search-button

Cara Belajar Menyanyi Nada Tinggi Untuk Pemula

   
Anakmusik - Cara Belajar Menyanyi Nada Tinggi Untuk Pemula. Memiliki suara merdu memanglah dambaan semua orang, apalagi jika mempunyai suara tinggi. Untuk beberapa orang, mungkin bernyanyi sudah menjadi bakat alami yang di anugerahkan tuhan. Sehingga ketika menyanyi, mereka tidak menemukan lagi banyak kesulitan, dan lebih mudah untuk beradaptasi dengan musik yang lebih modern. Namun dibalik semua itu,  tentu saja mereka juga tetap harus mempelajari teknik vokal yang baik dan benar, agar suara yang di hasilkan menjadi lebih indah lagi untuk didengarkan. Pasti semua penyanyi pernah belajar bernyanyi dengan menggunakan nada tinggi. Memang nada tersebut lebih banyak disukai ketimbang bernyanyi dengan nada yang biasa saja. Karena ketika bernyanyi dengan nada tinggi, emosi yang dihasilkan lebih besar, sehingga dapat membuat pendengarnya bisa merasakan apa pesan dari lagu tersebut.

Pernahkah ketika kalian ingin bernyanyi menemui kesulitan karena nada dari lagu tersebut terlalu tinggi? untuk beberapa orang mungkin pasti pernah mengalaminya, apalagi untuk seorang pemula yang baru belajar bernyanyi otodidak, itu akan agak sangat sulit jika memang tidak memiliki bakat dalam bernyanyi menggunakan nada tinggi. Tapi sebenarnya, semua orang bisa bernyanyi menggunakan nada tersebut, asalkan saja tahu bagaimana cara belajar bernyanyi menggunakan nada tinggi. Bukan hanya orang-orang yang memang sudah memiliki bakat bernyanyi bisa menguasai teknik tersebut, tetapi kalian juga bisa menguasainya dengan mengembangkan teknik vokal secara bertahap.

Cara Belajar Menyanyi Nada Tinggi Untuk Pemula

Untuk sebagian orang mungkin berfikir, bernyanyi dengan menggunakan nada tinggi sangatlah sulit untuk dikuasai. Tapi sebenarnya itu sangat mudah, asalkan kita sering berlatih dengan benar dalam waktu yang efektif atau teratur, serta diikuti pola hidup yang sehat. Lalu bagaimana Cara Belajar Menyanyi menggunakan Nada Tinggi Untuk Pemula?

Di bawah ini kami menyediakan beberapa tips pola latihan vokal yang baik untuk kalian pelajari. Ini akan membantu kalian dalam menguasai menyanyi dengan nada-nada tinggi.

  1. Awali Dengan Mengubah Pola Hidup Yang Baik. Jika kalian ingin benar-benar menguasai vokal nada tinggi, sebaiknya awali terlebih dahulu dari kebiasaan yang baik untuk pernapasan. Terapkan gaya hidup baru yang dapat menjaga kesehatan pita suara. Seperti rajin untuk bangun pagi, meminum segelas air putih hangat, tidak memakan makanan yang memiliki banyak lemak, perbanyak minum air putih minimah 8 liter sehari, serta rajinlah untuk meminum teh hangat untuk melepaskan pita suara. Cara Bernyanyi dengan nada tinggi memerlukan teknik yang benar, bukan hanya sekedar berteriak maupun menjerit. Jika salah, bisa-bisa pita suara kita pecah, dan itu akan sangat fatal akibatnya. Perbanyaklah melakukan olahraga yang melatih pernapasan, seperti renang dan juga jogging untuk menambah kekuatan pita suara kalian.
  2. Pemanasan Sebelum Memulai Bernyanyi. Biasakan terlebih dahulu pemanasan sebelum memulai latihan. Hal ini bertujuan agar otot-otot kita tidak tegang, sehingga suara yang keluar tidak serak. Dengan latihan yang berkepanjangan, suara kalian akan terus menjadi lebih baik. Untuk pemanasan, caranya kalian hanya perlu menyanyikan bunyi ”Do”, ”Re”, ”Mi”, ”Fa”, ”Sol”, ”La”, ”Si”, ”Do”, dimulai dari oktaf yang rendah sampai oktaf yang tinggi. Cukup lakukan pemanasan beberapa menit saja sebelum memulai latihan, agar suara kalian relax dan tidak habis ketika akan mulai menyanyikan lagu. Dengan begitu, kalian akan terbiasa menyanyi dengan nada tinggi tanpa kehabisan suara.
    Belajar Menyanyi Nada Tinggi Untuk Pemula
  3. Latihan Pernapasan. Hal yang paling penting dalam bernyanyi adalah pernapasan. Jika kalian sudah bisa mengatur serta mengolah pernafasan, ini akan menjadi lebih mudah lagi ketika mempelajari teknik bernyanyi yang lainnya. Pernapasan juga ialah sebuah kunci untuk menguasai nada tinggi, karena diperlukan pernapasan yang panjang ketika melakukannya. Cara melatihnya ialah dengan mengambil napas secara perlahan selama yang kalian mampu, namun tidak di paksakan untuk mengambil nafas berlebihan. Jika sudah mentok, keluarkan secara perlahan sampai nafas keluar semua, lakukan minimal 5 menit setiap pagi selepas bangun tidur. Dengan begitu, jika semakin sering melakukan latihan tersebut, otomatis pernapasan kalian akan menjadi lebih panjang dari yang sebelumnya.
  4. Melatih Kekuatan Tenaga Vokal. Untuk bernyanyi dengan nada tinggi, diperlukan tenaga vokal yang kuat, tidak cukup dengan hanya mempunyai pernafasan yang panjang. Dengan menguasai keduanya, ketika bernyanyi kalian akan dapat menghasilkan nada tinggi yang stabil dan tidak membahayakan pita suara. Cara melatih tenaga vokal cukup dengan mencoba meniup benda yang ringan, maupun juga bisa dengan menggunakan lilin. Tepatkanlah benda pada jarak 1 meter di depan kalian, lalu cobalah untuk meniup benda tersebut sampai bergerak. Dan jika dirasa pada jarak yang sama kalian sudah mampu, cobalah untuk menempatkannya lebih jauh lagi. Lakukan hal tersebut dengan relax, jangan terlalu dipaksakan.
    Cara Belajar Menyanyi Nada Tinggi Untuk Pemula
  5. Mulailah Mencoba Untuk Bernyanyi. Dalam proses latihan untuk bernyanyi dengan nada tinggi, seringlah untuk menyanyikan lagu dengan nada yang tinggi, sampai menemukan titik oktaf terkuat yang kalian mampu. Posisikan tubuh dengan benar, agar ketika bernyanyi suara yang di hasilkan bisa menjadi lebih lepas. Cara yang benar ketika bernyanyi inilah yang membuat percaya diri kalian meningkat, sehingga ketika bernyanyi pun akan lebih relax dan enjoy. Lakukanlah berulang kali cukup dengan satu lagu saja, sampai kalian benar-benar menguasai lagu tersebut. Jika sudah terbiasa, kalian akan lebih mudah lagi ketika akan menyanyikan lagu baru yang memiliki nada yang lebih tinggi lagi.

Lakukanlah dengan konsisten dan yang paling penting jangan terburu-buru untuk ingin cepat menguasainya. Cara Belajar Menyanyi Nada Tinggi Untuk Pemula haruslah dilakukan perlahan-lahan. Jika terlalu memaksakan, itu akan sangat berbahaya bagi kesehatan pita suara kalian. Dan, kesehatanlah yang paling utama.

Baca juga: