Sejarah Musik Jazz Dunia Hingga di Indonesia | ANAK MUSIK

Sejarah Musik Jazz Dunia Hingga di Indonesia

Anak MusikSejarah Musik Jazz Dunia Hingga Di Indonesia. Penggemar musik jazz tentunya saat ini cukup banyak, namun yang mengetahui sejarah musik jazz belum tentu semuanya. Padahal saat menyukai suatu aliran musik tertentu juga perlu memahami sebenarnya bagaimana sejarah di balik munculnya musik tersebut. Tentu saja hal ini bisa jadi pertanyaan, sebenarnya kapan dan bagaimana dimulainya musik jazz. Oleh karena itu jika merasa ingin tahu lebih lanjut, berikut ini sedikit kisah tentang sejarak musik jazz di dunia, termasuk di Indonesia.

Sejarah Musik Jazz Dunia Hingga Di Indonesia

Sejarah Musik Jazz Dunia

Musik Jazz dimulai di negara Amerika. Sehingga tak heran jika warga di negara Barat dengan cepat menyukai jenis musik yang satu ini. Seiring dengan makin banyaknya musik jazz muncul, maka mulai banyak pula artis jazz yang terkenal di dunia seperti misalnya Miles Davis hingga Tony Bennet.

Legenda jazz sendiri di dunia dimulai di kota New Orleans dan berkembang ke Sungai Mississippi, Memphis, St. Louis, dan akhirnya Chicago. Beberapa alat musik yang mempengaruhi warna musik ini termasuk tribal drums Afrika dan struktur musik ala Eropa. Latar belakang jazz sendiri cukup berkaitan erat dengan pengaruh berbagai musik seperti musik gospel, cakewalks, ragtime dan blues.
Sejarah Musik Jazz Dunia Hingga di Indonesia

Sejarah Musik Jazz Indonesia

Berbicara tentang sejarah musik jazz, tentu tak lengkap juga bila belum membahas sejarah musik yang satu ini di Indonesia. Jika ditelusuri lebih jauh, di Indonesia musik jazz mulai masuk di tahun 1930 dan dibawa oleh para imigran. Pada perkembangannya musik jazz mendapat sambutan yang menarik di Indonesia hingga mulai muncul artis jazz lokal legendaris seperti Bill Saragih. Lagu jazz dengan tempo dan ritme yang spesifik mampu memukau banyak penggemar dan menjadi favorit tersendiri yang mewarnai dunia musik di tanah air.

Tahun 1980an musik jazz di Indonesia makin banyak penggemarnya. Sederetan artis seperti Ireng Maulana, termasuk grup Elfa mendapat banyak perhatian dan berhasil memasuki dapur rekaman. Di tahun 1990an makin bermunculan nama besar artis seperti Indra Lesmana dan bebera apa artis jazz lainnya yang masih berkiprah hingga saat ini.

Bahkan pada awal abad 20 di Indonesia anak muda juga mulai melirik mencintai jenis musik yang satu ini. Seperti grup musik kenamaan Maliq And D’Essentials  kemudian juga deretan artis papan atas Tompi maupun Tulus, musik-musik jazz yang dibawakan juga sudah mulai perpaduan dengan musik pop dan genre yang lain. Sehingga makin menambah minat masyarakat khususnya anak muda Indonesia untuk makin cinta dengan musik jazz. Bahkan kolaborasi dengan musik budaya lokal yang dipentaskan pada konser tertentu juga berhasil membius banyak pecinta jazz di Indonesia.

Saat ini sudah banyak festival jazz tahunan yang diselenggarakan di Indonesia. Sebut saja nama Java Jazz yang banyak menarik minat mulai dari domestik hingga mancanegara. Festival dengan harga tiket yang cukup mahal ini tidak pernah sepi pengunjung. Belum lagi festival jazz di kota-kota lain seperti di Bali atau Gunung Bromo. Keunikan jenis musik jazz membawa kesenangan tersendiri bagi beberapa masyarakat pecinta beragam aliran musik.

Itulah sedikit kisah sejarah musik jazz, baik mancanegara maupun di Indonesia. Dengan mengetahui sejarahnya maka tentu akan lebih mencintai jenis musik yang satu ini.

Baca juga:
Karya Terpopuler