search-button

Sejarah Gitar Ukulele Terlengkap

   
AnakmusikSejarah Gitar Ukulele Terlengkap. Sejarah Ukulele ini diambil dari berbagai alamat informasi terpercaya, jadi tidak perlu khawatir akan adanya kekeliruan. Dengan adanya informasi ini, setidaknya kalian dapat menemukan jawaban dari manakah gitar ukulele berasal, bagaiamana perkembangannya, dan lain sebagainya. Ukulele merupakan alat musik petik sejenis gitar yang memiliki ukuran kecil, sekitar 20 inci, dan merupakan alat musik asli Hawaii yang ditemukan sekitar tahun 1879.

Alat musik Gitar Ukulele dalam bahasa hawaii artinya 'kutu loncat'. Dalam musik keroncong, Ukulele menjadi alat musik utama dengan suara crong, crong, crong, sehingga musik asli Indonesia tersebut disebut keroncong sejak 1880. Di bawah ini saya akan menyertakan perkembangan dan sejarah gitar ukulele di Hawaii, Indonesia dan negara lainnya. Selamat menyimak.

Sejarah Gitar Ukulele Terlengkap

  1. Menurut informasi, Ukulele ditemukan di Hawaii pada tahun 1879. Pada waktu itu suatu perjalanan imigran Portugis dari Madeira (Azores) dan Portugal melakukan perjalanan melalui Afrika Selatan ke Hawaii antara tahun 1878 hingga 1913 (sekitar 20.000 orang). Dari salah seorang tersebut ada yang membawa gitar dengan ukuran kecil. Dulu, gitar tersebut disebut dengan nama Braginho di Braga (Portugal) dan menjadi alat musik populer di Hawaii dengan ukuran yang lebih kecil, mudah dibawa dengan 4 senar saja, yang kemudian alat musik tersebut akhirnya populer dengan nama Ukulele.
  2. Pada tahun berikutnya, ukulele dibawa ke Pulau Ambon, mampir ke Makassar, dan akhirnya menjadi alat utama musik Keroncong di Kampung Toegoe (Cilincing, Jakarta Utara). Hingga saat ini, Indonesia merupakan salah satu negara yang sebagian penduduknya menyukai alat musik gitar ukulele.
    Sejarah Gitar Ukulele Terlengkap
  3. Sedangkan di negara lain sendiri gitar ukulelel biasanya dimainkan oleh band-band yang memainkan juga lagu Hawaii. Biasanya mereka menggunakan kostum Hawaii dengan kemeja kembang besar dan tarian hula-hula wanita.

Itulah seditkit informasi dari sejarah gitar ukulele, gitar kecil, mungil, namun memiliki suara yang unik dan menarik saat dimainkan. Ukulele juga terbagi ke 4 bagian, dengan jenis, ukuran dan penalaan yang berbeda, diantaranya:

  • Model soprano (standard)- Ukuran 33 cm - Tala g'c'e'a' atau a'd'f#'b'
  • Model concert - Ukuran 38 cm - Tala g'c'e'a'
  • Model tenor - Ukuran 43 cm - Tala g c'e'a', g'c'e'a', atau d'g b e'
  • Model baritone - Ukuran 48 cm - Tala d g b e’

Baca juga: