search-button

5 Cara Belajar Menyanyi Untuk Pemula

   
AnakmusikCara Belajar Menyanyi Untuk Pemula. Setiap orang sudah pasti bisa bernyanyi. Hanya saja yang membedakan adalah teknik dan penguasaan vokalnya. Setiap orang bisa menyanyikan sebuah lagu dengan baik dan teknik vokal yang bagus, asalkan kemampuannya sering di asah dan di kembangkan. Banyak sekali cara belajar bernyanyi untuk pemula, salah satunya panduan ini. Informasi ini akan sangat membantu sekali untuk menambah pengetahuan dalam mengasah penguasaan vokal. Selain itu, panduan ini dapat juga dijadikan guru kedua setelah guru les musik anda.

Memiliki suara bagus dan merdu adalah dambaan setiap orang. Siapa yang tidak mau memiliki anugerah terindah ini. Bahkan, sebagian orang menggantungkan hidupnya ingin menjadi penyanyi profesional yang dapat dikenal banyak orang. Namun, untuk mengawali itu semua tidaklah mudah, kita harus mempelajari dan menguasai teknik-tekink vokal secara baik dan benar.

5 Cara Belajar Menyanyi Untuk Pemula

Sebagai sarana informasi dan sarana pembelajaran, di bawah ini saya menyertakan  beberapa cara belajar menyanyi untuk pemula. Tips – tips ini juga akan berguna bagi anda yang sedang belajar vokal secara otodidak.

  1. Belajar Dengan Mandiri. Pelajari terlebih dahulu dengan menyanyikan lagu yang sedang kamu dengarkan. Luangkan dengan menirukan suara dari penyanyi aslinya, itu akan membantu anda terbiasa untuk bernyanyi dan menemukan teknik vokal yang baru tanpa kita sadari bahwa teknik vokal itu sedang kita pelajari.
  2. Posisi Tubuh Ketika Bernyanyi. Sikap tubuh yang baik ketika bernyanyi adalah tidak menggangu saluran pernafasan. Untuk pemula, sebaiknya berlatih vokal dengan posisi berdiri dan tegak. Hal ini akan berguna untuk memperlancar saluran pernapasan dan menjaga kondisi agar tubuh tidak mudah lelah ketika bernyanyi.
  3. Teknik Pernapasan. Ini adalah teknik lanjutan yang masih bersangkutan dengan sikap tubuh. Pernapasan dibagi menjadi tiga bagian, yaitu ada bagian pernapasan dada (COSTROL), pernapasan perut dan pernafasan diafragma. Teknik pernapasan yang benar adalah dengan mengatur udara yang masuk melalui perut. Perkirakan seberapa banyak udara yang bisa kita hirup. Jangan sampai memaksakan udara masuk terlalu banyak, karena itu akan menyebabkan tegangnya otot-otot yang membuat suara tidak stabil.
    Cara Belajar Menyanyi Untuk Pemula
  4. Kuasai Intonasi. Intonasi adalah suatu ketepatan nada. Bunyi nada yang tepat menghasilkan suara jernih dan nyaring serta enak didengar. Intosasi merupakan hal terpenting dalam bernyanyi. Cara menguasai intonasi adalah dengan lebih memperbanyak melakukan karaoke dan menempatkan nada sebisa mungkin mengikuti alur nadanya. Cari dulu suara yang tepat dengan nada musik yang akan kita nyanyikan, selanjutnya kita hanya perlu mempertahankan nadanya agar tidak melenceng lagi.
  5. Teknik Vibrasi Vokal. Vibrasi merupakan teknik vokal yang menghasilkan suara bergetar dan bergelombang, suara yang dihasilkan lebih terdengar merdu. Teknik ini memang agak sulit, perlu latihan terus menerus sampai suara yang di hasilkan bisa menemui titik sempurna. Sammy Simorangkir merupakan salah satu penyanyi Indonesia yang memiliki vibrasi vokal yang baik, Kamu dapat mempelajarinya dengan mendengarkan musik atau lagu dari salah satu penyanyi terkenal Indonesia ini.

Baca juga: