Jenis-Jenis Piano Yang Perlu Kalian Ketahui | ANAK MUSIK

Jenis-Jenis Piano Yang Perlu Kalian Ketahui

Anak Musik – Siapa yang tidak tahu piano? Piano merupakan sebuah alat musik yang dimainkan dengan cara menekan tuts. Piano masih menjadi alat musik yang banyak diminati oleh masyarakat. Ada berbagai musik klasik yang lahir dari alat musik ini. Tahukah Anda bila piano memiliki banyak jenis? Yuk, simak ulasan kami mengenai jenis-jenis piano yang tentunya dapat menambah wawasan Anda.

Jenis-Jenis Piano  Yang Perlu Kalian Ketahui

1. Grand Piano

Grand Piano merupakan salah satu jenis piano yang memiliki bentuk cukup besar dan membutuhkan ruang yang luas. Grand piano ini memiliki berbagai ukuran. seperti berikut :
  • Model S – Baby Grand Piano
Grand piano yang disebut baby karena mungil ini memiliki ukuran 155 x 155cm. Total tuts pada piano ini sejumlah 88 buah dengan 36 tuts hitam and 52 tuts putih.
  • Model M – Medium Grand Piano
Grand piano dengan ukuran medium ini berukuran 170 x 170cm.
  • Model O – Living Room Grand Piano
Grand piano model O ini memiliki ukuran 180 x 180cm. Banyak hotel yang senang memajang piano ini dikarenakan ukurannya yang pas untuk diletakkan di ruangan.
  • Model A – Professional Grand Piano
Model grand piano yang satu ini cukuplah panjang dengan ukuran 188 cm. Biasanya, piano ini digunakan untuk konser dan digunakan oleh para piano profesional
  • Model B – Music Room Grand Piano
Lain lagi dengan model A, grand piano model A ini sering berada di ruang mini konser ukurannya 211cm. Piano ini sering disebut dengan “The Perfect Piano” karena memiliki suara yang dapat menyebar ke seluruh bagian ruangan.
  • Model C – Semi-Concert Grand Piano
Grand Piano yang satu ini merupakan versi kecil dari Concert Grand Piano. Piano ini banyak dijumpai pada tempat konservatorium yang mahal. Piano ini memiliki panjang 227cm.
  • Model D – Concert Grand Piano
Grand Piano model D ini banyak dijumpai di tempat konser yang besar. Piano ini besar, megah, dan memiliki suara yang menggelegar. Piano ini memiliki panjang 274cmsehingga membutuhkan ruangan yang sangat besar.

2. Upright Piano

Upright piano biasanya dijumpai di tempat kursus piano. Dibandingkan grand piano, harga upright piano lebih terjangkau dan lebih hemat tempat sehingga banyak peminatnya. Dengan tinggi 45 inchi atau lebih, piano ini menjadi piano vertikal yang paling tinggi

3. Spinet Piano

Spinet merupakan jenis upright yang paling kecil. Selain kecil, piano ini juga pendek, seperti orgen atau keyboard. Piano ini hanya membutuhkan ruangan kecil. Sayangnya bunyinyaterbatas. Tinggi Spinet Piano antara 36-39 inchi.

4. Console Piano

Console piano merupakan jenis piano vertikal yang paling populer. Tinggi Console Piano antara 40-43 inchi.

5. Studio Piano

Studio piano memiliki tinggi antara 44-48 inchi. Piano ini juga salah satu jenis piano yang cukup populer

6. Digital Piano

Dengan berkembangnya teknologi, lahirlah digital piano. Digital piano adalah piano yang dapat bermain sendiri, merekam permainan, dan beberapa kecanggihan lainnya.

7. Keyboard

Keyboard berbeda dengan digital piano sebab model tuts-nya tidaklah sama. Keyboard menggunakan model touch response yang tidak memiliki efek seperti ketukan palu sehingga tuts keyboard jauh lebih ringan untuk ditekan. Sayangnya rentang nada yang dimiliki hanya sepanjang 61 nada. Walaupun begitu, keyboard dapat menghasilkan suara berbagai alat musik dan dapat memainkan banyak variasi irama.

Baca Juga:   

Itulah beberapa jenis piano yang perlu Anda ketahui. Menarik bukan? Apakah Anda tertarik untuk memiliki salah satu piano tersebut? Semoga ulasan kami bermanfaat untuk Anda.
Karya Terpopuler