search-button

3 Tips Membeli Ukulele yang Bagus

   
Anak MusikTips Membeli Ukulele yang Bagus dan Berkualitas Terbaik. Ukelele merupakan alat musik yang memiliki bentuk hampir seperti gitar, namun yang membedakannya hanya ukurannya saja, lebih kecil dan memiliki jumlah 4 senar pada umumnya. Ukelele adalah alat musik asli dari Hawaii yang dtemukan sekitar tahun 1878 Baca: (Sejarah Gitar Ukele) Memilih gitar ukulele tidaklah sembarang, karena semakin banyak merek ukulele yang bagus tapi gadungan alias tiruan bukan merk asli gitar tersebut. Salah satu untuk mengetahui merk ukulele original asli atau palsu yaitu dengan melihat bahan jenis kayu yang digunakan, suara, dan harga.

Di Indonesia sendiri alat musik gitar ukulele sering dimainkan bersama musik keroncong, karena memang bunyi dari gitar ukulele "crong, crong, crong". Pada awalnya gitar ukulele ini dibawa ke Pulau Ambon, lalu ke Makasar dan pada akhirnya menjadi alat musik utama Keronconng di Kampung Toegoe, Cilincing, Jakarta Utara. Nah, kembali ke pembahasan. Bagi kamu yang ingin membeli gitar ukulele, sebaiknya baca terlebih dahulu tips berikut ini.

Tips Membeli Ukulele Terbaik Murah dan Berkualitas

Dengan membaca tips memilih dan membeli gitar ukulele yang akan saya sampaikan di bawah ini, setidaknya kamu bisa memilih gitar ukulele yang baik dan tentunya dapat bertahan lama, tidak mudah rusak dan pasti tidak akan salah memilih merk gitar ukulele.

3 Tips Membeli Ukulele yang Bagus

1. Pilih Ukuran Gitar Ukulele yang Pas

Ukulele memiliki banyak ukuran atau model, dari yang terkecil hingga terbesar. Ukuran paling kecil dinamai Soprano, sedangkan ukuran ukulele terbesar dinamai dengan Baritone.

Model kecil SOPRANO berukuran 33 cm dengan tuning G-C-E-A. Model ini sangat saya rekomendasikan bagi pemula. Tentunya karena bentuknya yang kecil, ramping dan mudah dibawa kemana saja.

Model CONCERT memiliki ukuran 38 cm dengan tuning G-C-E-A. Model ukulele ini biasanya digunakan oleh musisi-musisi profesional untuk pentas di atas panggung. Dengan ukuran yang pas tidak terlalu kecil dan tidak terlalu besar, saya sarankan kamu membeli gitar ukulele model ini.

Sedangkan yang ke 3 adalah Model Ukulele TENOR. Ukuran panjang dari ukulele tenor ialah 43 cm dengan tunning G-C-E-A atau D-G-B-E. Dan terakhir model ukulele yang palng besar dengan panjang 48 cm tuning D-G-B-E adalah Ukulele BARITONE.
Pilih Ukuran Gitar Ukulele yang Pas

2. Jenis Kayu atau Material Gitar Ukulele

Untuk menghasilkan suara yang lembut dan indah tentu saja membutuhkan material yang baik. Terdapat berbagai jenis kayu yang digunakan untuk gitar ukulele, diantaranya: Akasia, Rosewood, Cedar, Mangga, dan lain-lain.

Di Hawaii sendiri gitar ukulele yang digunakan pada umumnya terbuat dari bahan kayu Koa. Jenis kayu ini dapat membuat suara gitar ukulele lebih hangat dan indah. Namun sayangnya ukulele dengan kayu Koa memiliki harga yang sangat mahal.
Jenis Kayu atau Material Gitar Ukulele
Namun jangan khawatir, jika kamu ingin memiliki gitar ukulele bagus dengan harga terjangkau, kamu dapat memilih gitar ukulele yang terbuat dari bahan kayu Mahoni. Kayu Mahoni juga bisa membuat gitar ukulele terdengar lembut dan indah, dan tentunya jenis ukulele berbahan seperti ini sangat mudah kita temui. Selain jenis kayu Koa dan Mahoni, ada juga kayu Rosewood dan Cemara.

Baca juga:

3. Merek Gitar Ukulele yang Bagus

Merek menentukan juga harga dari kualitas dan ketahanan. Memilih merk ukulele yang bagus adalah hal yang sangat penting untuk diutamakan. Merk gitar ukulele yang populer diantaranya: Kamaka, Pono, Lanikai, Mahalo, Kala, Luna dan Kanilea. Jika kamu membeli gitar ukulele dengan salah satu merk tersebut, pastikan bukan produk KW atau Replika.
Merek Gitar Ukulele yang Bagus
Itulah beberapa tips membeli gitar ukulele yang bisa saya sampaikan. Jadi kesimpulannya ialah: Pertimbangkan terlebih dahulu semua aspek seperti merk dan uang (budget) yang kamu miliki. Kamu juga perlu membandingkan jenis gitar ukulele yang kamu pilih di berbagai toko alat musik online maupun online.