Cara Mengatur Posisi Set Drum yang Baik dan Benar | ANAK MUSIK

Cara Mengatur Posisi Set Drum yang Baik dan Benar

Anak MusikCara Mengatur Posisi Set Drum yang Baik dan Benar. Dibandingkan dengan alat musik lainnya yang lebih dulu ada, set drum merupakan perangkat alat musik yang berumur cukup muda. Di mana keberadaannya saat ini sudah dikenal luas dan digandrungi banyak musisi.  Sebelum kita masuk pada pembahasan cara mengatur posisi set drum yang baik dan benar, alangkah baiknya kita mengulas sekilas tentang drumset ini. Secara umum, drumset merupakan kumpulan alat musik yang terdiri dari tiga bagian penting, yaitu,

Cara Mengatur Posisi Set Drum yang Baik dan Benar

1. Drum

Untuk bagian drum sendiri terdiri dari snare drum, bas drum, floor tom, tom tom, dan lainnya

2. Simbal

Simbal sendiri terdiri dari ride cymbal, crash cymbal, Chinese, splash, hi-hat, dan lainnya

3. Perangkat keras

Yang dimaksud perangkat keras dan merupakan bagian terakhir dari set drum ini terdiri dari beberapa komponen seperti pedal hi-hat, pedal bass/kick, cymbal, bangku/stool, dan lainnya.
Cara Mengatur Posisi Set Drum yang Baik dan Benar
Selain dari tiga bagian penting di atas,  beberapa drummer juga biasa menambahkan alat lainnya seperti roto tom, jam block, octoban, conga, bass drum, dan berbagai macam alat perkusi lainnya dengan tujuan memperkaya musik yang dihasilkan. Dan itu sah-sah saja.

Pada dasarnya, semua alat musik yang digunakan pada drumset ini sudah digunakan secara terpisah sejak dahulu kala, beratus-ratus tahun lalu pada berbagai macam acara mulai upacara keagamaan, upacara kemiliteran, dan lainnya. Sementara untuk drumset sendiri baru dikenalkan sehingga peralatan musik ini masih tergolong muda dalam hal usia.

Selanjutnya akan kita bahas bersama cara mengatur posisi set drum dengan baik dan benar. Di mana posisi yang baik dari perangkat ini tidak hanya menghasilkan kualitas musik prima namun juga memberikan kenyamana pada si drummer itu sendiri. Simak penjelasannya.

Cara mengatur posisi set drum yang mungkin akan terasa aneh namun memiliki beberapa kelebihan adalah mulai dari (kiri ke kanan) double pedal /slave unit, pedal hit hat, dan main pedal. Untuk Anda yang mungkin akan merasa aneh dengan posisi ini hanya perlu membiasakan diri karena beberapa kelebihan posisi ini yang patut dipertimbangkan seperti:

  • Cara mengatur posisi set drum ini membuat posisi hit hat lebih dekat dengan Anda sehingga akan terasa mudah ketika memainkan 1/16 menggunakan kedua tangan.
  • Posisi kaki Anda pada cara mengatur posisi set drum ini pun terasa lebih nyaman karena hit hat dekat sehingga kaki Anda tidak terlalu renggang.
  • Cara mengatur posisi set drum ini membuat snare drum berada lebih dekat dan mudah dijangkau.
  • Power dan balance pada cara mengatur posisi set drum ini juga akan terasa lebih maksimal karena posisi kaki yang cukup renggang.
  • Ketika Anda ingin menambahkan beberapa alat musik lainnya seperti beberapa buah pedal pada sebelah kiri, masih ada ruang cukup dan tidak terhalang oleh kaki stand hit hat.

Baca juga:

Selain cara mengatur posisi set drum yang baik dan benar, Anda juga perlu mengetahui tentang cara perawatan set drum agar perangkat musik ini terjaga dan awet. Berikut beberapa tips perawatan set drum yang bisa diikuti,

  • Bersihkan satu persatu alat  set drum Anda secara teratur dari debu dengan lap
  • Bersihkan dengan minyak pembersih khusus pada bagian-bagian tertentu seperti simbal dan lainnya
  • Besihkan pedal drum dengan minyak pelumas agar terbebas dari kotoran dan karat
  • Selalu cek membrane drum dan tingkat kekendorannya

Nah, itulah tadi cara mengatur posisi set drum yang baik dan benar beserta cara perawatannya. Semoga bermanfaat.
Karya Terpopuler