Biografi Band Slayer dan Perjalanan Karirnya | ANAK MUSIK

Biografi Band Slayer dan Perjalanan Karirnya

Anak Musik – Pada tahun 1981, California telah melahirkan salah satu band Thrash Metal terbaik dunia, yaitu Slayer. Band yang terkenal dengan single pertama Reign in Blood ini digawang oleh dua orang gitaris yaitu Jeff Hanneman dan Kerrt King.

Bersama Metallica, ANtrax dan Megadeth, Slayer telah diakui sebagai “Big Four” dari aliran Thrash Metal Amerika. Dari band ini, lagu yang tercipta bukan hanya memiliki ciri pada alunan musiknya saja namun juga lirik yang sebagian besar bertemakan pembunuhan, peperangan, agama dan satanisme. Bahkan karena lirik lagunya yang dianggap terlalu frontal, Slayer pernah mengalami kritik dan tuntutan keras dar kelompok beragam dan masyarakat, hingga mereka mengalami pelarangan merilis album.

Biografi Band Slayer dan Perjalanan Karirnya

Gaya music yang diusung mereka adalah tremolo picking dengan melodi cepat, double bass drum, serta riff dengan skala tak beraturan dan vocal teriak.

Untuk line-up aslinya sendiri band ini terdiri dari beberapa personil yaitu Kerry King sebagai gitaris, Tom Araya sebagai Vokal dan basis serta Jeff Hanneman sebagai gitaris yang juga berkontribusi pada pembuatan lirik. Namun secara garis besar pembuatan lagu diatur oleh kedua pendirinya yaitu King dan Jeff.
Biografi Band Slayer dan Perjalanan Karirnya
Beberapa personil bantuan seperti Dave Lombardo sebagai drummer atau Araya juga kadang ikut bermain Bersama band besar ini. Hingga pada tahun 2007 bersama para personilnya Slayer telah berhasil merilis 2 buah album live, 11 album studio, 6 video, 1 box set, dan 2 extended plays.

Dari sekian banyak album yang berhasil dirilisnya, 4 diantarnya merupakan 4 album gold dengan sertifikat Amerika Serikat. Tak hanya itu, Slayer juga berhasil masuk nominasi Grammy Award sebanyak 5 kali dengan dua kemenangan yaitu pada tahun 2007 teruntuk lagi Eyes of the Insane dan pada 2008 untuk lagu Final Six. Mereka pun banyak mengikuti festival music dunia, termasuk Unholy Alliance, Ozzfest serta Download.

 Perjalanan mereka terus berlanjut hingga pada tahun 2013 Jeff Hanneman meregang nyawa dan personil Slayer berkurang. Namun sejak pertama kali dirikan hingga tahun 2013 tersebut, pergantian  personil pun sering dilakukan Slayer hingga saat ini personilnya terdiri atas Tom Araya, Kerry King, Gary Holt dan Paul Bostaph.

Awalnya Slayer hanya memainkan lagu dari beberapa band metal pendahulunya seperti Judas Priets dan Iron Maiden di klub-klub California. Hingga pada tahun 1983, band ini berhasil masuk dapur rekaman.

Baca juga:

Namun upayanya ini tak diperoleh dengan mudah. Tanpa dana yang dimliki, mereka bisa melakukan rekaman dengan melakukan swadana dan pinjaman uang dari ayah King. Meski begitu namun kerja keras dan perjuangan Slayer berbuah hasil. Show No Mercy yang rilis pada Desember tahun itu berhasil membawa nama Slayer dikenal masyarakat luas.

 Dan pada tahun 1985, Slayer untuk pertama kalinya merilis home video yang dijuluki Combat Tour The Ultimate Revenge. Pada tahun yang sama Slayer juga berhasil merilis album keduanya yang dipenuhi kegelapan dengan judul Hell Awaits.

Hingga di tahun 1986, band ini memuali tur dunianya Reign in Pain dengan Overkill di Amerika. Berlanjut keperjalanan karir yang sesungguhnya, pada tahun 1988 Sout of Heaven rilis dan disusul dengan Seasons in the Abyss pada tahun 1993. Kedua album ini bisa dikatakan mendapat respon cukup baik dengan penjualan cukup baik pula.

Dan setelah rilisnya beberapa album unggulanSlayer tersebut kepopuleran terus mengikutinya hingga di tahun 2011 tepat tahun kematian Jeff Hanneman, nama band ini sudah tak memancarkan sinarnya seterang era 80-90an.
Karya Terpopuler