Biografi Band Judas Priest dan Perjalanan Karir Sejak Pertama Berdiri | ANAK MUSIK

Biografi Band Judas Priest dan Perjalanan Karir Sejak Pertama Berdiri

Anak Musik – Biografi Band Judas Priest dan Perjalanan Karir Sejak Pertama Berdiri. Bagi pecinta musil heavy metal pasti Anda sudah tak asing lagi dengan band satu ini. Ya, Judas Priest merupakan salah satu kelompok music atau band heavy metal paling berpengaruh. Sejak awal berdirinya, yaitu pada tahun 1969, Judas Priest sudah memberikan hawa baru pada music heacy metal.

Dibentuk oleh K.K Downing dan Ian Hill di Birmingham, Inggris band ini mampu menembus kancah dunia dalam waktu yang singkat. Pada awalnya formasi Judas Priest terdiri dari Rob Halford sebagai vokalis, K.K Downing sebagai gitaris dan Glenn Tipton sebagai gitaris pula serta Ian Hill sebagai bassist.

Biografi Band Judas Priest dan Perjalanan Karir Sejak Pertama Berdiri

Pada tahun 1974, band ini mulai meluncurkan album untuk pertama kalinya dengan judul Rocka Rolla yang dilabeli Gull Record. Harmoni gitar yang dimainkan Downing dan Tipton sangatlah tidak mum pada saat itu, namun inilah yang menjadi ciri khas Juad Priest hingga mampu menginspirasi band lain seperti Iron Maiden, Megadeth dan Metallica.

Hingga tahun 1990, Judas Priest telah berhasil merilis 14 album. Dimana album kedua mereka, Sad Wing Of Destiny yang diliris pada taun 1976, dianggap sebagai salah satu album metal paling popular dan dahsyat Bersama Black Sabbath.

Meski tidak memiliki drummer, namun eksistensi dan keindahan music yang mereka ciptakan tidak perlu ditanyakan lagi. Hingga pada tahun 1980, Dave Holland bergabung untuk menjadi drummer mereka sampai tahun 1998. Da pada tahun 1990 Scott Travis menggantikannya dan mereka berhasil melakukan rekaman di Pain Killer.

Dari 14 album yang telah dirilis, Brithis Steel yang diluncurkan pada tahin 1980 adalah yang paling terkenal. Bahkan album inipun berhasil mendapat platinum dan penjualan fenomenal. Sayang, pada tahun 1986 fans Judas Priest sedikit kecewa karena pada album Turbo mereka menggunakan drum elektronik dan gitar disintesis.
 
Di tahun 1993, Haldord mengundurkan diri dari band yang telah membesarkan Namanya tersebut dan memilih bersolo karir. Keluarnya salah satu personil band ini membawa dampak yang cukup buruk pada kemajuan Judas Priest.

Dmana mereka sedikit mengalami kesulitan dalam pencarian drummer yang cocok. Hingga akhirnya Tim “Ripper” Owens Judas Priest terpilih untuk menggantikannya dan berhasil merekam 4 album.
Biografi Band Judas Priest dan Perjalanan Karir Sejak Pertama Berdiri
Kemudian pada tahun 2003, line-up band heavy metal ini Rob Halford kembali lagi dengan band ini dan Judas Priest pn meilis Metalogy. Hingga ditahun berikutnya Ozzfest dan CD studio berjudu Angel of Retribuion rilis serta tur dunia berhasil mereka lakukan.

Kabar mengejutkan kembali datang dari salah satu personil yang juga merupakan pendiri Judas Priest, K.K Downing yang menyatakan pengunduran dirinya. Di tahun 2011, Downing juga mengungkapkan jika tur Epitaph akan menjadi tour terakhirnya Bersama Judas Priest.
Perginya Downing kemudian memunculkan Richie Faulkner sebagai gantinya. Dimana gitaris baru Judas Priest ini merupakan mantan gitaris band Lauren Harris yang merupakan putri dari Steve Harris.

Di tahun 2014, Judas Priest pun merilis sebuah album Bersama dengan gitaris barunya tersebut. Album yang berjudul Redeem of Souls ini merupakan album studio pertama band heavy metal asal Inggris tersebut.

Ian Hill pun menyebutkan jika album terbarunya ini adalah album terbaik Judas Priest sepanjang karirnya. Hingga tak heran jika album ini berhasil merauk sukses dan diterima penggemarnya dengan baik.

Mulai tahun yang sama Judas Priest pun melakukan tour keliing dunia dan salah satu performa terbaiknya di Download Festival pada Juni 2015.
Karya Terpopuler