Fungsi Musik dalam Kehidupan Sehari-Hari Kita | ANAK MUSIK

Fungsi Musik dalam Kehidupan Sehari-Hari Kita

Anak MusikFungsi Musik dalam Kehidupan Sehari-Hari Kita. Di tengah peradaban kehidupan yang semakin maju pesat dari berbagai bidang, keindahan bukan lagi hal yang paling penting di dunia ini. Salah satunya adalah musik yang mana bukan hanya pada segi keindahan saja yang dirasakan. Melainkan juga dari beberapa poin seperti keindahan, pengetahuan, dan nilai kehidupan yang tersirat dalam fungsi musik. Karena inilah hakikatnya seni musik dibentuk dan diciptakan. Berikut ini adalah beberapa fungsi musik yang bermanfaat bagi kita di kehidupan sehari-hari.

Fungsi Musik dalam Kehidupan Sehari-Hari Kita

Pengungkap Emosi: Bahasa Jiwa

Jangan salah. Emosi bukan hanya ekspresi marah. Melainkan emosi merupakan ekspresi jiiwa atau sesuatu yang sedang dirasakan oleh hati dan pikiran kita. Inilah emosi. Sehingga emosi bukan hanya kemarahan, melainkan kesedihan, kegalauan, kecemasan, kebahagiaan, kesenangan, dan lain sebagainya juga bisa dikatakan sebagai emosi yang merupakan ekpresi jiwa dan batin kita.

Di sini, fungsi musik juga terletak sebagai media pengungkap perasaan atau emosi yang sedang kita miliki. Saat kita sedang marah, mungkin kita akan memainkan atau mendengar musik keras, seperti rock, metal, dan lain-lain. Atau saat kita sedang sedih, mungkin kita akan memainkan dan mendengarkan lagu-lagu galau atau sedih sebagai pengungkap bahwa kita sedang sedih.

Dengan begitu, bisa dikatakan bahwa musik adalah bahasa jiwa. Di mana kita bisa membahasakan jiwa yang sedang kita rasakan melalui musik.

Pencair Suasana Tegang

Bisa dibilang bahwa musik adalah simponi kehidupan yang mampu mewarnai kehidupan kita sehari-hari. Tanpa musik, maka dunia seperti tak bersuara. Di mana dunia serasa seperti datar dan monoton saja. Di sinilah fungsi musik sebagai pencair suasana tegang. Di mana saat suasana atau otot sedang tegang karena kerjaan yang menumpuk, kita bisa mendengarkan musik untuk merileksasikan hati kita.

Selain hati, fungsi musik juga dapat memberikan stimulun pada pikiran kita dalam memerankan kehidupan di dunia ini. sehingga, musik bukan hanya sebagai hiburan semata, melainkan juga mampu memberikan dorongan dan gairah hidup dalam memaknai hidup yang baik.

Dengan kita mendengar dan menghayati musik, maka kita bisa menikmati aktivitas hidup kita, dan kita akan selalu merasa enjoy dengan kehidupan ini. Di sinilah efek musik pada psikologis dan kesehatan tubuh manusia yang memberikan dampak positif.
Fungsi Musik dalam Kehidupan Sehari

Religiusitas

Musik sebenarnya juga mampu memberikan makna-makna religiusitas atau tentang ketuhanan. Dengan adanya lagu-lagu rohani, maka ornag yang mendengar lagu tersebut dapat menikmati alunan dan pesan yang terkandung dalam lagunya. Seperti halnya lagu-lagu rohani yang dilakukan umat Kristiani yang digunakan saat upacara-upacara keagamaan seperti penikahan, kematian, dan lain sebagainya.

Bahkan di adat istiadat kebudayaan pun juga menggunakan fungsi musik sebagai pengiring upacara mereka. Salah satu contohnya adalah upaca Ngaben atau pembakaran mayat di Bali. Yang mana upacara tersebut diiringi oleh beberapa alat tradisional seperti gamelan, angklung, dan gambang.

Penghayat Estetis

Musik merupakan salah satu karya seni yang memiliki unsur keindahan dan estetika di dalamnya. dengan begitu, tentu ada nilai keindahan di dalam musik itu sendiri sebagai salah satu bidang kesenian. Di sinilah fungsi musik yang dapat dilihat dari melodi dan dinamika alunannya. Seperti tempo, nada, dan bunyi yang merdu membuat seseorang yang mendengar merasakan keindahannya.

Baca juga:
Karya Terpopuler