search-button

Cara Membuat Capo Gitar Sederhana dan Mudah

   
Anak MusikCara Membuat Capo Gitar Sederhana dan Mudah. Fungsi capo gitar adalah untuk meninggikan nada gitar dari sebelumnya. Cara menggunakan capo sangat mudah, kita hanya perlu menempelkanya (menjapit) pada bagian stang (fretboard) gitar. Harga capo gitar paling murah berkisar antara Rp. 10.000 hingga Rp. 30.000, dan itu biasanya terbuat dari bahan plastik. Sedangkan capo gitar yang bagus biasanya terbuat dari bahan besi dan karet dengan harga pasaran Rp. 50.000.

Sebagai sarana informasi dan pengetahuan, saya akan mengajak kalian untuk membuat capo gitar sendiri dari bahan bekas. Terdapat beberapa bahan-bahan sederhana yang bisa kita buat untuk sebuah capo gitar, misalnya membuat capo dari pensil dan karet seperti yang akan saya paparkan di bawah ini.

Cara Membuat Capo Gitar Sederhana dan Mudah

Cara Membuat Capo Gitar dengan Pensil dan Karet


Siapkan Pensil beserta beberapa karet gelang. Ikatkan karet dan pensil pada bagian (fretboard) gitar, seperti di bawah ini. Untuk menghasilkan suara yang jernih, pastikan semua senar tertekan oleh  pensil dengan rapat.
Cara Membuat Capo Gitar Menggunakan Pensil dan Karet
Itulah cara membuat capo gitar menggunakan pensil dan karet. Tapi, pengalaman saya pribadi hal ini masih banyak memiliki kekurangan, yakni semua bagian senar tidak terjepit rapat, sehingga suara gitar pun berbunyi jelek. Sebagai penyempurnaan, saya akan berbagi trik bagaimana cara membuat capo gitar sederhana menggunakan klem/penjepit rautan pensil.

Baca juga:

Cara Membuat Capo Gitar Sendiri

Siapkan Klem/Penjepit rautan pensil dan Pensil, lalu pasangkan seperti gambar di bawah ini.
Cara Membuat Capo Gitar Sederhana dan Mudah
Capo alternatif dari klem/penjepit rautan pensil ini berhasil menjepit semua senar tanpa adanya bunyi mati, dan dengan menggunakan capo buatan sendiri kita dapat dengan mudahnya meninggi atau rendahkan nada dari bunyi gitar yang kita genggam. Selengkapnya: Fungsi Capo (Aksesoris) Pada Gitar Akustik