search-button

Mengenal Peralatan DJ Dan Fungsinya

   
AnakmusikMengetahui peralatan DJ dan Fungsinya. Dalam menunjang aksinya, seorang DJ harus benar-benar menguasai berbagai macam aspek dari alat-alat DJ beserta fungsinya. Penguasaan mengenai alat tersebut bisa kalian pelajari dari berbagai sumber yang ada. Baik itu buku panduan, maupun les pembelajaran khusus musik DJ.

Sebelum kalian berlatih musik DJ, alangkah baiknya untuk mengenal terlebih dahulu bagian-bagian atau komponen yang terdapat dalam peralatan musik DJ beserta fungsinya, mulai dari yang standard terlebih dahulu. Itu akan lebih baik dan lebih mempermudah kalian ketika hendak akan mempelajari teknik-teknik cara bermain musik DJ untuk tahapan selanjutnya.

Peralatan DJ Dan Fungsinya

Untuk pembahasan kita kali ini, saya sudah menyediakan beberapa peralatan DJ dan fungsinya yang sangat penting untuk kalian ketahui. Peralatan tersebut umum digunakan oleh para disc jockey untuk bermain musik DJ. Beberapa alat tersebut termasuk Input Devices, Processing Devices dan Output Devices, beserta bagian-bagian komponen yang terdapat didalamnya.

1. Input Devices
Apa itu input Devices? Input Devices Yaitu semua peralatan yang mendukung seorang DJ untuk bisa mengasilkan atau menciptakan sebuah suara. Peralatan tersebut meliputi media player dan media penyimpanan data.

Media player berfungsi sebagai pemutar penyimpanan data (kepingan CD), seperti CD Decks dan CD player. Berbeda halnya dengan fungsi dari turn table, alat ini di gunakan sebagai pemutar piringan hitam atau Vinyl, sehingga data-data musik yang terdapat dalam kepingan CD dapat diputar dan dibaca melalui sensor yang terdapat dalam turn table.

Sedangkan untuk media penyimpanan data, berfungsi sebagai penyimpanan data suara yang sudah di rekam sebelumnya dan dimasukan kedalamnya, sehingga dapat diputar kembai melalui media player, untuk di teruskan ke bagian penghasil suara (sound system).

2. Processing Devices
Processing Devices adalah semua peralatan yang dapat memanipulasi berbagai macam suara. Setelah input devices menciptakan suara atau juga sebagai sumber suara, selanjutnya akan di proses melalui processing data oleh seorang DJ. Beberapa peralatan yang terdapat dalam bagian processing Devices meliputi DJ Mixer, Midi Controller dan DJ Headphones.

DJ mixer merupakan bagian yang berada paling tengah dari susunan bagian peralatan DJ . Mixer ini merupakan alat bantu untuk seorang disc jockey agar bisa bermain melalui signal suara yang masuk dari input devices sebelum suara keluar dari sound system. Alat ini berfungsi untuk mengatur volume pitch, trable, middle, bass, effects dan juga sebagainya.
Fungsi utama dari Midi Controller yaitu  untuk mempermudah mengoperasikan software yang dipakai. Controller ini biasanya digunakan oleh seorang DJ yang menggunakan laptop maupun komputer yang disambungkan dengan midi controller, untuk kemudian di sinkronisasikan dengan software yang di pakai untuk beraksi.

Headphones merupakan bagian penting yang dipakai oleh seorang DJ. Alat ini berfungsi untuk memonitor suara yang masuk kedalam mixer. Dengan menggunakan headphones, seorang DJ akan lebih mudah menangkap suara yang keluar, sehingga untuk mengatur cue, tempo, equalizing, volume, dan lain sebagainya, dapat lebih tepat dan lebih harmony.
Mengenal Peralatan DJ Dan Fungsinya
Ilustrasi Peralatan DJ
3. Output Devices
Output ini merupakan peralatan yang mampu menghasilkan sekaligus memperkeras suara yang keluar, baik suara yang berbentuk langsung yang di pancarkan melalui speakers, maupun gelombang frequensi radio. Peralatan yang termasuk kedalam output devices yaitu pemancar gelombang dan Sound System.

Pemancar gelombang merupakan sebuah alat yang berfungsi untuk memancarkan atau membagikan sinyal audio, sekaligus gelombang frequensi yang bisa di terima pendengar menggunakan radio set.

Sound system merupakan gabungan dari beberapa speakers, yang tentu saja berfungsi untuk memperkeras suara yang keluar. Dalam musik DJ, power sound yang di pakai selalu disesuaikan dengan venue atau tempat yang dipakai seorang DJ untuk menggelar konsernya. Hal ini bertujuan agar suara yang di hasilkan bisa terdengar sempurna dan tidak berlebihan.

Itulah beberapa bagian atau komponen yang sangat penting untuk kalian ketahui. Mengenal Peralatan DJ dan Fungsinya terlebih dahulu, akan lebih baik dan mempermudah kalian ketika memiliki peralatan untuk bermain musik DJ.

Baca juga: