search-button

Cara Senam Jari Bass Dengan Cepat Untuk Pemula

   
Karya Terpopuler
AnakmusikCara Senam Jari Bass Dengan Cepat Untuk Pemula. Latihan senam jari gitar bass akan membuat jari tangan kita lentur dan dapat dengan mudahnya berpindah-pindah dari nada satu ke nada berikutnya. Senam jari merupakan cara atau tahap penting dalam pembelajaran gitar bass, sebelum mengetahui kunci dasar gitar bass dan sebelum dapat bermain gitar bass menggunakan nada-nada variasi. Semakin kita sering latihan senam jari, maka semakin refleks pula dan semakin terjauh juga dari rasa lelah dalam memainkan gitar bass.

Kita tahu bahwa memainkan gitar bass dibutuhkan tenaga yang lebih dibandingkan memainkan gitar akustik maupun gitar elektrik (listrik). Perlu kamu ketahui juga, bagi pemula yang sedang bermain senam jari gitar bass, bagian ujung jari akan terasa sakit dan perlahan kulit ujung jari pun akan menebal. Istirahatkan dahulu latihan saat ujung jari terasa sakit, dan kita bisa lanjutkan kembali di hari berikutnya, setelah jari-jari terasa mendingan.

Cara Senam Jari Bass Dengan Cepat Untuk Pemula

Seperi apa latihan senam jari yang baik dan benar? Seperti yang akan saya terangkan di bawah ini. Dibawah ini saya akan menyertakan pola atau jalur untuk fingering gitar bass (senam jari), beserta keterangannya pula. Hal ini bertujuan untuk memudahkan kalian dalam memahami dan mempelajarinya.

  1. Latihan Senam Jari Gitar Bass: tempatkan Jari Telunjuk pada (nomer 1), Jari Tengah pada (nomer 2), Jari Manis pada (nomer 3), dan Jari Kelingking pada (nomer 4). Setelah itu kita mainkan nada secara bergantian dengan memetik dari titik 1 - 2 - 3 - 4. Lakukan secara berulang-ulang, hingga lancar dan nada yang keluar terdengar rapih. Setelah cukup dengan notasi - notasi tersebut, lakukan senam jari denga cara terbalik, yaitu: 4 - 3 - 2 - 1. Belajar juga dengan tempo rendah hingga tinggi, sesuai kemampuannmu.
    Cara Senam Jari Bass Dengan Cepat Untuk Pemula
  2. Latihan Senam Jari Gitar Bass Teknik Variasi: Mainkan nada 1 - 2 - 3 - 4 (senar 4), lalu lanjutkan pada senar yang lain, dan mainkan nada 5 - 6 - 7 - 8, teruskan hingga nada di titik 16. Langkah-langkahnya sama seperti langkah nomor 1, maju dan mundur. Usahakan hingga tidak terasa kaku dan bernada jernih.
    Cara Senam Jari Bass Dengan Cepat Untuk Pemula
Semakin sering melatih senam jari dengan cara di atas, maka akan semakin mudah juga untuk mempelajari teknik permain gitar bass di tahap selanjutnya. Luangkan setiap hari dalam waktu yang efektif untuk latihan senam jari bass ini, dan pastikan juga hingga benar-benar tidak merasa kaku dan mengeluarkan bunyi yang jernih.

Baca juga: