Sejarah dan Perkembangan Band Metal di Dunia | ANAK MUSIK

Sejarah dan Perkembangan Band Metal di Dunia

Anak Musik – Diawali dari era heavy metal yang masih kental dengan blues. Era ini terjadi pada tahun 1960 hingga 1970-an, pada saat itu istilah metal masih belum terlalu dikenal, istilah ini muncul pertama kali pada lagu Steppenwolf dalam lagu mereka yang bertajuk 'born to be wild'. Istilah heavy metal mereka gunakan pada lirik lagu ciptaannya yang diletakkan di bait kedua. Heavy metal pada masa ini di pelopori oleh black sabbath dan deep purple. Kemudian Judas Priest mulai menghilangkan unsur blues dalam musik ini dengan beat yang cepat dan harmony yang keras.

Sejarah dan Perkembangan Band Metal di Dunia

Sejarah dan perkembangan band metal di dunia pada era 80-an, diusung oleh grup Iron Maiden, Venom dan Motor head. Pada saat itu, musik metal mulai masuk chart-chart musik dan bersaing dengan musik pop. Sejak saat itu perkembangan musik metal semakin tersebar ke seluruh dunia. Masuk pada era 90-an hingga 2000-an mulai dikenal jenis musik metal lain dengan tempo yang sangat cepat yang dikenal dengan sebutan speed metal seperti lagu-lagu yang khas dibawakan iron angel dan anthrax. Lalu mulai juga dikenal jenis deathmetal yang lebih keras seperti musik yang dibawakan oleh brutal truth pada tahun 1991. Musik ini berasal dari Swedia yang kemudian berkembang ke Norwegia dan Finlandia. Sejarah dan perkembangan band metal di dunia lain yang juga berkembang pada tahun 90an adalah alternatif metal, yang pada saat itu sangat digemari di Jerman, kemudian juga muncul punk metal dan crossover thrash

Sejarah dan perkembangan band metal di dunia pada tahun 2000-an terpecah dalam berbagai aliran antara  seperti folk metal, deathcore, metalcore, melodic death metal dan lain sebagainya. Untuk jenis folk metal paling banyak berkembang di Skandinavia dan juga di Timur Tengah. Jenis musik ini merupakan perpaduan antara musik heavy metal dengan folk atau musik daerah setempat. Melodic death metal juga berkembang pesat di Skandinavia, grup band yang terkenal dalam genre musik ini adalah at the gates, flame, dan soil work.  Selanjutnya death core, yang merupakan kelanjutan dari death metal. Deathcore memiliki ciri-ciri unik yaitu menggunakan lirik-lirik tentang neraka, kematian, setan dan hal-hal mistis lainnya dalam lagu mereka. Jenis musik banyak dikembangkan oleh orang atheis. Ciri-ciri lain dari jenis musik ini adalah penggunaan lagu bertempo cepat, keras ala metal old school namun masih ada grip yang bermelodi.

Sejarah dan perkembangan band metal di dunia juga mempengaruhi perkembangan musik sejenis di Indonesia. Dimulai pada tahun 1970, generasi pertama band bergenre metal antara lain Bentoel asal Malang, Rawe Rontek asal Banten, Super Kid dari bandung dan lain sebagainya. Menjelang akhir 80-an kaula muda seakan dilanda demam musik trash metal, termasuk di Indonesia yang kemudian mendorong munculnya band-band sejenis di tanah air. Bahkan pensi sekolahpun juga tak luput dari musik yang identik dengan teriakan vokalisnya nya ini.

Baca Juga:

Demikianlah ulasan singkat mengenai Sejarah dan perkembangan band metal di dunia. Meskipun bertempo cepat dan menguras tenaga, bagi penikmat musik metal justri hal tersebut memberikan kesenangan tersendiri.
Karya Terpopuler