search-button

4 Cara Menyimpan Gitar Yang Benar Setelah Digunakan?

   
AnakmuikCara Menyimpan Gitar Yang Benar Setelah Digunakan? Bagaimana cara menyimpan gitar yang baik dan benar setelah digunakan? Kita akan membahas pertanyaan ini secara lengkap. Setiap orang yang memiliki gitar tentunya tidak ingin gitar yang ia miliki mudah rusak, seperti patah, berkarat, kerpos, melengkung dan lain sebagainya. Untuk itu, kita perlu merawat gitar yang kita miliki dengan baik dan benar. Beberapa cara merawat gitar supaya awet dan panjang umur diantaranya: membersihkannya setelah digunakan dan menyimpan gitar dengan posisi yang benar. Seperti apa posisi menyimpan gitar yang benar setelah digunakan?

Untuk posisi menyimpan gitar akustik, listrik (elektrik), maupun gitar bass, kita dapat menggantungkannya di dinding tembok, menyimpannya menggunakan stand, atau dapat menyimpan gitar dalam posisi tidur. Namun untuk menyimpan gitar tersebut tidaklah sembarangan, kita perlu juga menyesuaikan posisinya agar kualitas suara maupun keadaan gitar tetap terjaga. Bagaimana cara menyimpan gitar yang baik dan benar setelah digunakan? Silahkan simak dibawah ini.

4 Cara Menyimpan Gitar Yang Benar Setelah Digunakan

Gitar merupakan alat musik yang mudah rusak jika terkena sinar matahari terlalu lama, dan gitar akan mudah rusak juga apabila disimpan di ruangan yang berudara terlalu dingin atau terdapat AC (pendingin ruangan). Lalu harus di ruangan panas? Tidak juga, dalam suhu yang sederhana saja. Untuk menjaga kualitas gitar agar awet dan tetap mengeluarkan bunyi yang nyaring dan jernih, kalian bisa menyimak tips perawatan dan cara menyimpan gitar yang baik setelah digunakan berikut ini.

  1. Memposisikan Gitar Tidur. Pada umumnya gitar selalu disimpan di atas kasur begitu saja, kita terkadang lupa bahwa semua itu baik-baik saja. Namun sebenarnya itu adalah cara yang salah dalam menyimpan gitar. Jika terlalu lama dan terlalu sering menidurkan gitar di atas kasur, bagian badan atau leher gitar akan mudah melengkung dan semakin lama akan semakin cepat patah. Bolehlah memposisikan gitar tidur setelah digunakan, tapi cari tempat yang memiliki permukaannya datar, jangan di atas kasur, di atas kursi, apalagi menyimpan gitar di sudut dinding ruangan.
  2. Menggantungkan Gitar di Dinding. Ini merupakan salah satu cara yang baik dalam menyimpan gitar akustik maupun listrik. Kita bisa membeli Hanger atau Stand Gantung Gitar yang mudah kita temui di toko alat musik terdekat. Selain gitar yang kita miliki terawat dengan baik, kita juga disuguhkan pemandangan yang indah di bagian dinding.
    4 Cara Menyimpan Gitar Yang Benar Setelah Digunakan
  3. Menggunakan Stand Gitar. Jika kalian ingin menyimpan gitar menggunakan stand, sebaiknya pilihlah model stand yang memiliki ukuran panjang yang ada penyangga pada bagian lehernya.  Pastikan juga stand gitar memiliki keseimbangan yang sempurna.
  4. Mengendurkan Senar. Tips ini tentunya sangat berpengaruh sekali terhadap kondisi gitar. Sebelum kalian menyimpan gitar dengan ke 3 cara di atas, alangkah baiknya kendurkan terlebih dahulu senar – senar gitar. Hal ini bertujuan untuk menghilangkan tegangan senar saat gitar disimpan.

Kesimpulan dari Cara Menyimpan Gitar Yang Benar Setelah Digunakan ialah: merawat gitar setiap hari, dari mulai membersihkan setiap bagian gitar menggunakan kain atau lap tipis dengan sedikit air, lebih bagusnya dikasih beberapa tetes minyak kayu putih. Bersihkan juga bagian celah-celah gitar menggunakan sikat, dan paling penting: ganti senar gitar jika mulai berkarat.

Baca juga: