Sejarah Musik Rock yang Perlu Anda Ketahui | ANAK MUSIK

Sejarah Musik Rock yang Perlu Anda Ketahui

Anak MusikSejarah Musik Rock yang Perlu Anda Ketahui. Maraknya musik rock di kalangan generasi muda saat ini sangat beraneka ragam karena memang asal musik rock pun juga berasal dari suatu hal yang beragam. Sejak tahun 1940-an, masyarakat mulai dapat mendefinisikan apa yang dimaksud dengan musik rock? Kebanyakan orang mengenal musik rock sebagai musik yang dimainkan dengan menggunakan alat musik lengkap dengan nuansa keras dan vokalis yang bergenre keras pula. Hal tersebut terjadi karena banyak genre musik yang berperan aktif dalam sejarah musik rock hingga menjadi musik yang keras seperti saat ini. Nah, bagaimana sejarah musik rock tersebut? Berikut adalah sejarah musik rock.

Sejarah Musik Rock yang Perlu Anda Ketahui

Asal Mula Musik Rock Periode 1940 – 1960

Asal mula musik rock dapat dilihat kembali di akhir tahun 1940 yang mana musik rock berasal dari perpaduan musik country dan blues yang populer pada masa itu. Perpaduan musik country dan blues tersebut dipadukan kembali dengan instrumen musik seperti gitar listrik dan drum dengan beat yang cukup keras. Perpaduan musik tersebut merupakan hasil karya dari Chuck Berry (50 tahun). Pada awalnya, Chuck Berry merupakan seniman musik blues, namun ia ingin mencoba sesuatu yang baru dengan cara memadukan musik blues dengan musik country yang pada akhirnya menghasilkan musik rock.
Sejarah Musik Rock yang Perlu Anda Ketahui
Di tahun 1960, Chuck Berry memiliki banyak pengikut yang terus mengembangkan genre musik rock menjadi musik yang dapat digemari semua orang. Salah satu pengikut Chuck Berry adalah Rolling Stones. Kemudian kemunculan Rolling Stones ini meninggikan derajat musik rock ke dalam budaya baru yang dikagumi.

Perubahan pada Musik Rock Tahun 1970

Setelah Rolling Stones muncul, muncul penggemar musik rock lainnya, seperti Led Zeppelin. Led Zeppelin muncul pada tahun 1970. Namun, kemunculan Led Zeppelin ini membawa musik rock ke dalam nuansa yang berbeda yang mana musik rock Led Zeppelin cenderung ke hard rock dan heavy metal.

Led Zeppelin menginspirasi kelompok lain untuk melahirkan musik rock ini. Salah satunya Pink Floyd yang muncul di akhir tahun 1970 yang merupakan band hippie. Lalu muncul kelompok lainnya seperti Sex Pistols dan The Clash. Ketiga kelompok tersebut memiliki aliran yang sama dalam musik rock. 

Masih di tahun1970, musik rock terus mengalami perubahan yang ditandai dengan kemunculan Pere Ubu. Nah, berawal dari Pere Ubu inilah yang nantinya akan mempengaruhi perkembangan industri musik rock dan musik rock hingga saat ini.

Perpecahan yang Terjadi pada Musik Rock Tahun 1980

Di tahun 1980, musik rock mulai kehilangan jati dirinya sehingga membuat penikmat musik rock menjadi bosan. Hal tersebut memunculkan perpecahan sehingga banyak muncul band-band rock dengan gelombang baru. Akibatnya di akhir tahun 1980, muncul indie rock yang merupakan label band kecil secara independen. Lalu pada tahun 1988, terjadi perubahan muncul istilah  rock modern, alternatif dan indie rock. Hal tersebut juga diakui oleh majalah musik Billboard.

Jati Diri Musik Rock Periode 1990 hingga Saat ini

Pada tahun 1991, rock alternatif semakin berkembang dengan munculnya Nirvana. Selain itu, muncul band-band lain dengan gerakan musik grunge yang merupakan penggabungan hard rock dan musik punk. Kehadiran gerakan grunge menginspirasi munculnya kembali rock mainstream, seperti Limp Bizkit. Nah, Limp Bizkit ini telah menyatukan rap dan hard rock yang kemudian dikenal dengan nama rap rock.

Kemunculan Limp Bizkit  menginspirasi band rap rock yang lain, seperti Gendle of Mudd dan Staind. Namun, Gendle of Mudd dan Staind ini lebih menonjolkan musik hard rock melodi. Di era 1990-an ini muncul juga  Red Hot Chili Peppers dan Foo Fighters yang membangkitkan energi baru dalam musik rock.

Baca juga:

Saat memasuki abad ke-21, musik rock mengalami kesuksesan seperti di era tahun 1960. Kemudian muncul kelompok baru yang bernama Linkin Park. Linkin Park inilah dapat menyatukan hip-hop dan metal hingga akhirnya musik rock terus berkembang memunculkan kelompok baru hingga saat ini.
Nah, begitulah sejarah musik rock yang terus berkembang hingga saat ini. Adanya musik rock dapat memperkaya genre musik dunia.
Karya Terpopuler