Temuan Suling Purba: Musik Sudah Ada Sejak Dahulu | ANAK MUSIK

Temuan Suling Purba: Musik Sudah Ada Sejak Dahulu

Anak MusikTemuan Suling Purba: Musik Sudah Ada Sejak Dahulu. Mungkin kalau kamu sudah baca artikel tentang sejarah suling di artikel sebelumnya, kamu tahu kalau alat musik tertua adalah suling. Ya benar, suling purba. Di mana suling ini sudah ada sejak zaman dahulu kala.

Pada saat zaman purbakala, manusia Homo Sapiens mencoba membuat alat musik, yang dinamakan suling purba. Para peneliti mengira, bahwa ini alat musik suling karena bentuknya yang panjang silinder dan terdapat lubang-lubang udara sebagai pengatur bunyi. Hal ini membuktikan bahwa di zaman purbakala pun orang sudah mengenal musik. Sebenarnya wajar saja, karena indra yang pertama kali berfungsi saat kita lahir adalah telinga sebagai indra pendengar. Jadi, tak heran jika di dunia ini selalu terdapat suara. Diam pun juga termasuk suara. Yaitu suara hening.

Ditemukan alat musik yang diduga sebagai alat musik tertua di dunia. Hal ini pun menggegerkan dunia, karena alat musik ini benar-benar ada. Ternyata, alat musik itu adalah suling, yaitu suling purba.

Temuan Suling Purba: Musik Sudah Ada Sejak Dahulu

Para peneliti pun mengidentifikasikan bahwa alat musik tertua ini alat musik sejenis alat musik tiup. Di mana alat musik yang ditemukan ini terbuat dari gading gajah purba dan tulang burung. Alat ini pun ditemukan di Jerman bagian Selatan. Selain membuktikan bahwa suling adalah alat musik tertua, penemuan alat musik ini juga menjukkan bahwa adanya Homo Sapien yaitu manusia modern yang pernah mendiami di Eropa.

Siapa yang menyangka. Manusia di zaman batu pun juga bermain musik. Di dalam ekspedisi, para peneliti dan Arkeolog Jerman menemukan suling purba ini tak hanya satu saja, melainkan menemukan banyak suling purba. Diduga suling-suling ini memang distok banyak oleh si pembuatnya di zaman dahulu.

Suling-sulingnya pun juga beraneka garam bahan dasarnya. Ada yang terbuat dari tulang burung, ada juga yang terbuat dari gading gajah purba. Namun sayangnya alat musik ini tidak bisa diuji coba bagaimana bunyinya. Karena sudah terpendam tanah ribuan tahun yang lalu dan sudah mengeras menjadi fosil. Di mana menurut para peneliti dan arkeolog, yang menguji dengan menggunakan analisa karbon, bahwa suling purba ini sudah berusia 42 ribu tahun.

Dengan adanya temuan ini, terbukti bahwa musik sudah ada sejak zaman purbakala. Sehingga jika dikatakan alat musik apa yang tertua, ya suling. Karena suling adalah alat musik yang dibuat oleh manusia pertama kalinya.
Suling Alat Musik Tertua di Dunia
Penelitian dan penemuan suling purba ini dilakukan oleh tim peneliti yang dipmipin Profesor Tom Higham dari University Oxford. Di mana suling purba ini ditemukan di Goa Geissenkloesterie di area Swabian Jura, Jerman Selatan. Mereka pun juga mengatakan bahwa usia suling purba ini juga tak jauh beda dengan usia tulang-tulang hewan purba yang mereka temukan pada waktu itu. Hingga akhirnya, temuan ini ditulis di sebuah jurnal yaitu Journal of Human Evolution.

Di sisi lain, juga terdapat seorang profesor yang mengatakan. Karena suling purba dan beberapa fosil lainnya ditemukan di Goa Geissenkloesterie, di mana goa ini dekat dengan sungai Danube, bisa dikatakan bahwa Sungai Danube merupakan jalur penting transmigrasi manusia modern juga sebagai pusat perkembangan teknologi di Eropa di 40 ribu tahun yang lalu.

Hal tersebut disampaikan oleh Profesor Nick Conard yang merupakan peneliti dari Universitas Tuebingen. Di mana ia pernah melakukan penggalian di area tersebut di tahun 2009 lalu.

Baca juga:
Karya Terpopuler