search-button

10 Aksesoris Gitar Akustik dan Harganya

   
Anak MusikAksesoris Gitar Akustik dan Harganya. Gitar akustik adalah jenis gitar yang sering kita temui dibandingkan gitar listrik atau elektrik. Gitar akustik atau sering kita sebut dengan gitar kopong merupakan gitar yang dapat menghasilkan suara tanpa perlu adanya arus listrik. Walaupun begitu, tapi gitar akustik dapat juga disambungkan ke amplieper seperti halnya gitar listrik. Untuk menambah suara gitar akustik menjadi lebih renyah dan merdu, terdapat beberapa perlengkapan aksesoris gitar akustik yang bisa kita coba.

Memiliki gitar yang menghasilkan suara merdu adalah dambaan bagi seorang pemain gitar, namun perlu ketahui juga bahwa kualitas suara gitar dapat bertambah baik lagi jika kita menggunakan aksesoris pada gitar akustik yang kita gunakan. Seperti halnya capo untuk mengatur tingginya nada, pick yang dipasang pada jari agar senar yang dipetik lebih menghasilkan suara yang jernih, tuner, strap dan sebagainya. Apa saja sih aksesoris gitar akustik yang bisa kita ketahui?

Daftar Aksesoris Gitar Akustik dan Harganya

Di bawah ini saya akan memberikan informasi mengenai aksesoris gitar akustik dan harganya Aksesoris-aksesoris ini dapat menjaga kualitas suara maupun menjaga kondisi gitar akustik yang kamu miliki lebih awet dan lebih tahan lama lagi dimiliki.

1. String Winder

Alat ini berfungsi untuk memutar tuning atau peg gitar agar lebih cepat dan mudahg. String Winder digunakan saat kita ingin melepas senar gitar saja, bukan untuk menyetem gitar. Harga String Winder Gitar Akustik berkisar Rp. 50.000.

2. Case

Case atau sering kita sebut dengan tas gitar memiliki dua jenis, hardcase dan softcase. Keduanya memiliki fungsi yang sama, untuk menjaga gitar dari debu dan memudahkan kita dalam membawa gitar akustik ke tempat yang akan kita tuju. Hardcase merupakan tas gitar yang terbuat dari bahan kayu atau plastik dan Softcase sendiri terbuat dari bahan kain tebal. Harga softcase gitar berkisar 100 ribu dan harga hardcase gitar berkisar antara 500 hingga 600 ribu, tergantung kualitasnya.

3. Tuner

Jika kamu ingin menyetem gitar dengan cepat dan mudah, kamu dapat menggunakan alat tuner gitar akustik berikut ini. Alat ini mampu mendeteksi dan menampilkan pitch saat gitar dimainkan. Ada jenis beberapa jenis tuner gitar yang bisa kita gunakan, seperti portebel berbentuk kotak yang bisa disimpan disaku, dan ada juga tuner klip yaitu tuner gitar yang dijepit pada bagian headstock. Harga Tuner Gitar Akustik berkisar Rp. 100.000 hingga Rp. 500.000 tergantung merk dan penawaran dari toko tempat jual aksesoris gitar.

4. Strap

Strap merupakan alat bantu untuk menahan gitar akustik saat dimainkan. Dengan menggunakan strap, kita dapat memainkan gitar sambil berdiri. Harga Strap Gitar Akustik berkisar Rp. 50.000 hingga Rp. 200.000, tergantung kualitas strap gitar akustik yang kita inginkan.

5. Pick

Pick merupakan alat bantu untuk memetik senar gitar. Selain dapat menjaga tangan dari rasa sakit, pick juga berpengaruh terhadap suara yang dihasilkan gitar. Terdapat dua tipe pick untuk gitar akustik, yang satu dimasukan ke dalam jari-jari tangan dan tipe satunya lagi diapit oleh ibu dan telunjuk jari. Harga pick sendiri berkisar Rp. 15.000 hingga Rp. 30.000.
Baca juga:

6. Hanger dan Stand Gitar

Kegunaan dari aksesoris gitar akustik ini adalah untuk menyimpan gitar ditempat yang aman. Jika kamu ingin menyimpan gitar akustik di dinding kamar, kamu dapat menggunakan hanger, dan jika kamu ingin menyimpan gitar akustik di bawah tepatnya dilantai, pastikan memilih stand gitar seperti gambar di bawah ini. Harga stand Gitar akustik berkisar 100.000 dan harga hanger gitar akustik berkisar 25.000.

7. Capo

Capo alat jepit yang selalu kita lihat di leher gitar akustik yang berguna untuk menaikkan nada dasar gitar. Harga capo gitar akustik berkisar Rp. 50.000.

8. Screeching Halt

Screeching Halt berguna untuk menutup lubang pada gitar akustik yang kita miliki, tujuannya agar tidak mengalami feedback saat dimainkan. Screeching Halt juga dapat meningkatkan suara gitar akustik lebih bagus lagi. Harga Screeching Halt gitar akustik berkisar Rp. 100.000.

9. Slider

Jika kalian suka memainkan genre musik musik country dan bluse kalian perlu menggunakan Slider untuk teknik slide. Cara penggunaannya sangat mudah, kita hanya perlu memasukkannya ke jari kelingking atau jari manis pada slider yang berbentuk silinder ini. Harga slide gitar akustik berkisar Rp. 20.000 hingga 25.000.

10.Footstool

Harga footstool gitar akustik berkisar Rp. 100.000. Fungsi Footstool Gitar Akustik!

Itulah beberapa aksesoris gitar akustik yang mungkin saja kalian belum pernah mencobanya. Harga-harga aksesoris gitar akustik tersebut dapat berubah sesuai waktu dan tergantung penawaran toko akesesoris gitar di kota kamu.