search-button

Belajar Cara Menjadi DJ (Disc Jockey) Untuk Pemula

   
Karya Terpopuler
AnakmusikBelajar Cara Menjadi DJ Untuk Pemula. Seorang DJ atau Disc Jockey adalah seseorang yang terampil dalam memainkan, meracik dan memodifikasi musik, serta juga terampil menghibur audiens-audiensnya. Seorang DJ selalu memutarkan lagu yang keras tanpa putus atau menyambung dari lagu satu dengan lagu lainnya, yang sudah di atur sedemikian rupa namun tetap harmony, sehingga dapat membuat semua orang terhibur hanya dengan satu orang yang berada di balik turn table, yaitu Disc Jockey. Menjadi seorang DJ sangatlah mengesankan, selain bisa menghibur orang banyak, ini juga profesi yang menyenangkan dan bahkan profesi tersebut kini sudah banyak sekali diminati, baik laki-laki maupun perempuan.

Untuk menjadi seorang DJ memanglah tidak mudah, selain harus memiliki pengetahuan dan kreatifitas dalam musik, keterampilan dalam menyeleksi sebuah lagu pun sangat diperlukan. Inilah hal pentingnya, jika seorang disc jockey bisa membuat audiensnya masuk kedalam sebuah perjalanan musik yang indah dan menyenangkan, berarti mereka sudah berhasil dan layak disebut sebagai seorang disc jockey profesional dunia. Itu memang bukanlah perkara yang mudah. Namun karena sudah terbiasa, mereka menjadi lebih tahu lagi bagaimana cara membuat semua orang terhipnotis akan lagu yang dimainkannya.

Belajar Cara Menjadi DJ (Disc Jockey) Untuk Pemula

Hal yang diperlukan untuk menjadi seorang DJ, sudah pasti pada tahap awalnya adalah belajar. Tidak begitu saja para Disc Jockey terkenal di dunia pun langsung piawai dalam memainkan musik DJ, mereka juga memiliki tahapan awal yang sama, seperti halnya kalian yang ingin belajar musik DJ. Untuk kalian yang ingin tahu bagaimana cara belajar menjadi DJ, kami sudah menyediakan beberapa cara dan tahapan awal yang baik, sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya. Ini akan membantu anda agar tidak kesulitan ketika mempelajari teknik-teknik DJ selanjutnya.

  1. Kursus DJ. Kini sudah banyak tempat sekolah DJ di Indonesia, salah satunya di Jakarta. Ada beberapa Bpm studio DJ yang menerima jasa bagi pemula yang ingin belajar musik DJ. Setiap sekolah harganya bervariatif, tergantung kelengkapan dan kualias peralatan yang di sediakan. Dengan mengikuti kursus, kalian akan lebih banyak mengetahui teknik yang baik dan benar, sekaligus praktek dengan menggunakan alat DJ yang asli. Bimbingan langsung oleh orang yang memang ahli di bidang tersebut, sudah pasti lebih efektif. Biasanya jika di bawah bimbingan langsung seorang guru, berbagai kesalahan pasti akan di koreksi, sehingga kita menjadi tahu dibagian mana kesalahan maupun kekurangannya.
  2. Belajar DJ Dengan Teman Private. Cara ini juga bisa sangat efektif, jikalau kamu memiliki teman yang memang berprofesi sebagai seorang DJ maupun yang hanya menguasai teknik dasarnya saja. Dengan begitu, kamu bisa sharing dan mempelajari bagaimana cara menjadi seorang DJ yang memiliki teknik mumpuni. Tapi, kamu juga harus mengembangkan teknik tersebut, dengan sesering mungkin mendatangi tempat-tempat yang berbaur dengan musik DJ. Misalnya, club-club malam, cafe, pesta, dan lain sebagainya. Itu akan sangat membantu kamu untuk tahu bagaimana ketika seorang DJ berada di balik turn table sembari memainkan piringan hitam.
    Belajar Cara Menjadi DJ (Disc Jockey) Untuk Pemula
  3. Belajar DJ Secara Otodidak. Hal yang paling penting mempelajari teknik-teknik Untuk menjadi seorang DJ, sudah pasti harus memiliki alat player DJ asli. Harganya memang cukup mahal, untuk CDJ 1000mk2, mixer saja harganya bisa mencapai 15 juta. Dan untuk yang harga secondnya, biasanya berkisar antara 10-8 jutaan, tergantung si penjual mebandrolinya. Tapi tenang, untuk kalian yang ingin belajar menjadi seorang DJ secara praktis dan mudah, kalian hanya perlu  mempunyai laptop maupun PC. Karena sekarang sudah banyak software untuk mempelajari berbagai macam teknik DJ. Beberapa software DJ terbaik dan terpopuler yang banyak digunakan diantaranya: Virtual DJ, traktorDJ, Serato dan masih banyak lagi. Kalian hanya perlu men-download softwarenya, lalu pasang dan sudah bisa dimainkan. Untuk tahap Selanjutnya kamu pelajari terlebih dahulu elemen-elemen yang ada didalam software yang kalian pakai, agar tidak bingung ketika dijalankan.
  4. Pelajari Terlebih Dahulu Teknik Mixing. Untuk menjadi seorang DJ, kamu harus benar-benar menguasai dulu teknik mixing. apa itu teknik mixing? yaitu teknik yang menggabungkan satu lagu dengan lagu yang lainnya, sehingga menjadi lebih harmonis dan tidak berantakan. Ini merupakan seni seorang disc jockey selain penguasaan alat ketika di balik turn table. Kemampuan seorang DJ banyak di uji disini, karena kemampuan mereka dapat dilihat dari kepiawaiannya ketika memixing lagu. Untuk mempelajarinya, disini kamu hanya memerlukan kejelian. Pastikan efek tambahan di setiap bagian yang dirasa masih hambar ataupun kurang pas, sebisa mungkin kamu mengisinya dengan tepat, sehingga lagu memiliki nuansa yang berbeda dan lebih harmonis.

Semoga pembahasan kita tadi bisa sedikit membantu kalian yang ingin tahu bagaimana belajar cara menjadi seorang Disc jockey. Itu hanya baru tahapan awalnya saja, agar kamu lebih leluasa ketika melanjutkan ke tahap berikutnya. Kegagalan memang pasti akan terjadi, namun kalian jangan putus asa, teruslah mencoba dan mencoba, dan itu saya jamin pasti akan berhasil. Karena untuk menjadi seorang DJ, diperlukan juga kesabaran dan tidak terburu-buru.

Baca juga: