Cara Merawat Piano Dengan baik dan Benar Ala Musisi | ANAK MUSIK

Cara Merawat Piano Dengan baik dan Benar Ala Musisi

Anak MusikTips Cara Merawat Piano Dengan baik dan Benar. Pernahkah Anda bertanya-tanya bagaimana bisa alat-alat musik lama tetap apik dan terjaga? Tentulah alat musik tersebut dijaga dan dirawat oleh sang pemilik yang bahkan saling mewariskan kepada anak cucu, hingga menjadi barang antik. Bila Anda senang bermusik dan ingin mengetahui cara merawat alat musik, sebaiknya Anda menyimak tips dari kami kali ini mengenai Cara Merawat Piano.

Piano merupakan alat musik yang memiliki ukuran cukup besar dengan suara yang mengalun indah. Harganya pun cukup merogoh kantong. Sehingga sayang sekali bila piano yang Anda miliki tidak dijaga dan dirawat dengan baik karena dapat mempengaruhi kualitas suara yang dihasilkan.

Tips Cara Merawat Piano Dengan baik dan Benar

Pada piano, terdapat bahan yang berbeda pada setiap bagian, seperti kayu, plastik, besi, bahkan tembaga. Dengan banyaknya bahan yang berbeda, tentu perlu perhatian yang berbeda pada setiap bagiannya. Di bawah ini kami berikan beberapa tips untuk menjaga dan merawat piano Anda, antara lain:

1. Tunning atau Stem

Melakukan tuning atau stem pada senar piano dapat menjaga kualitas suara tetap jernih dan bagus. Sebaiknya dilakukan antara 6 sampai 8 bulan sekali secara teratur.

2. Menjaga Suhu Ruangan

Suhu ruang untuk piano haruslah tetap stabil sebab suhu yang tidak stabil dapat mempercepat proses karat, pelapukan ataupun menjamur.

3. Posisi Piano

Piano tidak boleh diletakkan di dekat dengan jendela atau pintu karena akan memudahkan udara masuk ke dalam piano dan akan merusaknya.

4. Cek Kondisi Senar

Sering-seringlah cek kondisi senar, apakah masih layak pakai atau tidak. Bila tidak, segera ganti dengan senar baru.

5. Memberi Jarak

Berikanlah jarak antara piano dengan dinding ruangan agar terhindar dari kondisi lembab pada bagian belakang piano.

6. Melakukan Scale Piano

Selain tunning, Anda harus melakukan scale piano secara rutin agar kualitas suara tetap terjaga.

7. Membersihkan Bagian Luar Piano

Bersihkanlah bagian luar piano yang terlihat agar terhindar dari debu yang dapat mempengaruhi performa piano. Usahakan kondisi piano tetap kering agar tidak menyebabkan piano lembab.

8. Jauhkan dari Tanaman

Posisi piano haruslah jauh dari tanaman, bunga atau minuman karena dapat merusak lapisan luar piano.

Sedikit informasi, dalam membersihkan piano dibutuhkan alat khusus. Alat khusus tersebut dapat dibeli di toko music. Seperti lap yang digunakan haruslah lembut dan tidak berbulu. Kemoceng tidak diperkenankan karena dapat menyebabkan bagian kecil pada piano kemasukan debu. Cairan semir khusus juga dibutuhkan untuk melindungi lapisan cat pada piano. Cairan semir ini juga dapat mengangkatdebu yang menempel dan mencegah debu menempel kembali dalam jangka waktu yang lama. Perlu Anda ketahui, membiarkan piano berdebu terlalu lama dapat mengotori dan memudarkan warna piano. 

Bila terdapat kejanggalan pada piano, panggilah ahli untuk memperbaikinya. Usahakan untuk tidak mencoba memperbaiki sendiri karena dapat memperparah kerusakan. Berikut adalah langkah-langkah untuk mendeteksi kerusakan pada piano :
Tips Cara Merawat Piano Dengan baik dan Benar

1. Cek Bagian Tuts Piano

Tuts adalah bagian dari piano yang paling rawan masalah karena sering ditekan. Tuts piano yang mulai aus, bisa menjadi tanda adanya masalah serius di bagian dalam. Cek suara dari tuts, adakah dengung, getaran aneh, nada yang tidak sesuai, nada off pitch, sumbang, atau tak terdengar sama sekali.

2. Cek Adakah Retakan Pada Piano

Kelembaban dapat menyebabkan retakan pada piano dan memudarnya warna piano. Bila kerusakan kayu sampai ke bagian luar, bisa jadi bagian dalam mulai rapuh. Periksalah, adakah retakan, goresan, warna pudar, dan kayu berubah bentuk. Bila ada, kualitas suara piano dapat terpengaruh.

3. Cek Pedal Piano

Pedal piano yang rusak dapat terlepas ataupun tidak dapat bergerak. Pedal ini sangatlah penting karena menghasilkan nada bersih dan seimbang.

4. Cek Kebersihan dari Piano

Hal ini sangat penting karena kerusakan banyak disebabkan oleh penyimpanan atau kebersihan yang kurang terjaga.

Seperti itulah tips cara merawat piano. Untuk Anda yang memiliki piano, rawatlah piano Anda dengan baik agar tidak mudah rusak dan kualitas suaranya tetap terjaga. Sebab, dengan begitu nilai dari piano Anda dapat bertambah. Selamat mencoba tips kami.
Karya Terpopuler