Danilla Riyadi, Sang Pembawa Pesan Dari Musik Jazz | ANAK MUSIK

Danilla Riyadi, Sang Pembawa Pesan Dari Musik Jazz

Anak Musik – Sudah bukan kali pertama industri kreatif Indonesia melahirkan bintang baru dari genre musik Jazz. Musik yang bagi sebagian orang dianggap musik yang membosankan, ternyata menjadi jalan kesuksesan bagi sebagian penyanyi dengan nama besar di tanah air. Sebut saja Raisa, Andien, Tulus, Indra Lesmana dan masih banyak yang lain yang kemudian memiliki fans hampir di seluruh Negeri ini. Dan kali ini, kembali satu bintang yang akan kembali bersinar di industri musik Indonesia, dia adalah Danilla Riyadi.

Danilla Riyadi lahir pada tanggal 12 Februari 1990. Bakat musik turun dari Sang Ibu, Ika Ratih Poespa yang juga merupakan penyanyi jazz dan juga penulis lagu yang telah berkecimpung di dunia musik sejak era 80an. Danilla memang sudah akrab dengan musik semenjak masih kecil. Dan meskipun tanpa melalui sekolah musik, ia mampu melesat sebagai penyanyi dengan suara merdu.

Danilla Riyadi, Sang Pembawa Pesan Dari Musik Jazz

Sebagai pemilik suara Alto, Danilla Riyadi mampu membuai para penikmat musik seolah sedang menyampaikan sebuah cerita. Tidak ada suara musik yang berlebihan, namun dengan vokalnya yang sangat lembut, bahkan hampir seperti berbisik, para penikmat musik pun mampu terbuai karenanya. Seperti judul lagu yang menjadi debut pertamanya, “Buaian” yang benar-benar membuai pendengarnya.

Seperti halnya penyanyi besar lainnya, Danilla Riyadi juga melalui proses menuju kesuksesan kariernya. Memulai karier pada tahun 2013, Danilla awal mulanya tertarik untuk membentuk sebuah Band. Yang pada akhirnya mempertemukannya dengan Lafa Pratomo yang akhirnya bertindak sebagai produser Danilla. Dan dibawah naungan label Orion Records dan Demajors, single pertama Danilla direkam.

Album pertama Danilla Riyadi bertajuk Telisik memuat 12 lagu yang hampir semuanya ditulis oleh Lafa Pratomo, terkecuali lagu gubahan Sang ibunda yang berjudul “Reste Avec Moi” dalam bahasa Perancis. Album ini masuk dalam daftar album terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia pada tahun 2014. Prestasi yang membanggakan bagi seorang Danilla.

Bagi Danilla Riyadi, menyanyi bukan hanya sekedar tentang musik atau suara yang merdu, tetapi ia mengutamakan bagaimana cara sang penyanyi menyampaikan pesan-pesan lewat lagu. Hal ini menjadi salah satu alasan mengapa Danilla lebih ingin disebut sebagai “Pengantar Pesan” ketimbang penyanyi. Karena lagu-lagu yang ia bawakan mayoritas adalah lagu yang dibuat berdasarkan pengalaman pribadinya atau teman-teman terdekatnya.
Danilla Riyadi, Sang Pembawa Pesan Dari Musik Jazz
Di album keduanya yang bertajuk “Lintasan Waktu”, Danilla Riyadi semakin mematangkan jiwa musiknya.  Album ini dirilis pada 31 Agustus 2017, terhitung masuk tahun kelima dalam episode bermusiknya. Masih dalam genre pop dengan balutan suara jazz yang kental, Danilla membawakan 10 buah lagu yang juga masuk sebagai nominasi dalam Indonesian Choice Award untuk kategori Album Of The Year.

Meskipun dikenal sebagai penyanyi Pop dan Jazz, tidak banyak yang mengetahui jika ternyata Danilla Riyadi adalah penikmat muski K-Pop. Musik yang identik dengan sifat feminin, ternyata juga membuat Danilla yang berpenampilan tomboi ini jatuh cinta. Soal penampilan, memang bukan rahasia lagi jika Danilla lebih condong ke sosok tomboi dalam kesehariannya. Gaya penampilan yang casual, dan bantuan sneakers serta riasan make up sederhana adalah gaya andalannya bahkan hingga saat akan tampil atau manggung.

Baca juga:

Satu hal yang perlu ditiru dari seorang Danilla Riyadi adalah kekuatan tekad dan sikap pantang menyerahnya. Danilla mampu bertahan menghadapi segala rintangan dalam bermusik, bahkan ketika banyak nada sumbang yang mempertanyakan kemampuan bermusiknya. Dan pastinya yang patut ditiru oleh para generasi muda adalah, Danilla tetap mengutamakan pendidikan. Hal ini dibuktikan dengan melanjutkan jenjang pendidikannya ke jenjang S2. Sungguh generasi muda yang berprestasi.
Karya Terpopuler