Bentuk, Keunikan, dan Cara Memainkan Suling | ANAK MUSIK

Bentuk, Keunikan, dan Cara Memainkan Suling

Anak MusikBentuk, Keunikan, dan Cara Memainkan Suling. Suling bisa dimungkinkan alat musik suling sudah ada sejak 900 sebelum Masehi. Alat yang berbentuk panjang dengan jumlah lubang yang sesuai kebutuhan ini memiliki berbagai jenis. Pada zaman klasik Barok, suling hanya terdapat beberapa tombol yang dimainkan. Alat ini pun mulai digemari di kelompok instrumen Eropa pada saat itu.

Tak hanya itu, alat musik suling ini pun juga mulai digunakan di India sebagai pengiring ritual adat mereka yang mana berbau mitologi India. Saat itu, suling di India dinamakan Suling Silang. Bahkan ada yang mengatakan bahwa sejarah suling berasal dari India yang mana sudah ada sejak 1500 sebelum Masehi.

Bentuk, Keunikan, dan Cara Memainkan Suling

Bentuk Suling

Suling memiliki lubang sebagai jalan keluar masuknya udara untuk menghasilkan udara. Pada umumnya, suling berbentuk silinder atau tabung kecil berongga yang panjangnya sekitar 66 cm. Umumnya, suling memiliki 7 lubang.

Berbeda halnya dengan suling modern yang mana bisa dibongkar menjadi tiga bagian yaitu bagian kepala sendi, sendi tengah, dan sendi kaku. Suling dimainkan dengan posisi horizontal (tidur) dan dimirinkan ke bawah sedikit dan sejajar dengan bahu.

Di dunia, suling memiliki beberapa jenis suling di antaranya seperti suling piccolo yang digunakan di dalam orkestra, suling panpipes, dan suling recorder. Bahkan juga ada suling berjenis yang menghasilkan suara serupa suara burung, yaitu flute.


Suling di Indonesia

Suling di Indonesia sendiri memiliki ciri khas tersendiri, yang pada umumnya terbuat dari bambu. Di mana alat musik tiup ini berbahan bambu tamiang yang memiliki permukaan licin. Biasanya, suling Indonesia sendiri terdapat balutan rotan tipis pada bagian kepala suling dekat lubang kecil. Balutan rotan tipis itu berfungsi agar suling dapat menghasilkan suara. Suling di Indonesia sendiri sangat cocok jika dipadukan dengan alat musik Indonesia lainnya, yang mana alat musik ini biasa dijadikan sebagai pelembut suatu irama.

Jenis suling di Indonesia sendiri ada dua jenis, yaitu suling dengan empat jari dan suling dengan lima jari. Penadaan pada kedua jenis suling ini pun berbeda-beda. Biasanya suling dengan lima jari ini digunakan pada sistem nada pelog, sedangkan untuk suling empat jari ini digunakan pada sistem nada salendro.

Keunikan Suling

Suling bambu, yang merupakan alat musik tradisional di Indonesia ini memiliki suara yang khas dan unik. Berikut adalah beberapa ciri khas dan keunikan yang dimiliki alat musik suling.
  1. Suling memiliki aura dan bunyi yang bisa menggetarkan hati;
  2. Bisa dipadukan dengan instrumen alat musik lain, umumnya suling dijadikan sebagai alat instrumen musik utama;
  3. Suling memiliki suara cengkok yang meliuk-liuk, membuat badan reflek bergoyang.
Bentuk, Keunikan, dan Cara Memainkan Suling
Dan masih banyak lagi keunikan yang dimiliki alat musik suling. Bahkan alat musik yang satu ini bisa dimainkan sendiri atau solo, juga bisa dimainkan bersamaan dengan alat musik yang digunakan sebagai melodi irama.

Baca juga:
 

Cara Memainkan Suling

Sebenarnya, cara memainkan suling sangatlah mudah. Tapi tak semudah memainkan hati, hehe. Ada dua hal penting yang bisa mempengaruhi baik buruknya nada yang dihasilkan. Pertama, adalah posisi jari yang menutupi lubang. Ketika adanya perubahan posisi jari, maka hal ini bisa mengubah resonasi suara pada suling. Namun, hal ini pun juga tergantung dari jarak lubang yang berada paling dekat dengan kepala suling.

Kedua, adalah kecepatan kita meniup. Kecepatan kita meniup ini yang bisa mempengaruhi frekuensi dan tempo suatu nada.
Karya Terpopuler