Biografi dan Profil Musisi Andi Rianto | ANAK MUSIK

Biografi dan Profil Musisi Andi Rianto

Anak MusikBiografi dan Profil Musisi Andi Rianto. Siapa yang tidak mengenal Andi Rianto? Andi Rianto merupakan musisi dan komposer berbakat dari Indonesia yang karyanya banyak dijumpai dalam ilustrasi musil film dan dalam album beberapa penyanyi. Bisa dikatakan, Andi Rianto adalah musisi multitalenta sebab Ia juga dikenal sebagai pianis, music director, music scoring, dan arranger. Kali ini, kami akan mengulas mengenai biografi musisi tampan ini. Yuk, simak ulasan kami.

Bernama lengkap Andi Rianto, ia lahir di Sorong, Papua pada 7 Mei 1972. Sejak berusia 4 tahun, ia les piano klasik. Saat berusia 5 tahun, ia mampu mengiringi anak-anak di TVRI bersama Kak Seto dan Henny Poerwonegoro. Ketika menginjak usia 8 tahun, Andi belajar piano pada Baartjie Sitindjak yang dilanjutkan dengan belajar di Yamaha Music Foundation yang dipimpin oleh Watanabe. Saat duduk di bangku SMA, tepatnya tahun 1990, Andi pindah ke Amerika Serikat untuk melanjutkan pendidikan di Forest Hills High School, New York.

Biografi dan Profil Musisi Andi Rianto

Pada tahun 1992, Andi berhasil masuk dalam sebuah institusi pendidikan music kelas dunia di Berklee College of Music, Boston. Di sana Andi mengambil jurusan yang jarang dipilih oleh musisi Indonesia, yakni komposisi dan aransemen musik. Andi sering bertemu dengan John Williams, idolanya, yang mengajarinya tentang Ilustrasi Musik Film. Selama di Berklee, karya Andi tidak hanya dalam manuskrip namun juga dipentaskan. Andi pun lulus dengan Cum Laude pada tahun 1996.

Andi pulang ke Indonesia pada tahun 1998, ia ditawari oleh Titi DJ untuk mengerjakan musik dari “Album Bahasa Kalbu” dibawah Label Aquarius. Album tersebut berhasil meraih 5 penghargaan pada ajang AMI Award tahun 1999. Sejak saat itulah, Andi Rianto dipercaya oleh Label Aquarius untuk membuat musik beberapa penyanyi papan atas Indonesia, seperti Krisdayanti, Ruth Sahanaya, Audy, Ari Lasso, Padi, dan Warna. Ia juga membuat album untuk beberapa penyanyi lainnya dari label Warner, Sony Music, dan sebagainya.

Andi juga membentuk Magenta Orchestra di Jakarta. Pada tahun 2004, Ia membuat acara music Harmoni yang sebenarnya hanya untuk persembahan ulang tahun SCTV, namun menjadi acara bulanan yang selalu dinantikan masyarakat karena kualitasnya yang sangat baik. Andi juga mendirikan Deluxe Symphony di Jakarta.

Campur tangan Andi dalam beberapa pengarapan album antara lain, lagu Ingin Kupetik Bintang Kejora, Bahasa Matahari, dan Nyanyian Getir Tanah Air dalam album BAHASA LANGIT (2001) milik Ebiet G. Ade, album PEREMPUAN (2000) milik Rita Effendy, album BAHASA KALBU (1999) milik Titi DJ, serta album Agnes Monica, WHADDUP A.. '?! (2005).
Biografi dan Profil Musisi Andi Rianto
Andi juga berperan dalam pengarapan ilustrasi music film dan menjadi arranger dalam berbagai film, antara lain Ca-Bau Kan (2002), Titik Hitam (2002), Biarkan Bintang Menari (2003), 30 Hari Mencari Cinta (2004), Mengejar Matahari (2004), Vina Bilang Cinta (2005), 9 Naga (2006), Jatuh Cinta Lagi (2006), Mendadak Dangdut (2006), Kuntilanak (2006), Pesan Dari Surga (2006), Pocong 2 (2006), Kangen (2007), Pocong 3 (2007), Kuntilanak 2 (2007), Taring (2010), Guru Bangsa : Tjokroaminoto (2015), Kartini (2017), Critical Eleven (2017), dan Gerbang Neraka (2017)

Baca juga:

Dalam karirnya, Andi beberapa kali masuk nominasi dalam Festival Film Indonesia (FFI) sebagai Penata Musik Terbaik dalam film Arisan (2003), Mengejar Matahari (2004), Mendadak Dangdut (2006) dan Mengejar Mas-Mas (2007). Hingga akhirnya mendapatkan Piala Vidia untuk Penata Musik Terbaik dalam seri drama Kapan Kita Pacaran Lagi? (2005).

Itulah biografi Andi Rianto sang musisi terbaik yang dimiliki Indonesia saat ini. Menarik bukan? Semoga karyanya dapat terus berkembang dan menghibur masyarakat Indonesia.
Karya Terpopuler