search-button

Unsur-Unsur Teknik Vokal Yang Baik Dalam Bernyanyi

   
Karya Terpopuler
AnakmusikUnsur-Unsur Teknik Vokal Yang Baik Dalam Bernyanyi. Informasi ini akan sangat berguna sekali bagi kamu pemula yang sedang belajar vokal atau belajar bernyanyi dengan baik dan benar. Di bawah ini terdapat nama-nama teknik vokal yang mungkin dapat kamu pelajari dan akan menambah wawasan tentang informasi vokal atau seperti apa cara bernyanyi. Semua orang tentunya dapat bernyanyi mengeluarkan nada, walaupun fals tapi tetap dapat dinikmati. Namun, apakah pengolah vokal mereka baik?

Untuk itu, dengan adanya informasi unsur-unsur teknik vokal yang baik dalam bernyanyi ini, kamu akan mengetahui sedikit penjelasan tentang cara pernafasan dan lain sebagainya, yang pasti berhubungan dengan teknik vokal. TEKNIK VOVAL adalah Cara memproduksi suara yang baik dan benar, yang akan menghasilkan bunyi suara terdengar indah, jelas, nyaring, dan merdu.

Unsur-Unsur Teknik Vokal Yang Baik Dalam Bernyanyi

  1. Artikulasi: Cara pengucapan kata demi kata yang baik dan jelas. Pernafasan adalah usaha untuk menghirup udara sebanyak-banyaknya, kemudian disimpan, dan dikeluarkan sedikit demi sedikit sesuai dengan keperluan.
  2. Pernafasan: pernafasan di bagi 3 jenis, diantaranya: Pernafasan Dada (cocok untuk nada-nada rendah, penyanyi mudah lelah). Pernafasan Perut (udara cepat habis, kurang cocok digunakan dalam menyanyi, karena akan cepat lelah). Pernafasan Diafragma (pernafasan yang paling cocok digunakan untuk menyanyi, karena udara yang digunakan akan mudah diatur pemakaiannya, memiliki power dan stabilitas vokal yang baik).
  3. Phrasering: Aturan pemenggalan kalimat yang baik dan benar sehingga mudah dimengerti dan sesuai dengan kaidah yang berlaku.
  4. Sikap Badan: Posisi badan yang baik ketika bernyanyi adalah tidak mengganggu saluran pernafasan. Mau bernyanyi sambil duduk maupun berdiri juga tak apa, yang penting relaks dan pernafasan tidak terganggu.
  5. Resonansi: Usaha untuk memperindah suara dengan mefungsikan rongga-rongga udara yang turut bervibrasi atau bergetar disekitar mulut dan tenggorokan.
  6. Vibrato: Usaha untuk memperindah sebuah lagu dengan cara memberi gelombang atau suara yang bergetar teratur, biasanya di terapkan di setiap akhir sebuah kalimat lagu.
  7. Improvisasi: Usaha memperindah lagu dengan mengubah atau menambah sebagian melodi lagu dengan profesional, tanpa mengubah melodi pokoknya.
  8. Intonasi: Tinggi rendahnya suatu nada yang harus dijangkau dengan tepat. Syarat-syarat terbentuknya Intonasi yang baik : Pendengaran yang baik, Kontrol pernafasan, dan Rasa musical.
    Unsur-Unsur Teknik Vokal Yang Baik Dalam Bernyanyi
  9. Nada: Bunyi yang memiliki getaran teratur tiap detiknya. Nada memiliki 4 sifat yaitu: Durasi (lamanya sebuah nada harus dibunyikan), Fitch (ketepatan jangkauan nada), Timbre (warna suara yang berbeda tiap-tiap orang), dan Intensitas (keras,lembutnya nada yang harus dibunyikan).
  10. Ambitus Suara: Luas wilayah nada yang mampu dijangkau oleh seseorang. Seorang penyanyi harus mampu menjangkau nada-nada dari yang paling rendah hingga yang paling tinggi sesuai dengan kemampuannya. Crescendo (suara pelan berangsur-angsur keras), Descrescendo (suara keras berangsur-angsur pelan), dan Stacato (suara dalam bernyanyi yang terpatah-patah).
  11. Suara Manus Terbagi menjadi 3 (Tiga) bagian: Suara Wanita Dewasa: Sopran (suara tinggi wanita), Messo Sopran (suara sedang wanita), dan Alto (suara rendah wanita).    Suara Pria Dewasa: Tenor (suara tinggi pria), Bariton (suara sedang pria), dan Bas (suara rendah pria). Suara Anak-anak: Tinggi dan Rendah.
  12. Tangga Nada Diatonis: Rangkaian 7 (tujuh) buah nada dalam satu oktaf yang mempunyai susunan tinggi nada yang teratur.
  13. Tanda Tempo Nada: Tanda yang digunakan untuk menunjukan cepat atau lambatnya sebuah lagu yang harus dinyanyikan. TANDA TEMPO NADA CEPAT: Allegro (cepat), Allegratto (agak cepat), Allegrissimo (lebih cepat), Presto (cepat sekali), Presstissimo (secepat-cepatnya), dan Vivase (cepat dan girang). TANDA TEMPO NADA SEDANG: Moderato (sedang), Allegro moderato (cepatnya sedang), Andante (perlahan-lahan), dan Andantino (kurang cepat). Sedangkan TANDA NADA TEMPO LAMBAT yaitu: Largo (lambat), Largissimo (lebih lambat), Largeto (agak lambat), Adagio (sangat lambat penuh perasaan), Grave (sangat lambat sedih), Lento (sangat lambat berhubung-hubungan).

Itulah sedikit informasi Unsur-Unsur Teknik Vokal Dalam Bernyanyi. Semoga informasi ini dapat menambah wawasan kalian, dan tetap ikuti informasi vokal terbaru lainnya di anakmusik.com ini.

Baca juga: