10 Alat Musik Tradisional Yang Ditiup | ANAK MUSIK

10 Alat Musik Tradisional Yang Ditiup

Anak MusikAlat Musik Tradisional Yang Ditiup. Budaya Indonesia memang sangat kaya, termasuk di bidang musik. Tak heran jika terdapat banyak alat musik tradisional yang ditiup dari berbagai macam daerah di Indonesia. Tentu tidak banyak masyarakat Indonesia yang tahu keseluruhannya. Oleh sebab itu jika merasa penasaran, simak saja berikut ini beberapa alat musik tradisional yang ditiup.

10 Alat Musik Tradisional Yang Ditiup

1. Suling

Siapa yang tak kenal dengan alat musik yang satu ini. Bahkan di sekolah terkadang guru pelajaran kesenian mengajarkan untuk meniup suling. Kebanyakan di Indonesia bahannya terbuat dari bahan bambu. Sehingga cukup nyaring saat dibunyikan dan memiliki suara yang merdu.

2. Serunai

Masih serumpun dengan suling, alat yang satu ini juga termasuk alat musik tradisional yang ditiup. Walau ada sedikit perbedaan, namun pada dasarnya cara memainkan serunai hampir mirip dengan cara bermain suling. Selain itu serunai dimainkan pada beberapa daerah di Indonesia termasuk di lampung serta di daerah Sumatera Barat lainnya.
Kumpulan Alat Musik Tradisional Yang Ditiup

3. Foy Doa

Selanjutnya ada alat musik unik yang terbuat dari bambu dan dikenal dengan nama Foy Doa. Alat musik ini terbilang unik dan biasa dimainkan dalam acara permainan rakyat. Oleh karena itu tak banyak yang tahu penggunaannya termasuk bagaimana cara memainkan alat musik ini dengan benar. Alat musik ini dapat menghasilkan nada tunggal maupun nada ganda, sehingga dapat dibilang merupakan salah satu alat musik yang cukup menarik.

4. Pakkeke

Selanjutnya ada pula alat musik tradisional yang ditiup berasal dari daerah Sulawesi Barat bernama pakkeke. Alat ini dimainkan sejak masa dahulu oleh para petani di daerah Sulawesi Barat sambil menunggu sawahnya untuk mengusir rasa bosan. Nada dan suara yang dihasilkan juga cukup merdu dan menarik.

5. Triton

Berikutnya ada pula alat musik yang dikenal dengan sebutan triton dan berasal dari daerah Papua. Alat musik ini terkenal dengan uniknya serta bentuknya yang cukup khas dan besar. Memainkannya juga dengan jalan meniup seperti sedang meniup terompet. Sebagai salah satu kekayaan budaya yang unik, alat musik ini cukup banyak mendapat perhatian dari wisatawan mancanegara.

6. Pereret

Alat musik yang ditiup lainnya juga ada pareret. Alat musik ini berasal dari daerah Bali. Sehingga tak heran jika banyak dimainkan di acara adat di Pulau Dewata tersebut. Cara memainkannya juga sederhana serta membuat alat musiknya juga tidak terlalu sulit.

7. Kecapi Mulut

Ada pula alat musik tradisional yang ditiup berupa kecapi mulut. Walaupun cukup unik namun suara yang dihasilkannya cukup baik.

8. Tatali

Berikutnya juga ada alat musik dengan nama tatali yang berasal dari Sulawesi Tengah. Bentuknya hampir mirip suling, tetapi sedikut berbeda. Lagipula alat musik ini lumayan susah untuk dimainkan.

9. Tahuri

Alat musik tradisional yang ditiup berikutnya ada pula tahuri. Berasal dari Papua, bentuknya hampir mirip triton. Tetapi ukurannya sedikit lebih kecil.

10. Kohotong

Terakhir ada pula alat musik tiup yang sudah cukup langka karena terbuat dari dahan tanaman liar. Karena itu menemukannya tidak lagi cukup mudah.

Itulah beberapa alat musik tradisional yang ditiup dan dipakai di berbagai daerah di Indonesia. Dengan kekayaan budaya maka juga banyak kekayaan musik yang terdapat di negara ini. Karena itu sebagai negara dengan suku yang majemuk, maka kebudayaan di negeri ini dapat terbilang cukup unik dan menarik.

Baca juga:
Karya Terpopuler