search-button

Cara Meluruskan Neck Atau Stang Gitar yang Bengkok

   
Anak MusikCara Meluruskan Neck Atau Stang Gitar yang Bengkok. Banyak cara untuk mengatasi neck gitar bengkok agar kembali normal dan menghasilkan suara yang indah seperti semula. Namun sebelum itu mari kita ketahui terlebih dahulu, apa sih penyebab utama yang menyebabkan stang atau neck gitar bengkok? Hal yang dapat menyebabkan stang / leher gitar bengkok atau mudah patah adalah menyimpan gitar dengan posisi sembarangan.

Tentu saja semua orang yang bisa atau yang sedang belajar gitar kadang lupa menaruh atau menyimpan gitar dimana saja, seperti hal nya di atas kasur, di kursi, atau menyimpan gitar di dinding begitu saja tanpa penyangga. Padahal hal-hal sederhana seperti itu patut diperhatikan. Terlalu lama kita membiarkan kondisi gitar seperti itu, maka akan membuat bagian-bagian gitar tidak teratur, dan akan mengakibatkan bagian stang, neck, atau leher gitar bengkok dan lama-kelamaan akan patah juga.

Cara Meluruskan Neck Atau Stang Gitar yang Bengkok

Bengkok atau melengkungnya neck gitar bisa dirasakan pada bagian fret senar. Bagian senar akan mengangkat dan terasa dalam saat kita menekan not-not kunci gitar. Atau kita bisa juga melihatnya dengan mata satu (satu mata tertutup) dan lihat dari bagian lubang suara hingga ujung. Untuk cara lain mengetahui neck atau stang gitar yang tidak lurus, kamu bisa melihatnya dari bagian atas:

  • Jika di bagian tengah terdapat rongga atau senar gitar tidak menempel pada bagian fret, maka Neck tersebut dipastikan bengkok (Cekung).
  • Jika bagian tengah terlihat lebih menonjol dibandingkan kolom lain, maka Neck tersebut bengkok (Cembung)
  • Jika senar menempel pada semua fret gitar dan tidak terlihat bengkok, maka Neck gitar yang kamu miliki Normal (Lurus)
    Cara Meluruskan Neck Atau Stang Gitar yang Bengkok
Baca juga:

Meluruskan Neck Atau Stang Akustik atau Elektrik Bengkok
Meluruskan Neck Atau Stang Gitar Akustik dan Listrik

  1. Pastikan gitar yang kamu miliki memiliki Truss Rod atau besi di dalam Neck, gitar kualitas medium ke atas pasti ada. Biasanya posisi pemutarnya berada di pangkal Neck (gitar akustik) atau di ujung Neck (gitar atau bass elektrik).
  2. Jika Neck bengkok cembung, putar besi Truss Rod tersebut menggunakan kunci L berlawanan arah jarum jam.
  3. Jika Neck bengkok cekung, putar besi Truss Rod tersebut menggunakan kunci L searah jarum jam.

Itulah cara meluruskan stang atau neck gitar yang bengkok. Namun tidak terdapat ketentuan harus berapa kali kita memutarnya, tergantung tingkat kebengkokan yang dialami oleh gitar. Jika gitar yang kamu miliki tidak terdapat Truss Rod, berarti Neck Atau Stang Gitar Bengkok tidak bisa lagi diperbaiki.