search-button

Belajar DJ Untuk Pemula (Secara Otodidak)

   
Karya Terpopuler
AnakmusikBelajar DJ Untuk Pemula (Secara Otodidak). Untuk menjadi seorang disc jockey, tentu saja harus ada tahap pembelajaran yang khusus, baik itu sekolah, maupun belajar sendiri secara otodidak. Sering sekali terlontar pertanyaan tentang bagaimana cara belajar menjadi seorang dj secara otodidak untuk pemula. Sebenarnya dalam proses ini lebih diajukan untuk mempelajarinya lewat kemampuan diri kita masing-masing. Bagaimana cara kita memecahkan berbagai fungsi dari sebuah alat, dan juga seberapa banyak referensi yang sudah kita baca lalu kita pelajari. Memang, dengan belajar sendiri, kalian bisa lebih leluasa mengeluarkan imajinasi tanpa ada aturan dari orang lain, dan itu akan membuat pikiran kalian menjadi tenang dalam pengerjaannya.

Belajar DJ secara otodidak memanglah membutuhkan waktu yang cukup lama, namun apabila kita giat dan bersungguh-sungguh dalam mempelajarinya, kita akan cepat mudah menguasai teknik-teknik DJ tersebut. Dapat memainkan DJ adalah salah satu hal yang sangat menyenangkan, selain menyalurkan hobi, DJ juga dapat menghasilkan uang yang cukup banyak.

Belajar DJ Untuk Pemula (Secara Otodidak)

Pada tahap pembelajaran, awalilah dengan tahapan yang lebih mudah dulu, kuasai setiap bagian-bagian yang dasar dan tidak terburu-buru ingin mempelajari lebih lanjut. Lalu, bagaimana cara belajar DJ untuk pemula secara otodidak?

  1. Tahapan Awal. Tumbuhkan terlebih dahulu mental kalian, apakah sudah benar-benar siap dan ingin mencoba? Jika hanya untuk sekedar bermain-main saja, sebaiknya urungkan dulu niat untuk menjadi seorang DJ, mengapa begitu? Karena itu hanya akan membuang-buang waktu saja. Untuk menjadi seorang DJ haruslah memiliki kemauan yang lebih, meskipun DJ kebanyakannya lebih condong ke main, tapi pada tahapan awalnya haruslah dilakukan dengan serius. Itulah yang menjadi kunci sukses para DJ yang sekarang lagi buming-bumingnya.
  2. Tahap Lanjutan. Untuk tahap selanjutnya, haruslah mengetahui terlebih dahulu berbagai fungsi-fungsi tombol dari alat dj yang kalian miliki. Jangan sampai ketika ada teman maupun seseorang yang bertanya apa fungsi dari tombol tersebut kalian tidak tahu, itu akan sangat memalukan, padahal kita mempunyai alatnya, tetapi malah kita tidak tahu apa fungsi-fungsinya. Pahamilah terlebih dahulu, sampai kalian sudah benar-benar tahu dari setiap bagian dan komponen yang ada. Jika dirasa sudah menguasai, kalian bisa lanjut ke tahap yang selanjutnya.
    Cara Belajar DJ Untuk Pemula Secara Otodidak
  3. Melatih Kepekaan Telinga. Ketika kalian sudah bisa mengetahui berbagai fungsi dari setiap tombol yang ada, selanjutnya adalah melatih kepekaan telinga kalian. Sebenarnya pada tahapan inilah ujian terberatnya, teknik awal yang bisa membuat kalian putus asa. Tapi jika sudah bisa menguasai teknik ini, dijamin kalian pasti akan lebih mudah lagi untuk menguasai tahapan berikutnya, seperti hal nya memixing lagu. Untuk melatih kepekaan telinga, kalian bisa belajar teknik speed hunting. Apa itu speed hunting? speed hunting merupakan teknik latihan dalam menyamakan ketukan dari 2 lagu di deck A dan B, serta dilakukan tanpa melihat bpm yang tertera dalam alat sampai bisa menyamai dengan ketukan yang sebenarnya. Teknik ini juga biasanya sering diajarkan di sekolah DJ, agar kepekaan telinga dalam menyamakan tempo dengan ketukan bisa lebih akurat. Lakukanlah latihan ini dengan memilih lagu yang memiliki tempo yang rendah, biasanya bpm lagu hanya 115-126, seperti soulful house dan hip hop.
  4. Teknik Cueing. Jika dalam teknik ini belum benar, pasti akan mengalami kesulitan dalam proses melatih kepekaan telinga. tapi bagaimana caranya belajar teknik ini kalau hanya mempunyai DJ controler nya saja? caranya dengan mematikan fungsi auto sync atau auto bpm. Tapi, saya anjurkan untuk tidak menggunakan tombol sync ini, lebih baik future yang menampilkan bpm dimatikan dan ganti ke pitch. Jadi kalian bisa latihan speed hunting secara manual.

Pelajarilah setiap tahapannya, agar setiap bagiannya bisa kalian kuasai dengan baik. Ini hanya tahapan awalnya saja untuk mempelajari bagaimana cara belajar DJ untuk pemula secara otodidak, jika sudah bisa di pelajaran awal, maka lanjutlah ke tahap berikutnya untuk menguasai seluruh teknik-tekniknya.

Baca juga: