search-button

5 Tips Saat Perform Di Pentas Musik

   
Anakmusik5 Tips Saat Perform Di Pentas Musik.Setiap orang pasti akan merasakan gugup ketika berada di depan orang banyak, baik ketika akan berpidato, perform musik, maupun ketika ceramah. Hal itu memang suatu kejadian wajar dan kebanyakan orang pasti mengalaminya. Apalagi baru pertama kali berada di depan orang banyak, meskipun ketika di bawah panggung sudah percaya diri, namun ketika akan perform di atas panggung rasa percaya diri itu seakan kalah dan lenyap begitu saja.

Sebenarnya hal itu bisa kita atasi, dengan berbagai cara yang bisa membuat kita tidak gugup ketika akan perform. Namun yang paling utama adalah pengalaman, karena kita bisa belajar dari pengalaman sebelumnya, agar bisa tampil lebih maksimal lagi. Ada 5 tips saat perform di pentas musik yang bisa membantu anda ketika akan perform. Cara ini sangat membantu, apalagi untuk orang awam.

5 Tips Saat Perform Di Pentas Musik

Penting sekali untuk kita belajar bagaimana cara ketika akan perform. Selain agar penampilan yang maksimal, juga yang terpenting penampilan kita tidak memalukan. 5 tips ketika perform di pentas musik ini bisa menyingkirkan hal tersebut, asalkan kita tidak menjadikan panggung itu adalah musuh. Anggap saja sebagai teman yang sering kita ajak ngobrol dengan terbuka dan tanpa malu kita berbicara.

  1. Pilihlah Lagu Sesuai Kemampuan. Biasanya kebanyakan orang gagal ketika perform di pentas musik adalah dari pemilihan lagu. Mungkin beberapa gitaris maupun penyanyi pernah mengalami hal ini. Ini adalah tips saat perform yang salah. Karena ingin di anggap jago, akhirnya lagu yang susah pun di pilih, padahal itu tidak sesuai dengan kemampuannya. Itu adalah hal yang sia-sia, bukannya tampil maksimal, malah yang di dapat hanyalah minimal. Karena itu, hindarilah hal yang satu ini. Pilih lagu yang memang kita kuasai. Biarpun lagu itu standar, tapi setidaknya kita tidak melakukan kesalahan yang mungkin akan memalukan di atas panggung musik.
  2. Latihan Maksimal. Hal ini sangat penting untuk mengasah kemampuan kita ketika akan perform. Karena Semakin banyak kita melakukan latihan, semakin di kuasai pula materi yang akan kita pentaskan. Inilah tips ketika perform di pentas musik yang menentukan hasil maksimal atau minimal. berlatihlah sampai kita merasa tidak ada lagi bagian-bagian yang bermasalah. Namun, di anjurkan ketika melakukan awal latihan, fokuslah terlebih dahulu pada bagian yang kita anggap sulit, setelah itu tinggal kita gabungkan dengan bagian yang mudahnya.
  3. Pelajari Medan Konser. Sebelum sampai di hari H, sebaiknya kita melihat terlebih dahulu panggung yang akan kita pijak. Pelajari setiap bagian-bagiannya. Jangan sampai ketika hari H kita baru melihat panggung yang nantinya akan di pakai untuk konser, karena tidak sesuai dengan konsep awal yang di bikin, akhirnya penamilan pun kurang maksimal. Ini adalah tips ketika akan perform yang biasanya di abaikan, padahal ini sangat penting sekali agar konsep yang di buat sesuai rencana. Dan kita pun bisa menguasai tempat atau panggung pentas lebih leluasa.
    5 Tips Saat Perform Di Pentas Musik
  4. Siapkan mental akan kemungkinan atau kesalahan yang terjadi. Inilah ketakutan awal yang biasanya di cemaskan ketika akan perform. Itulah yang menyebabkan kepercayaan diri berkurang, dan malah hasilnya akan mengecewakan ketika perform. Jika hal itu terjadi, berpikirlah dengan tenang, jangan cemaskan akan hal itu, tetap tenang dan bayangkan kesuksesannya. Kita hanya perlu tetap tenang jika ada kesalahan di atas panggung. Intinya, jika kita bisa menutupi kesalahan itu, orang-orang pasti akan mengira itu bukanlah kesalahan, mereka berfikir itu adalah sebagian dari konsep.
  5. Anggaplah Penonton Itu Kawan. Jangan sesekali ketika perform kita berpikir penonton akan kecewa akan penampilan kita. Anggap saja mereka hanya mendengarkan, bukan mengamati kesalahan-kesalah yang kita buat. Tips ketika berhadapan dengan penonton yaitu salah satunya dengan menganggap mereka semua itu adalah teman yang sedang menikmati penampilan kita. Atau pun jika memang ada beberapa orang yang berteriak bahwa penampilan kita jelek, hiraukan saja, hanya mereka toh yang berteriak. Dari sekian banyaknya penonton, anggap saja mereka menyukai penampilan kita. Itu akan membuat rasa kepercayaan diri kita meningkat.

Setiap artis besar yang ada di dunia pastilah pernah merasakan gugup ketika mereka akan tampil di sebuah pentas. Hal tersebut memang wajar dan normal. Namun untuk mengatasinya mereka memiliki cara masing-masing, seperti 5 Tips Saat Perform Di Pentas Musik yang sudah kita bahas tadi. Mereka menyebutnya tips ini adalah sebuah ritual yang wajib ketika lakukan sebelum perform. Tapi kembali lagi pada pengalaman, karena hal inilah yang menentukannya.

Baca juga: