search-button

Cara Menyanyi Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

   
AnakmusikCara Menyanyi Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula. Dalam dunia tarik suara, perlu diperhatikan beberapa hal khusus untuk mendapatkan kualitas suara yang baik, bagus, harmony dan powerful. Caranya yaitu dengan melatih beberapa teknik dasar menyanyi yang baik dan benar. Dengan cara begitu, keselarasan antara nada dan suara mampu menentukan tinggi rendahnya sebuah nada untuk dapat dikuasai sepenuhnya.

Menjadi seorang penyanyi yang handal tidak terlepas dari kata berlatih mengolah vokal. Untuk mendapatkan penguasaan vokal, kalian bisa melakukannya sendiri (otodidak) atau juga bisa dipandu oleh tenaga profesional, yang memang memiliki kemampuan khusus dalam bidang olah vokal. Dengan melatih vokal, kalian akan lebih mudah menguasai tinggi rendahnya suatu nada, sekaligus mendapatkan penguasaan pernapasan yang baik dan benar.
Cara Menyanyi Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Cara Menyanyi Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula

Bagi kalian para pemula, jangan berkecil hati jika suara yang kalian miliki pas-pasan. Latihlah terus-menerus. Dengan begitu, pasti suara yang kalian miliki akan menjadi lebih bagus, serta memiliki karakter vokal tersendiri. Artikel ini “Belajar Cara Menyanyi Yang Baik Dan Benar Bagi Pemula” adalah cara yang tepat untuk kalian pelajari. Mulailah dari yang mendasar terlebih dahulu agar ketika melanjutkan pembelajaran ketahap berikutnya, kalian akan lebih mudah untuk menguasainya. Ada beberapa cara yang perlu kalian perhatikan dan pelajari dalam melatih teknik vokal, diantaranya yaitu :

1. Artikulasi

Artikulasi yaitu ketepatan pengucapan kata dengan benar dan jelas. Mulailah dengan cara melatih artikulasi dari kata yang biasa, sampai yang lebih rumit. Lakukanlah dengan kecepatan yang rendah terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan kecepatan yang lebih tinggi lagi, sampai kalian benar-benar mampu untuk mengucapkan kata dengan benar ketika menyanyikan sebuah lagu.

2. Teknik Pernapasan

Dalam mengolah vokal, pernapasan merupakan hal yang sangat penting untuk dikuasai. Jika teknik ini tidak mampu untuk kalian kuasai, otomatis vokal tidak akan stabil, sehingga ketika bernyanyi suara yang di hasilkan pasti tidak sesuai dengan nada/fals. Teknik pernapasan vokal ini dibagi menjadi 3 bagian, yaitu pernapasan perut, dada dan diafragma.

Teknik Pernapasan perut akan melatih beberapa bagian tubuh belakang, sehingga posisi tubuh ketika bernyanyi akan lebih stabil. Sedangkan untuk teknik pernapasan diafragma, bisa membuat suara menjadi lebih panjang serta melengking, sehingga nada menjadi lebih harmony dan enak untuk didengarkan.

3. Kekuatan Vokal

Kekuatan vokal bukan berarti harus berteriak sekeras-kerasnya, tetapi ketepatan suara yang harus tetap terdengar jernih. Jika penguasaan pernafasan sudah bagus, baik, dan benar, maka kekuatan suara mampu untuk kalian keluarkan. Untuk cara melatih teknik kekuatan vokal, kalian bisa melakukannya dengan cara meniup sebuah benda yang ringan, seperti lilin, kertas, tisue,dan dan sebagainya. Tempatkan dari jarak 1 meter hingga benda tersebut bergerak. Lakukan 20-30 kali sehari untuk mendapatkan power vokal kalian.

4. Mulailah Bernyanyi

Ketika kalian berlatih segala keperluan dalam mengolah vokal, selingilah dengan menyanyikan beberapa lagu yang memiliki nada tinggi dan nada rendah, sampai lagu tersebut mampu untuk kalian kuasai. Dengan Cara melatih vokal seperti itu, kalian akan terbiasa ketika menyanyikan lagu baru yang memang memiliki nada tersebut.

Itulah benerapa bagian awal yang harus kalian kuasai dalam bernyanyi. Tips Cara Menyanyi Yang Baik Dan Benar seperti di atas sangat mudah sekali bukan?

Baca juga: