search-button

Jenis-Jenis Model Gitar (Ukulele) Yang Perlu Kamu Ketahui

   
AnakmusikJenis-Jenis Model Gitar (Ukulele). Jika kamu ingin membeli dan memiliki gitar ukulele, pastikan kamu ketahui terlebih dahulu model-model ukulele yang akan kamu pilih, sehingga tidak akan ada kata menyesal pada akhirnya. Kamu tahu bukan? Bahwa gitar ukulele itu memiliki berbagai macam, salah satu perbedaannya ialah dari senar. Gitar ukulele yang sering kita temui adalah gitar ukulele senar 4, namun sebenarnya ada juga gitar ukulele senar 3 dan senar 6 yang mungkin memang kamu belum pernah melihatnya, bahkan memegangnya.

Di Indonesia ini kita dapat menemui jenis-jenis model gitar ukulele yang bervariasi, dari bentuk, merk dan lainnya. Dan jelas kita juga dapat mengetahui harga-harga ukulele tersebut hanya melihat dari merk dan kualitasnya. Jenis Model Gitar (Ukulele) dibedakan menjadi 4 bagian, diantaranya: Soprano, Concert, Tenor, dan Barotine. Untuk penjelasannya, kamu bisa menyimak Jenis-Jenis Model Gitar (Ukulele) di bawah ini.

Jenis-Jenis Model Gitar (Ukulele) Yang Perlu Kamu Ketahui

  1. Model Gitar Ukulele Soprano. Tuning Standard, memiliki ukuran 33 cm (Tala G-C-E-A atau A-D-F#-B). Ini merupakan jenis atau model gitar ukulele yang paling kecil dibanding ukuran ukulele yang lainnya. Tentunya model ukulele ini sangat cocok bagi pemula, mudah dibawa, ringan dan dapat terus belajar bermain ukulele dimanapun dan kapanpun juga.
  2. Model Gitar Ukulele Concert. Tuning Tala (G-C-E-A). Gitar ukulele ini memiliki ukuran 38 cm. Model ukulele Concert terbilang paling ideal diantara model lainnya. Dengan memiliki ukuran yang lebih besar dari soprano, model ini akan memudahkan jari-jari untuk berekplorasi lebih lincah lagi.
    Jenis-Jenis Model Gitar (Ukulele) Yang Perlu Kamu Ketahui
  3. Model Gitar Ukulele Tenor. Tuning Tala (G-C-E-A atau D-G-B-E). Ukuran dari model ukulele ini ialah 43 cm, dan Tenor tetap menjadi pilihan bagi para pemain ukulele profesional. Alasannya yaitu: Jarak antara fret dengan lebarnya fretboard jauh lebih besar, sehingga akan menghasilkan suara yang lebih tebal. Dan itu cocok dimainkan secara solo.
  4. Model Gitar Ukulele Baritone. Tuning Tala (D-G-B-E). Ukuran 48 cm merupakan ukuran paling besar dibanding ukuran model ukulele lainnya. Jenis senar ini cocok bagi kamu yang ingin memainkan gitar ukulele secara instan, karena nada dari Ukulele Baritone ini sama seperti gitar akustik pada umumnya (senar 6), namun hanya diambil 4 senar dari nada E hingga D (Senar 1 bawah Hingga 4 atas).

Tentukan Jenis atau Model Gitar (Ukulele) yang akan kamu gunakan!

Baca juga: