8 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui | ANAK MUSIK

8 Jenis Alat Musik Tradisional Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui

Anak MusikAlat Musik Tradisional Indonesia yang Wajib Kamu Ketahui. Setiap kebudayaan melahirkan kesenian yang khas dari masing-masing daerah. Kesenian banyak berupa tari-tarian yang kemudian didukung alat musik tradisional yang khas pula. Kita bahas 8 alat musik yang unik asli Indonesia di bawah ini:

MENGENAL 8 JENIS ALAT MUSIK TRADISIONAL INDONESIA

1. Rebana

Di Indonesia, rebana identik dengan musik gambus dan sangat lekat dengan budaya masyarakat Melayu. Alat musik tradisional ini berbentuk bundar pipih dengan salah satu sisi dilapisi kulit kambing. Cara memainkan alat musik ini dengan cara dipukul atau ditabuh menggunakan tangan. Masyarakat Jawa menyebutnya dengan nama gendang terbangan.

2. Angklung

Alat musik tradisional dari tanah Sunda ini sudah dikenal bahkan hingga ke luar negeri. Angklung terbuat dari batang bambu yang dipotong-potong membentuk pipa-pipa dan disusun sedemikian rupa membentuk barisan berjajar. Cara memainkan alat musik ini unik karena dengan cara digoyang. Bunyi tercipta karena adanya benturan dari pipa-pipa bambu yang digetarkan tadi. Setiap pemain angklung bisa memegang 2-3 atau lebih angklung.

3. Rebab

Rebab berasal dari Jawa Barat, mulai dikenal pada abad 9 Masehi setelah dibawa pedagang dari Timur Tengah yang masuk ke Indonesia. Saat ini rebab terbuat dari kayu yang berkembang dari bahan tembaga ketika awal alat musik tradisional ini digunakan. Bentuk rebab mirip biola dengan bagian bawah membuat dan tangkai yang tegak memanjang dilengkapi dengan 2-3 buah dawai. Cara memainkan alat musik ini dengan digesek seperti biola.

4. Slethem

Slethem merupakan alat musik tradisional yang terbuat dari lembaran-lembaran logam yang diuntai dengan tali  di atas tabung-tabung sebagai alat resonansinya. Alat musik ini berasal dari Jawa Tengah dan merupakan instrumen  dari gamelan Jawa. Cara memainkannya dengan memukul lembaran-lembaran logamnya dengan tangan kanan menggunakan pemukulnya sedangkan tangan kiri melakukan patet untuk menahan getaran yang terjadi pada logam.

5. Kolintang

Alat musik tradisional yang unik ini berasal dari Minahasa Sulawesi Utara. Kolintang berupa barisan gong kecil yang terbuat dari kayu yang disusun berjejer secara mendatar. Kayu yang digunakan untuk membuat kolintang ini biasanya kayu yang sifatnya ringan seperti kayu telur, waru, cempaka dan wenuang.
Alat Musik Tradisional Kolintang

6. Serunai

Serunai adalah alat musik tradisional yang berasal dari Nusa Tenggara Barat. Namun sayangnya alat musik ini belum terlalu dikenal luas di Indonesia. Bentuk serunai memanjang dengan bagian atas meruncing dan bawahnya melebar untuk memperbesar suara dengan lubang-lubang di sepanjang alatnya. Serunai disertai ornamen khas daerah NTB membuat alat musik ini menjadi lebih unik. Serunai adalah alat musik tiup mirip seruling dan dimainkan dengan cara ditiup sambil membuka tutup lubangnya untuk menghasilkan nada.

7. Sasando

Sasando merupakan alat musik tradisional yang bentuknya unik. Alat musik yang berasal dari Nusa Tenggara Timur ini terdiri atas bambu berbentuk tabung dilengkapi tonjolan untuk melekatnya 28-84 dawai dan dilingkupi anyaman daun lontar berbentuk kipas melengkung sebagai tempat resonansinya. Sasando dimainkan dengan cara dipetik.

8. Tifa

Tifa adalah alat musik tradisional khas dari Indonesia bagian timur terutama Maluku dan Papua. Alat musik ini adalah alat musik pukul yang terbuat dari batang kayu yang dilubangi dan dikosongkan lalu ujungnya ditutup dengan kulit rusa kering. Terdapat beberapa jeni tifa, yaitu tifa jekir, tifa dasar, tifa potong dan tifa bas.

Baca juga:

Demikian tadi beberapa alat musik tradisional Indonesia yang kita miliki. Semoga bermanfaat.
Karya Terpopuler