu memberi suasana berbeda yang lebih dinamis dan menarik. Hal ini diwujudkan dengan 4 Harvest Live Recording Jeruji yang bekerja sama dengan grup band lainnya yaitu  Puppen, Forgotten dan Blind To See. Acara tersebut diadakan di Dago Tea House indoor dan dirilis dengan bentuk CD dan video. Selanjutnya pada akhir tahun 2003, tercatat biografi Band Jeruji memiliki formasi akhir yang terdiri dari Aldonny ”Themfuck”, Heru, Robby, Sanny dan Opick.

Berita Duka

Kesuksesan grup band ini tidak hanya diwarnai masa Indah. Biografi Band Jeruji juga mencatatkan banyak berita yang menyedihkan. Diawali pada tahun 2011 dimana Heru sebagai pendiri grup band tersebut akhirnya meninggal dunia. Selanjutnya di tahun yang sama diwarnai juga dengan gitaris mereka yaitu Robby yang mengalami kecelakaan fatal dan digantikan oleh Ale.
Biografi Band Jeruji Terbaru

Selanjutnya di tahun 2015, vokalis Aldonny mengatakan mengundurkan diri karena alasan pribadi. Sejak saat itu maka Ginan, penggiat di komunitas Rumah Cemara dan merupakan ex vokalis dari Mood Altering menggantikan posisi tersebut hingga saat ini. Namun sekali lagi berita duka menghantam grup tersebut. Beberapa hari yang lalu Ginan dikabarkan meninggal dunia akibat serangan jantung.

Baca juga:

Itulah secara singkat napak tilas biografi Band Jeruji. Hingga saat ini dunia musik hardcore Indonesia, musik punk pada khususnya, masih tetap diwarnai oleh grup ini. Sekalipun harus kehilangan vokalis utama, namun grup ini sementara waktu masih bertahan. Entah apa langkah Band Jeruji selanjutnya, tentu akan diputuskan demi kebaikan personil yang tersisa dan bertahan hingga sekarang.
Karya Terpopuler