Cara Mudah Memainkan Harpa dan Penjelasannya | ANAK MUSIK

Cara Mudah Memainkan Harpa dan Penjelasannya

Anak MusikCara Memainkan Harpa dan Penjelasannya. Harpa atau dalam bahasa Inggris disebut dengan Harp adalah jenis alat musik petik  yang pada umumnya terbuat dari kayu cendana. Senar-senarnya bisa jadi terbuat dari usus kecil domba, meskipun serat-serat tumbuh-tumbuhan yang dipintal juga dapat digunakan untuk alat musik ini. Harpa berasal dari mana dan apa fungsi harpa? Untuk lebih jelasnya kalian dapat membaca informasi ini disini (Sejarah dan Pengertian Alat Musik Harpa).

Alat musik Harpa ini diduga memiliki organologi yang sangat indah yang sudah ada sejak zaman Mesir kuno, hal ini terbukti dengan adanya gambar-gambar alat musik harpa pada dinding makam orang Mesir kuno. Diprediksi oleh para ahli bahwa gambar tersebut dibuat sekitar tahun 3000 SM.

Bentuk harpa yang pertama masuk ke mesir dari Asia sekitar tahun 1500 SM, memiliki bentuk kotak berongga yang diatasnya dipasangkan beberapa senar yang mengasilkan bunyi ketika dipetik. Waktu itu dimungkinkan senar yang digunakan berasal dari serat tanaman atau dari rambut.

Cara Memainkan Harpa dan Penjelasannya

Harpa yang sekarang banyak tersebar dipasaran dengan menggunakan dua pedal adalah harpa yang dibuat pada tahun 1800-an oleh Lyon dan Healy. Produsen harpa ini bermarkas di Chicago, produk harpa dari Lyon dan Healy ini memiliki frame yang kuat dengan perbagai penyempurnaan dari  bentuk , alat dan bahan yang digunakan pada harpa sebelumnya.

Macam dan Organologi Harpa

Harpa secara umum memliki bentuk seperti segitiga, namun ditelisik lebih jauh ternyata harpa ini memiliki jenis, ukuran, berat dan bentuk yang berbeda-beda.

Misalnya saja untuk macam-macam ukuran harpa . Harpa yang dikategorikan sebagai harpa kecil yaitu berukuran 6o cm, dengan memiliki 22 dawai/ senar. Harpa yang termasuk kategori harpa besar yaitu memiliki 47 senar/dawai, dengan ukuran 180 cm.

Adapun organologi atau bagian-bagian dari harpa ini adalah terdiri atas 3 bagian yaitu ;
Cara Mudah Memainkan Harpa dan Penjelasannya
  • Leher (Neck)
  • Papan Suara (Sound Board)
  • Senar (String)

Selain dipertunjukan secara solo (pertunjukan tunggal) , harpa juga dapat berkolaborasi dengan alat –alat musik lain dalam sebuah pertunjukan orchestra.

Cara Memainkan Harpa

Alat musik harpa dimainkan dengan cara dipetik diletakan secara vertical dihadapan pemainnya. Selain dipetik sebenarnya kaki juga dapat dimainkan untuk menginjak pedal. Untuk harpa kategori harpa kecil dapat dimainkan dengan cara dipaku oleh pemainnya, sedangakan untuk harpa besar biasanya diletakan di atas lantai.

Adapun tokoh pemain harpa professional  yang sangat terkenal diantaranya yaitu ; Maria Pratiwi, Rama Widi, Jessica Sudarta, Lisa Gracia, Maya Hasan, Donna Angelina, Angela July, Usy Pieter, Mesty Ariotedjo,dll

Baca juga:
Karya Terpopuler