5 Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Utara Lengkap Penjelasannya | ANAK MUSIK

5 Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Utara Lengkap Penjelasannya

Anak MusikMacam-macam alat musik tradisional dari sumatera utara. Indonesia sudah terkenal dengan keragaman suku dan budaya. Dari ujung Sabang hingga Merauke, setiap daerah memiliki keunikan dan ciri khas masing-masing, baik dalam segi bahasa, adat dan juga kesenian yang dimiliki. Seperti yang terdapat di salah satu propinsi di pulau Sumatera yaitu Sumatera Utara.

Beberapa suku yang terdapat di sumatera utara ini yang memiliki ragam kebudayaan yang melahirkan kesenian dan budaya yang menarik. Salah satunya adalah alat musik tradisonal yang dimilikinya. Suku-suku di sumatera utara antara lain suku batak, nias, karo deli dan beberapa suku sumatera utara telah menyumbangkan karya seni yang menjadi warisan budaya.

5 Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Utara Lengkap Penjelasannya

Selain sebagai icon budaya, alat musik ini juga menjadi bukti pada kalangan muda akan kekayaan budaya nenek moyang sebagai warisan yang patut untuk dilestarikan. Berikut adalah 5 alat musik tradisional dari sumatera utara unik yang patut untuk diketahui:
Macam-macam Alat Musik Tradisional Dari Sumatera Utara Lengkap Penjelasannya

1. Alat Musik Aramba

Salah satu dari 5 alat musik tradisional dari sumatera utara yang pertama adalah aramba. Alat musik ini berbentuk gong kecil yang terbuat dari logam baik besi, perunggu atau kuningan. Cara memeinkannya dengan cara di pukul menggunakan alat pemukul kayu. Sebagian masyarakat setempat juga menyebut alat musik ini dengan sebutan Bende. Bentuknya memang tidak jauh berbeda dengan konpinen instrumen gamelan jawa.

2. Alat Musik doli-doli

Instrumen kedua yang termasuk kedalam 5 alat musik tradisional dari sumatera utara adalah  doli-doli. Alat musik yang dibuat dari susunan bilah-bilah bambu ini memiliki ukuran yang berbeda. Cara memainkannya dengan cara dipukul dengan pemukul kayu. Masyarakat melayu menyebut alat  ini dengan sebutan kolintang. Biasanya doli-doli tidak dimainkan  secara tunggaal namun nimainkan bersama-sama dengan instrumen lainnya, sehingga menghasilkan melodi yang indah. Seperti dimainkan bersama dengan aramba dan juga kendang.

3. Alat Musik Druri Dana

Ini adalah alat musik yang unik, sebenarnya cara kerjanya mirip dengan instrumen bambu yang telah terkenal lebih dahulu yaitu  angklung atau garpu tala. Suara alat musik dihasilkan dari adanya susunan bambu yang di bentuk sedemikian rupa, sehingga menghasilkan suara yang merdu ketika mengguncangkannya. Druri dana menjadi alat ketiga dalam kumpulan 5 alat musik tradisional dari sumatera utara.

4. Alat Musik Ole-ole

Ini dia alat musik sederhana yang termasuk kedalam 5 alat musik tradisional dari sumatera utara. Terbuat dari batang padi yang ruasnya dipelah, lalu untuk menghasilkan suara yang berbeda, diperlukan tiupan di ujung yang lain sehingga terbentuklah suara yang unik. Saking sederhananya alat ini, ole-ole memang tidak diperuntukkan sebagai alat musik pertunjukan, namun hanya digunakan oleh petani untuk menghibur diri yang sedang memanen sawah. Untuk membuat suaranya lebih keras biasanya ditambahkan daun kelapa yang dililitkan mengelilingi batang hingga mencapai ukuran yang diinginkan.

Baca juga:
 

5. Alat Musik Taganin

Alat musik berasal dari suku batak toba. Alat musik ini terdiri dari lima gendang yang ditata berjajar dengan ukuran yang bermacam-macam. Cara memainkannya menggunakan stik pemukul, mirip dengan stik drum modern. Merkipun pada dasarnya alat ini merupakan instrumen musik ritmis namun alat ini juga bisa menghasikan nada melodis yang berguna untuk mengisi suara musik pada seni pertunjukan.

Demikian adalah 5 alat musik tradisional dari sumatera utara yang mungkin perlu diketahui untuk meningkatkan wawasan dan pengetahuan mengenai budaya Indonesia yang kaya ini.
Karya Terpopuler