search-button

Tips Cara Merawat Flute Yang Mudah Bagi Pemula

   
Anak MusikTips Cara Merawat Flute Yang Mudah Bagi Pemula. Kali ini saya akan berbagi tentang tips merawat flute dengan baik dan benar. Cara merawat flute disini akan saya paparkan secara lengkap supaya nantinya flute yang kamu miliki tetap bersuara indah dan berumur panjang. Harga flute terbilang cukup mahal bagi pemula, yakni sekitar 3 hingga 5 juta rupiah. Jadi, sangat disayangkan jika kamu tidak merawat flute secara baik-baik.

Flute adalah alat musik tiup yang memiliki karakter suara lembut, bisa juga dikombinasikan dengan berbagai alat musik lainnya. Bahan alat musik flute modern yang digunakan oleh para flutist profesional biasanya terbuat dari bahan perak, emas atau kombinasi dari keduanya. Sedangkan bahan flute bagi pemula yang sedang belajar di sekolah musik maupun belajar flute secara otodidak biasanya terbuat dari bahan nikel dan perak, maupun logam yang dilapisi dengan perak. Alat musik Flute sangat membutuhkan perawatan yang rutin seperti hal nya dengan alat musik lain, agar kulaitas suara yang dihasilkan tetap terjaga baik.

Tips dan Cara Merawat Flute Yang Baik dan Benar

Bagi kamu pemula yang masih belum tahu cara merawat flute dengan baik, silahkan simak tips merawat flute yang mudah berikut ini:

Baca juga:
 
  1. Sebelum kamu memainkan alat musik flute, sebaiknya oleskan slide greese pada bagian foot joint dan head joint.
  2. Jika flute sudah selesai dimainkan, bersihkan bagian dalam flute (head joint, foot joint dan body) menggunakan kain polishing gauze yang dililitkan pada cleaning rod hingga bagian tersebut kering.
    Tips dan Cara Merawat Flute Yang Baik dan Benar
  3. Bersihkan juga bagian permukaan pad menggunakan powder atau dengan cleaning paper. Caranya yaitu dengan menempelkan powder paper pada tone hole flute, dan tekan key. Lalu tarik powder paper secara perlahan.
  4. Aplikasikan pelumas pada key post dengan menggunakan key oil supaya kerakan key tetap lancar dan tidak mengalami noise.
  5. Bersihkan lapisan luar flute (head joint, foot joint, dan body) menggunakan kain atau lap polishing cloth yang telah diberi cairan silver polish.

Itulah tips cara merawat flute dengan mudah dan baik. Semoga tips di atas dapat menjaga kualitas flute yang kamu miliki tetap baik, dari suara maupun keawetannya.