search-button

5 Tips Remix Lagu Yang Mudah Untuk Pemula

   
Karya Terpopuler
Anakmusik5 Tips Remix Lagu Yang Mudah Untuk Pemula. Meremix lagu memanglah pekerjaan yang sangat mengasyikan. Seakan semua imajinasi tumpah dalam sebuah lagu. Pengubahan bagian lagu yang memiliki nuansa lebih indah, lebih mewah dan tidak membosankan untuk di putar berulang kali. Setiap orang yang akan membuat remix lagu masing-masing memiliki cara remix lagu yang mudah dan berbeda-beda bagi mereka untuk di pahami. Penambahan elemen-elemen dalam setiap lagu yang akan di remix memang tidak sembarangan, harus di pertimbangkan terlebih dahulu agar menghasilkan musik yang maksimal.

Meremix memang bukanlah hal yang mudah, tidak sembarangan orang bisa melakukannya. Hanya merekalah yang ahli dalam pekerjaan ini. Mereka memikirkan terlebih dahulu bagaimana konsep yang akan di tuangkan pada sebuah lagu yang akan di remix. Membuat remix lagu yang mudah namun menghasilkan suatu karya yang maksimal adalah bahan utama ketika akan menciptakan sebuah konsep yang berbeda. Dengan begitu semua rencana sudah tersusun dan tertata rapih.

5 Tips Remix Lagu Yang Mudah Untuk Pemula

Jika kalian ingin memiliki kemampuan menciptakan sebuah remix lagu dan bagaimana caranya untuk menghasilkan musik yang memiliki nuansa baru? Tenang, saya memiliki  5 Tips Remix Lagu Yang Mudah Untuk Pemula. Cara ini memang sangat efektif untuk tahap pembelajaran awal yang gampang dan mudah di pahami ketika akan membuat mixing lagu.
  1. Pahami terlebih dahulu genre dari lagu yang akan kita konsep. Hal ini bertujuan untuk menentukan bagaimana kita akan membuat atau menambahkan elemen-elemen dalam musik yang akan kita remix. Misalnya, ketika kita akan membuat lagu bergenre hip hop, electro atau pun house, maka kita harus paham dulu bagian struktur lagunya. Jangan sampai ketika kita ingin mengubah jenis lagu tersebut tidak sesuai harapan karena tidak mengetahui karakteristik dari lagu yang akan kita konsep.
  2. Menentukan nada dasar lagu. Ini adalah langkah yang sangat penting, karena penentuan nada akan menentukan keindahan dan ketepatan sehingga menghasilkan lagu yang harmonis. Dari kebanyakan lagu DJ versi original mix, biasanya menggunakan pertengahan tangga nada (C, D, E, F, G, A, B dan nada naik/oktaf). Namun jika anda ingin mencoba hal yang baru dan lebih berbeda dari kebanyakan remix lagu, kenapa tidak? Karena jalan itulah yang bagus untuk mempercepat kemajuan karier. Kenapa petengahan tangga nada sering di ambil ? Sederhana saja, alasannya agar remix yang di hasilkan bisa kita nikmati sendiri dan di mainkan untuk perfom agar orang bisa berdansa. Namun untuk remix, sebaiknya kita tidak menggunakan nada yang rendah, seperti C Do yang memiliki nada rendah. karena akan membuat remix lagu berkesan tidak menyenangkan dan tidak menunjukan gairah emosinya. Itulah yang menyebabkan remix lagu terkesan biasa saja.
  3. Lakukan dari bagian yang mudah terlebih dahulu. Cara ini di lakukan untuk mempermudah langkah selanjutnya. Misalnya dengan membuat beat nya terlebih dahulu. Jika beat sudah selesai di buat, termasuk juga setingan sound dan proses yang lainnya sudah jadi, lanjutkan ke bagian bassline, dan jangan dulu membuat melodinya. Karena jika kita belum menguasai cara membuat melody remix yang benar, itu hanya akan membuat kita pusing dan malah bosan sendiri. Lakukanlah dari yang memang kita kuasai terlebih dahulu, baru lanjut ke bagian lainnya sembari di pelajari juga.
    5 Tips Remix Lagu Yang Mudah Untuk Pemula
  4. Tidak terburu-buru menyelesaikan lagu. Jangan terburu-buru ingin mempubilkasikan musik yang sudah kita buat. Coba perdengarkan kembali secara berulang-ulang. Dengan begitu, kita akan tahu kekurangan dan bagian mana yang masih terdengar hambar.
  5. Mulailah dengan lagu yang sederhana. Untuk mengawalinya, kita bisa memilih lagu mana yang memiliki chord dan element musik yang sederhana. Misalnya lagu dari nada E. lalu kita tinggal mengolah nadanya. Cukup 1-2 lagu saja untuk mengawali proses awal ini. Karena lagu DJ lagu yang mengharuskan bisa membuat orang bergembira. Jadi agak sulit memang, racikan lagunya harus benar-benar pas, agar tidak berkesan naik turun seperti bagian yang ada beatnya, terkecuali di bagian floating. Dalam bagian ini kita harus bisa mengolah ritme dan nadanya.

Itulah pembahasan pembelajaran kita kali ini, semoga kalian yang ingin belajar bisa mendapatkan hasil yang maksimal mungkin dengan membaca 5 Tips Remix Lagu Yang Mudah dari kutipan artikel di atas. Sebenarnya kita juga bisa menjadi ahli dalam hal meremix lagu, namun di perlukan kerja keras untuk bisa menjadi pencipta lagu remix terbaik di dunia. Semua memang ada prosesnya, bukan hanya sekedip mata mereka-mereka bisa membuat karya yang maksimal. Namun, dengan usaha dan semangat yang terus-menerus, hingga akhirnya mereka  menjadi mahir dalam urusan meremix lagu.

Baca juga: