Bahayanya Mendengar Musik Galau | ANAK MUSIK

Bahayanya Mendengar Musik Galau

Anak MusikBahayanya Mendengar Musik Galau. Bisa dibilang kalau musik adalah bagian hidup manusia. Bahkan musik pun bisa menentukan kepribadian seseorang. Di mana kita bisa mengetahui kepribadian seseorang dari ia mendengarkan musik. Entah itu musik aliran pop, rock, jazz, atau yang lainnya bisa menunjukan karakter seseorang. Tak hanya itu, musik dan segala jenis alirannya pun juga memiliki pengaruh pada tubuh kita baik fisik maupun psikis. Salah satunya adalah musik galau atau musik sedih yang mendayu-mendayu. Di mana musik ini bisa membuat seseorang semakin terpuruk atas kesedihannya. Sudah galau, ditambah lagi musik galau, maka bisa jadi semakin galau.

Tak menutup kemungkinan semua orang pernah merasakan broken heart, entah masalah keluarga, percintaan, pertemanan, karir, dan yang lainnya yang menyangkut kehidupan sosial. Nah, inilah paradigma manusia jaman sekarang, di mana saat mereka sedih atau galau, mereka lebihmemilih mendengarkan musik galau dan sedih, yang katanya sebagai penghibur lara mereka. Padahal hal ini bisa mengganggu kesehatan tubuh, bahkan bisa menyebabkan resiko meninggal dunia.

Bahayanya Mendengar Musik Galau

Hanya dari mendengarkan musik, bisa meninggal dunia? Inilah efek dahsyat dari mendengarkan musik. Jadi, tak heran kalau musik itu bisa dikatakan sebagai bagian dari hidup seseorang.

Selalu Pesimis

Perlu kita ketahui bahwa dulu di jaman Presiden Soekarno, kita sebagai bangsa Indonesia dilarang untuk mendengarkan lagu-lagu sedih atau musik melow. Karena pada saat itu, Bung Karno menyadari bahwa ada dampak negatif dari musik galau. Semakin sering kita mendengar lagu cengeng, maka semakin rapuh hati kita. Sehingga membuat kita menjadi orang yang selalu pesimis dan tidak percaya diri.

Hal ini bisa disebabkan karena adanya respon dan efek pada produksi hormon serotonin pada otak kita. Hormon inilah yang bisa membuat kita menjadi suka depresi dan stres karena sering mendengar musik galau.

Sejarah yang Harusnya Tak Diingat

Ingatlah, sejarah bukan untuk diingat atau dikenang. Melainkan untuk kita pelajari dan ambil hikmahnya. Karena kita tidak bisa memutar waktu ke masa lalu buka? Apalagi dengan mendengar lagu sedih dan lagu itu berisi lirik yang menceritakan tentang masa lalu atau kenangan. Nah, di sinilah otak akan bekerja secara otomatis dalam mengingat masa lalu, yang seharusnya kamu lupakan

Kenangan masa lalu bisa mempengaruhi warna kehidupan kamu yang akan kamu jalani. Inilah dampak dari musik galau yang bisa mengingatkan kita terhadap masa lalu.

Stress Terus Menerus

Usut punya usut dan bukan usut lagi, melainkan sudah fakta, kalau sering mendengarkan lagu mellow bisa membuat kita stress alias terus kepikiran. Secara ilmiah menjelaskan bahwa musik mellow yang kita dengarkan bisa meningkatkan hormon cortisol pada tubuh yang mana bisa membuat tubuh kita menjadi tegang dan stres. Karena peningkatan hormon ini bisa membunuh sel-sel dalam tubuh hingga kita kekurangan cairan dan mengalami ketegangan pada otot-otot kita.

Tentu hal ini sangat merugikan bagi kita, dan sama sekali tidak dianjurkan untuk orang-orang yang mentalnya rendah untuk mendengarkan musik galau. Bisa-bisa membuat ia semakin terpuruk.
Bahayanya Mendengar Musik Galau

Tak hanya itu, ternyata lagu sedih juga bisa memberikan pengaruh pada Telomer yang mana Telomer adalah sel yang membuat kita menjadi tua. Nah, jika sering mendengarkan musik galau, hal ini bisa membuat peningkatan sel telomer terus bekerja dan membuat kita semakin tua tentunya. Jika kita kehabisan Telomer, maka kematian lah yang terjadi.

Hemm, serem juga ya ternyata efek dari musik sedih atau musik galau. Setelah tahu bagaimana dampaknya terhadap kualitas hidup kita, mungkin mulai saat ini kita perlu bijak dalam memilih lagu atau musik. Boleh musik sedih, asal tidak dengan kata-kata yang semakin sedih.

Baca juga:
Karya Terpopuler