Mengenal Bisnis Musik Yang Begitu Akrab dengan Uang | ANAK MUSIK

Mengenal Bisnis Musik Yang Begitu Akrab dengan Uang

Anak MusikMengenal Bisnis Musik Yang Begitu Akrab dengan Uang. Perkembangan musik Indonesia dari tahun ke tahun semakin signifikan. Bukan hanya karya-karyanya saja, namun pelaku dalam dunia musik pun semakin mengalami kemajuan. Namun yang perlu Anda ketahui untuk mengenal bisnis musik, bisnis dalam sector keseinian ini merupakan bisnis yang hanya terkait dengan “uang”.

Meski begitu banyak kreatifitas yang perlu dituangkan dalam bisnis ini, namun uang menjadi penentu besar dalam perkembangannya. Seperti yang Anda ketahui 3 orang penting ini memberikan pengaruh besar dalam perkembangan bisnis musik, dan ketiganya merupakan pelaku yang menuntut uang dalam jumlah tak sedikit. Siapa sajakah mereka? Berikut 3 diantaranya.

Mengenal Bisnis Musik Yang Begitu Akrab dengan Uang

1. Agen Musik

Ketika seorang artis atau musisi ingin menjadi tokoh terkenal dalam dunia musik, maka orang tersebut harus melalui agen musik yang tepat. Dimana mereka akan banyak membantu pemasaran dan mempromosikan lagu maupun album dari artis tersebut.

Konsep mengenal bisnis musik dari sebuah agen tentu akan menjadikan seorang musisi menjadi jauh lebih termotifasi. Bukan hanya untuk lebih memajukan kualitas dirinya namun juga kualitas musik yang dibawakannya sehingga mampu bersaing dengan musisi lain.

2. Manajer Pribadi

Ketika Anda masuk dalam industry music professional, seorang manajer pribadi sangat dibutuhkan untuk mengendalikan perkembangan diri Anda. Pilihlah orang yang mampu menegosiasi serta menyusun kesepakatan dengan orang lain, baik agen musik maupun bagian lain yang berkaitan langsung dengan jenjang karir Anda.

Manajer pribadi juga akan menjadi akuntan pribadi, yaitu pengatur keuangan Anda baik pendapatan, pengelolaan hingga sisa atau pendapatan bersih yang Anda dapatkan dari pendapatan bermusik.
Lalu bagaimana dengan mereka yang belum masuk dalam industry music professional? Apakah mengenal bisnis musik pada manajer pribadi perlu dilakukan? Akan lebih baik jika pengenalan ini dilakukan sejak awal berkarya sehingga nantinya akan mempermudah menentukan orang yang tepat untuk bekerja sama.

3. Pengacara Musik

Bukan hanya pengacara hukum, namun dalam dunia music Anda juga sangat membutuhkan pengacara musik. Namun tugas utama dari pengacara musik disini bukanlah untuk memenangkan siding maupun permasalahan lain pada meja hijau.

Melainkan untuk bernegosiasi serta menyusun kesepakatan dengan pihak lain, seperti kesepakatan untuk melakukan kontrak dengan sebuah agensi. Untuk mengenal bisnis musik khususnya pada pengacara dapat dilakukan bersamaan dengan pengenalan manajer music. Sebab kedua orang ini akan melakukan tugas mereka secara bersamaan atau banyak melakukan kerja sama demi artisnya.

Dan tahukan Anda, jika bayaran yang dituntut oleh seorang pengacara music umumnya begitu besar. Mereka tak segan menentukan tarif tinggi, terlebih lagi jika musisi yang ditanganinya sudah berada di puncak karir dan aktif dalam dunia musik nasional bahkan internasional.
Mengenal Bisnis Musik Yang Begitu Akrab Dengan Uang
Itulah 3 orang atau pihak yang akan menuntut begitu banyak biaya dari musisi yang ditanganinya. Lalu bagaimana dengan label yang menangani musisi ketika melakukan rekaman?

Umumnya mereka adalah pihak yang akan membatasi tanggug jawab mereka, sehingga ketika musisi yang melakukan kerja sama dengan label tersebut mendapat masalah atau kendala, label rekaman dapat dengan mudah memutuskan kontrak tanpa harus memberikan tanggung jawab atau dengan kata lain harus mengembalikan kejayaan musisinya.

Baca juga:

Dan yang lebih mengerikan lagi, banyak diantara label rekaman yang hanya akan memproduksi atau menerbitkan sebuah lagi ketika ada “uang”. Dalam realitas saat ini, ketika Anda memiliki lagu terbaik tanpa uang dikantung Anda, bukan tidak mungkin jika 99% label rekaman tetap tidak akan menerima lagu tersebut.

Namun beda halnya dengan mereka yang memiliki lagu berkualitas standar namun dengan budged mendukung. So, untuk mengenal bisnis musik yang begitu keras, dapat disimpulkan jika karya dan uang harus seimbang.
Karya Terpopuler