Tips Belajar Memainkan Cajon Untuk Pemula | ANAK MUSIK

Tips Belajar Memainkan Cajon Untuk Pemula

Anak MusikBelajar Cajon Untuk Pemula. Cajon merupakan alat musik yang tak sulit dimainkan. Alat ini memiliki suara yang khas dan bentuk nya pun bisa dibilang sederhana (kotak persegi panjang). Alat musik ini pada awalnya berasal dari spanyol dan sekarang telah menyebar di seluruh dunia, dan harga nya pun terjangkau berkisar 400 ribu. Tapi untuk merk cajon yang lebih bagus mungkin sampai satu jutaan lebih. Cara bermain cajon ialah dengan cara di tepuk atau di pukul dengan mengunakan kedua tangan.

Alat musik drum atau cajon ini yaitu memiliki bentuk kotak persegi panjang yang di buat dari bahan kayu seperti kayu mahoni, jati, fliwood, dan kayu maple tapi kebanyakan mengunakan kayu mahoni, karena lebih halus dan bagus awet tahan lama. Didalamnya terdapat sebuah senar (kawat). Selain yang digunakan dari dasar kayu tapi belakang ini ada juga yang berbahan dari fiber. Selain cajon yang biasa tetapi ada juga yang membuat cajon elektrik. Dan jangan risau fungsi keduanya pun sama sebagai  pengganti drum.

Tips Belajar Cajon Untuk Pemula

1. Memiliki Cajon Pribadi

Agar bisa mahir memainkan alat musik ini, saya selalu menyarankan untuk kalian mempunyai alat  milik pribadi. Hal ini paling utama karena dengan memiliki cajon sendiri bukan pinjaman dari siapapun atau rental  kamu akan memiliki kebebasan dalam memainkannya. Kapan pun kamu punya waktu yang senggang cajon yang selalu ada. Karena hal utama mencapai kemahiran adalah sering memainkan alat musik tersebut. Semakin sering anda memainkannya maka anda akan cepat mencapai skill yang dibutuhkan.

2. Belajar Bermain Dengan Tempo

Tempo sangatlah diperlukan dalam memainkan alat musik. Apalagi alat musik cajon, terlebih cajon adalah alat musik yang persis sama memainkannya  dengan drum. Tentu kalo kamu ingin mahir harus sering mendengarkan lagu-lagu. Dari semua lagu memiliki tempo yang berbeda-beda. Melatih tempo bisa dibilang sangatlah mudah, hanya dengan mengikuti iringan musik dan lagunya.

3. Mendengarkan Lagu Yang Kamu Sukai

Untuk menguasai karakter lagu kamu hanya perlu sering mendengarkan lagu-lagu yang menurutmu enak didengar dan dimainkan. Kamu cukup memperhatikan iringan drum nya saja. Ketika kamu memperhatikan drum pada lagu yang sedang putar, secara langsung tangan kita pasti akan meniru irangan drum pada lagu tersebut. Lakukanlah  latihan ini dengan berulang-ulang kali.

4. Fungsi Tangan

Cajon memiliki dua suara yaitu suara snare dan suara bass drum.  Kita harus menetukan bagian tangan mana yang bertugas untuk memukul atau menepuk yang bagian bunyi snare dan bagian bass drum nya. Nah kalo ingin jelasnya untuk mengetahui bunyi bass drum kita cukup dengar atau ikuti bunyi bass gitar sedangkan bunyi snare nya ikuti bagian bunyi ritme gitar nya.
Tips Belajar Memainkan Cajon Untuk Pemula

5. Berlatih Dengan Tekun

Ini sangat di butuhkan dalam mencapai target yang di inginkan. Dalam hal ini sebaiknya jauhkan sifat kepasrahan atau  mudah menyerah, lawanlah sifat yang bosan dan mudah pasrah atau menyerah itu. Kamu harus yakin pada kemampuan  diri sendiri.

6. Latih Kemampuan Bersama Teman

Jika ingin mencapai kemampuan yang lebih baik lagi. Ajakalah teman yang bisa memainkan alat musik ini. Sering berbagi mengenai hal apa yang belum bisa kamu pahami dan belum kamu ketahui. Mintalah solusi, koreksi dan kritikan pada teman mengenai alat musik cajon ini.

7. Eksplorasi Gaya Sendiri

Setelah kamu melihat permainan cajon yang sudah professional, selanjutnya kamu tingkatkan kemampuan latihan anda ke tahap berikutnya. Cari dan temukan variasi pukulan yang kamu inginkan sesuai dengan feeling. Sebaiknya kamu harus mengembangkan kreativitas dan jangan meniru-niru yang sudah orang lain lakukan.

8. Bergabung Dengan Komunitas

Carilah orang – orang yang satu hobi dengan kamu, entah itu di dunia maya atau tempat-tempat kumpulan anak musik berada. Dengan begitu kamu akan selalu mengetahui informasi terbaru dari dunia musik termasuk alat musik drum cajon ini.

Nah itulah sedikit informasi tentang atau tips belajar cajon untuk pemula. Kesimpulannya adalah giatlah belajar dan sering-sering berbagi dengan teman yang memiliki satu hobi, karena hanya dengan itu kamu akan mendapat berbagai ilmu pengetahuan yang akan berguna bagi kamu sendiri dan orang lain. Terima kasih dan selamat belajar.

Baca juga:
Karya Terpopuler